--> Skip to main content
Trigonal Translator: Penerjemah Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia dan Bahasa Sunda

Pengertian Resensi

resensi buku

Pengertian resensi sangat penting untuk dipahami oleh para pelajar dan mahasiswa, karena tanpa adanya pengetahuan tersebut maka menyimpulkan sebuah karya ilmiah menjadi lebih sulit. Karena itulah, Trigonal Pendidikan memberikan pengertian  resensi menurut para ahli bahasa.

Secara etimologis, kata resensi berasal dari bahasa Latin, yaitu dari kata kerja revidere atau recensere. Kedua kata tersebut berarti melihat kembali, menimbang, atau menilai. Dalam bahasa Belanda dikenal dengan istilah recensie dan dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah review.

Berikut ini beberapa pendapat para ahli mengenai pengertian resensi:

Menurut Panuti Sudjiman

Panuti Sudjiman1 menjelaskan pengertian resensi adalah sebagai berikut:

Resensi adalah hasil pembahasan dan penilaian yang pendek tentang suatu karya tulis.

Menurut Gorys Keraf

Gorys Keraf2 menyatakan bahwa pengertian resensi adalah:

Suatu tulisan atau ulasan mengenai nilai sebuah hasil karya atau buku.

Menurut KBBI

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, resensi adalah:

Pertimbangan atau pembicaraan buku, ulasan buku.

 

Dari beberapa pengertian di atas, maka dapat kita simpulkan bahwa resensi adalah ringkasan sebuah karya tulis yang biasanya ditulis dalam bentuk ulasan maupun kritikan. Resensi sangat penting peranannya ketika kita ingin tahu kualitas sebuah buku atau karya tulis. Akan tetapi tetap harus diingat, karena resensi bersifat subjektif maka kita harus membaca hasil pemikiran penulis resensi itu dengan penuh kehati-hatian, pemikiran penulis resensi tidak selalu benar.

Jika Anda merasa artikel ini kurang lengkap atau terdapat kesalahan di dalamnya, jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar. Terima kasih.

 

Artikel ini dibuat hanya untuk informasi semata. Jika Anda ingin mengutip artikel ini, mohon sertakan tautan hidup ke situs web atau halaman ini. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel:
1. Sudjiman, Panuti. (1984). Kamus Istilah Sastra. Jakarta: Gramedia
2. Keraf, Gorys. (2001). Komposisi. Jakarta: Penerbit Nusa Indah
Gambar:
pixabay.com