--> Skip to main content
Trigonal Translator: Penerjemah Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia dan Bahasa Sunda

Fakta virus Ebola

Fakta virus ebola sangat penting untuk diketahui, sehingga kita tidak akan mempercayai mitos yang menyesatkan. Silakan simak ulasan Trigonal Media berikut ini.

tenaga medis penanganan ebola

Petugas medis bersiap-siap menangani pasien ebola

Ebola adalah virus mematikan, yang sempat mewabah di Afrika bagian barat pada pertengahan tahun 2014. Ebola juga disebut dengan nama Ebola hemorrhagic fever, karena ebola dapat menyebabkan pendarahan hebat.

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai virus ebola, simak fakta-faktanya berikut ini:

  • Saat ini tidak ada obat untuk menyembuhkan orang yang terserang virus ebola, bahkan vaksin untuk mencegahnya pun belum ditemukan.
  • Seseorang yang terjangkit ebola akan mengalami demam dan sakit kepala, kemudian dilanjutkan dengan pendarahan dan sesak nafas yang hebat.
  • Virus ebola sangat menular, jadi jika seseorang terjangkit virus ini, ia harus segera dikarantina untuk mencegah penyebarannya. Bahkan pasien harus tetap berada dalam karantina setelah kondisinya membaik, karena sering kali virus masih ada dalam tubuh pasien selama beberapa minggu ke depan.
  • Sering kali ebola menyebar melalui kontak langsung dengan darah atau cairan tubuh penderitanya.
  • Para ahli tidak yakin dari mana virus ini berasal, tetapi ada kecenderungan virus ini pertama kali menginfeksi kelelawar, kemudian menyebar ke hewan lain dan manusia.
  • Ebola tidak menyebar melalui udara seperti virus flu.
  • Gejala seseorang terjangkit ebola biasanya terlihat setelah 2 sampai 21 hari, setelah dia terpapar oleh virus.

Karena belum ditemukan obat untuk membunuh virus ebola, maka cara yang paling ampuh adalah pencegahan. Semakin jauh dari orang yang terpapar virus ebola, maka kemungkinan terjangkit akan semakin kecil.

 

Hikmah Berita

Secanggih apapun teknologi yang kita miliki ternyata alam masih lebih kuat dari kita. Makhluk kecil yang bernama ebola telah membuat dunia gempar. Dari berita ini, kita bisa melihat bahwa manusia itu rapuh dan lemah. Seakan tidak membutuhkan alam, tetapi ketika alam menyerang balik, kita menangis menjerit-jerit.

Oleh karena itu, akan jauh lebih baik jika kita menghentikan pertengkaran dan kembali memelihara alam, sebelum Tuhan dan alam menghancurkan kita. Mari kita mulai dari diri sendiri dan dari hal yang kecil, seperti tidak membuang sampah sembarangan.

 

Artikel ini dibuat hanya untuk informasi semata. Mohon konsultasikan dengan tenaga medis atau ahli sebelum menggunakan tips dari artikel ini. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang timbul akibat dari pemakaian informasi ini. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel:
1. Teenshealth.org. What Is Ebola?. Diakses pada tanggal: 26/12/2014
2. CDC Global. Preparing to enter Ebola treatment unit (5). Diakses pada tanggal: 26/12/2014