Selamat datang di Trigonal Media

Trigonal Translator: Penerjemah Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia

Ini yang terjadi jika asteroid menghantam bumi

Asteroid adalah benda angkasa luar yang sangat banyak. Ia memiliki beragam ukuran dari yang kecil sampai yang sangat besar. Lalu bagaimana jika asteroid menghantam bumi? Simak penjelasan Trigonal Media berikut ini.

simulasi asteroid

Gambar di atas adalah simulasi tabrakan asteroid dengan bumi, dengan menggunakan media setetes air dan butiran pasir. Terlihat bagaimana sebuah asteroid (setetes air) menghantam bumi (pasir), selain menghasilkan lubang yang dalam juga melambungkan debu serta reruntuhan ke udara.

Sedangkan gambaran kekacauan yang mungkin terjadi adalah sebagai berikut:

Hanya dibutuhkan asteroid dengan ukuran diameter 1 kilometer dengan kecepatan 50.000 kilometer per jam untuk mengancurkan kehidupan di bumi ini.

Energi yang dihasilkan oleh tabrakan asteroid berdiameter 1 kilometer dengan bumi adalah sebesar 1 juta megaton bom atau 10 juta kali lebih dasyat dari bom Hiroshima. Ia akan meratakan daerah seluas 200 km dari pusat tabrakan, merusak area seluas 1.000 kilometer, dan melontarkan debu serta reruntuhan ke atmosfer yang akan menghalangi sinar matahari menyinari bumi di seluruh dunia. Tanpa sinar matahari maka tumbuhan tidak akan hidup dan tidak lama kemudian manusia akan punah dari muka bumi.

Tahukah Anda, bahwa pada tahun 2028, asteroid dengan lebar 1 km bernama 1997XF11 akan melintas sangat dekat dengan bumi? Semoga perkiraan para imuwan tentang orbit asteroid ini tepat sasaran.

 

Hikmah Berita

Ukuran manusia jika dibandingkan dengan luasnya angkasa memang tidaklah berarti apa-apa. Sebenarnya, kita tidak berdaya jika berurusan dengan kekuatan alam, terutama angkasa luar. Asteroid berukuran kecil pun bisa menghancurkan semua populasi manusia, bahkan dunia.

Semoga saja Tuhan masih berbaik hati kepada kita, untuk menjauhkan orbit asteroid 1997XF11 dan kawan-kawannya dari bumi ini. Sehingga kita bisa menjadi manusia yang lebih baik lagi, sebelum ajal dan kiamat menutup semua pintu taubat.

 

Artikel ini dibuat hanya untuk informasi semata. Jika Anda ingin mengutip artikel ini, mohon sertakan tautan hidup ke situs web atau halaman ini. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel:
1. Jacqueline Howard. Raindrop Falling On Sand Looks Just Like A Tiny Asteroid. Diakses pada tanggal: 23/12/2014
2. Marshall Brain. What if an asteroid hit the Earth?. Diakses pada tanggal: 23/12/2014

Perhatian:
1. Silakan gunakan akun Facebook jika ingin berkomentar.
2. Isi komentar adalah tanggung jawab dari penulis komentar.
3. Komentar tidak pantas akan dihapus tanpa pemberitahuan.
4. Punya pertanyaan pribadi? Kontak kami di Hubungi Kami.
5. Info mengenai privasi Anda, baca Kebijakan Privasi dan Cookie.