--> Skip to main content
Trigonal Translator: Penerjemah Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia dan Bahasa Sunda

Fungsi Bahasa Menurut Para Ahli

bahasa

Fungsi bahasa menurut para ahli akan memberikan sudut pandang ilmiah mengenai fungsi bahasa, terutama bagi Anda yang tertarik dalam ilmu kebahasaan. Silakan simak penjelasan Trigonal Pendidikan berikut ini.

Bahasa memegang peranan penting dalam terciptanya dunia yang kita kenal saat ini. Bahasa menjadi penggerak manusia untuk memahami dan menjalani hidupnya. Berikut ini adalah fungsi-fungsi bahasa menurut para ahli.

Menurut Halliday dalam buku "Pendidikan Bahasa Indonesia di SD" karya Solehan (2008:1-7), secara khusus mengidentifikasi tujuh fungsi bahasa sebagai berikut:

  1. Fungsi personal
    yaitu penggunaan bahasa untuk mengungkapkan pendapat, pikiran, sikap atau perasaan pemakaiannya.
  2. Fungsi regulator
    yaitu penggunaan bahasa untuk mempengaruhi sikap atau pikiran/pendapat orang lain, seperti bukan, rayuan, permohonan atau perintah.
  3. Fungsi interaksional
    yaitu penggunaan bahasa untuk menjalin kontak dan menjaga hubungan sosial.
  4. Fungsi informatif
    yaitu penggunaan bahasa untuk menyampaikan informasi, ilmu pengetahuan atau budaya.
  5. Fungsi heuristik
    yaitu  penggunaan bahasa untuk belajar atau memperoleh informasi.
  6. Fungsi imajinatif
    yaitu penggunaan bahasa untuk memenuhi dan menyalurkan rasa estetis, seperti nyanyian dan karya sastra.
  7. Fungsi instrumental
    yaitu penggunaan bahasa untuk mengungkapkan keinginan atau kebutuhan pemakainya.

Dari paparan di atas dapat disimpulkan bahwa fungsi bahasa adalah untuk mengungkapkan segala sesuatu yang kita pikirkan dan inginkan, serta mengomunikasikannya dengan orang yang ada di sekitar kita dengan baik. Bahkan bahasa pun memegang peranan penting dalam kehidupan spiritual kita, karena tanpa bahasa kita tidak akan bisa “berkomunikasi” dengan Sang Pencipta. Pada dasarnya fungsi-fungsi bahasa tersebut, bisa dimiliki oleh setiap orang, antara satu fungsi dengan fungsi lain pun saling terkait dan saling mendukung. Dengan demikian, suatu tindakan berbahasa dapat mengandung lebih dari satu fungsi.

Itulah pembahasan mengenai fungsi bahasa menurut ahli. Jika Anda memiliki saran, kritik, atau koreksi, jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar. Terima kasih.

 

Artikel ini dibuat hanya untuk informasi semata. Jika Anda ingin mengutip artikel ini, mohon sertakan tautan hidup ke situs web atau halaman ini. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel:
Solehan, dkk. (2008). Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: Universitas Terbuka  
Gambar:
commons.wikimedia.org