Macam-Macam Pukulan Smash Badminton

Macam-Macam Pukulan Smash Badminton

badminton smash

Macam-macam pukulan smash badminton memang cukup banyak. Tujuan utama melakukan pukulan smash dalam olahraga badminton, adalah memukul shuttlecock sekeras-kerasnya, yang diarahkan dengan tajam ke lapangan lawan. Smash yang benar adalah pukulan yang keras dengan arah yang tepat dan curam serta dilakukan pada saat yang tepat.

Menurut Tohar1 (1992:60-64), bahwa : “ada lima macam tipe pukulan smash pada cabang olahraga badminton: 1. pukulan smash penuh; 2. pukulan smash dipotong atau diiris; 3. pukulan smash melingkar atau around the head; 4. pukulan smash cambukan atau flick smash; 5. backhand smash”.

Pukulan smash penuh

Yang dimaksud pukulan smash penuh adalah melakukan pukulan smash dengan mengayun raket, perkenaannya tegak lurus antara daun raket dengan datangnya shuttlecock, sehingga pukulan dilakukan secara penuh (Tohar, 1992:60). Sedangkan menurut Ferry Sonneivile2 (1958:40) mengatakan bahwa “pukulan smash penuh adalah pukulan yang dilakukan dengan daun raket sepenuhnya”.

Pukulan smash iris

Menurut Tohar (1992:60), “smash iris adalah melakukan smash pada saat impact atau perkenaan antara ayunan raket dan penerbangan shuttlecock dilakukan secara diiris atau dipotong, sehingga kecepatan jalannya shuttlecock agak kurang cepat tetapi daya luncurnya tajam dan terarah”.

Pukulan smash melingkar

Pukulan smash melingkar menurut Tohar (1992:61) adalah  “melakukan gerakan dengan mengayunkan tangan yang memegang raket kemudian dilingkarkan di atas kepala dilanjutkan menggerakkan pergelangan tangan dengan cara mencambukkan raket sehingga melentingkan shuttlecock mengarah ke seberang lapangan lawan”.

Pada pukulan smash melingkar ini dapat menghasilkan pukulan yang sukar ditebak arahnya, sehingga sering membingungkan lawan. Pukulan ini dilakukan dengan keras dan curam dengan arah lurus atau silang ke arah bidang sasaran lapangan pihak lawan.

Smash cambukan

Menurut Tohar (1992:63) “smash cambukan adalah melakukan pukulan smash dengan cara mengaktifkan pergelangan tangan untuk dicambukkan dan ditekan ke bawah.”

Gerakan smash ini diawali dengan meluruskan lengan ke atas, pada saat perkenaan, ayunan lengan lurus sebagai gerak awal tapi saat memukul peranan yang utama bukan pada ayunan lengan tangan tetapi gerakan pergelangan tangan untuk menghujamkan shuttlecock ke bawah. Laju penerbangan shuttlecock dari hasil pukulan ini tidak cepat tetapi curam dan dalam, pukulan smash cambukan ini lebih berdaya guna dan berhasil apabila bila dilakukan dengan meloncat.

Backhand Smash

Menurut Tohar (1992:64) yang dimaksud dengan backhand smash yaitu “melakukan pukulan smash dengan menggunakan daun raket bagian belakang sebagai alat pemukul”.

Saat melakukan pukulan ini posisi badan membelakangi net dengan mengutamakan gerakan cambukan pergelangan tangan yang diarahkan menukik ke belakang. Jadi pukulan backhand ini membutuhkan pergelangan tangan yang lentuk dan kuat sehingga pukulan yang dihasilkan cukup keras.

Tanpa mengesampingkan pukulan yang lain, pada umumnya hanya pukulan smash penuh yang menghasilkan laju bola yang cepat dan keras, karena pukulan ini dengan menggunakan tenaga yang besar, dengan sasaran mengarah lurus pada sepanjang garis samping dan mengarah pada tubuh lawan (Tohar,1992:60).

 

Itulah beberapa macam smash badminton. Jika ada yang ingin Anda tambahkan, jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar. Terima kasih.

 

Anda bebas menggunakan dan menyebarluaskan artikel di halaman ini secara wajar serta tidak untuk kegiatan ilegal, tapi mohon sertakan tautan hidup ke situs web ini. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel:
1. Tohar . 1992. Olahraga Pilihan Bulutangkis. Semarang: IKIP Semarang Press
2. Ferdinand Alexander Sonneville. 1958. Better Badminton. ___.  
Gambar:
commons.wikimedia.org

dimuat...
Admin
Ordinary boy (not yet a man), happy husband, and proud dad. Sering nongkrong di blog pribadinya: Blog Bang Fuji

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
Cara mengubah gaya teks di Disqus Blogger Paling Aktif
  • Untuk menulis huruf bold, silakan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic, silakan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline, silakan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought, silakan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML, silakan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>.
    Atau silakan gunakan parse tool di bawah ini.
Buka Parse Tool Tutup Parse Tool



strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool