--> Skip to main content
Trigonal Translator: Penerjemah Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia dan Bahasa Sunda

Peran dan Manfaat Bakteri Bagi Manusia

bakteri

Peran dan manfaat bakteri bagi manusia sangatlah besar, tetapi tidak dapat dipungkiri, terdapat pula pengaruh negatif yang ditimbulkan oleh beberapa jenis bakteri. Silakan simak penjelasan Trigonal Pendidikan berikut ini.

Bakteri dalam pandangan masyarakat awam memiliki konotasi yang negatif, yaitu sebagai biang terjadinya penyakit. Padahal ternyata, hanya sebagian kecil bakteri yang benar-benar merugikan manusia.

 

Peranan bakteri bagi manusia

Bakteri berperan penting bagi kehidupan manusia, baik itu secara langsung maupun tidak langsung, baik itu menguntungkan ataupun merugikan. Contoh nyata yang bisa langsung kita rasakan adalah, adanya bakteri dalam usus kita yang membantu proses penguraian dan penyerapan gizi. Contoh lain yang bisa kita lihat adalah, peranan bakteri dalam industri, seperti industri makanan dan minuman.

Selain peran positif dari bakteri, tak bisa dipungkiri beberapa bakteri bisa menyebabkan penyakit bagi manusia, hewan, dan tumbuhan. Bakteri semacam ini disebut dengan bakteri patogen. Contoh kasus yang cukup menyita perhatian adalah bakteri Escherichia coli atau lebih dikenal dengan sebutan E-coli, bakteri ini sempat menggegerkan masyarakat Eropa karena menyebabkan kematian terhadap beberapa orang penduduknya.

Terlepas dari keuntungan dan kerugiannya, bakteri adalah salah satu makhluk hidup yang tentu saja memiliki perannya sendiri. Tuhan tidak akan menciptakan sesuatu tanpa peran apapun, kita sebagai manusia hanya perlu mengenal dan melihatnya lebih dekat.

 

Contoh bakteri dan manfaatnya

Bakteri Nitrogen

Nama bakteri: Azotobacter vinelandii, Clostridium pasteurianum, Rhodospirillium rubrum, Rhizobium leguminosarum, Rhizobium radicula
Manfaat: memfiksasi/mengikat Nitrogen bebas dari udara sehingga menyuburkan tanah pertanian.

Bakteri Nitrifikasi

  • Bakteri Nitritasi
    Nama bakteri: Nitrosomonas winigratsky, Nitrococcusaerobea
    Manfaat: mengubah amoniak menjadi nitrit sehingga menyuburkan tanah dengan menyediakan nitrat yang diserap akar tumbuhan.
  • Bakteri Nitratasi
    Nama bakteri: Nitrobacter sp, Bactoderma sp.
    Manfaat: Mengubah nitrit menjadi nitrat sehingga menyuburkan tanah dengan menyediakan nitrat yang diserap akar tumbuhan.

Bakteri Usus

Nama bakteri: Escherichia coli, Aerobacter sp, Klebsiella sp
Manfaat: Membusukkan sisa-sisa hasil pencernaan di usus manusia sehingga membantu pembentukan feses, vitamin B12, dan K.

Bakteri fermentasi

Nama bakteri: Lactobacillus bulgarius
Manfaat: mengubah susu menjadi asam susu.

Bakteri penghasil antibiotik

Nama bakteri: Bacillus brevis
Manfaat: menghasilkan terotrisin sehingga membantu pembuatan obat-obatan/antibiotik.

Bakteri biodegradasi plastik

Nama bakteri: Methylococcus capsulatus
Manfaat: menghancurkan plastik sehingga membantu mengurangi limbah/sampah.

Bakteri biodegradasi minyak

Nama bakteri: Pseudomonas sp
Manfaat: memanfaatkan minyak sebagai sumber makanannya sehingga membantu mengurangi pencemaran minyak.

Bakteri biodegrasi air buangan

Nama bakteri: Nitrobacter sp, Nitrosomonas sp, Pseudomonas sp, Beggiota sp
Manfaat: sebagai lumpur aktif penyaring air limbah sehingga membantu pengolahan limbah cair.

Bakteri bioteknologi dan rekayasa genetik

Nama bakteri: Bacillus thuringiensis
Manfaat: penghasil pestisida biologi  untuk membantu pemberantasan hama.

 

Itulah penjelasan mengenai peranan dan manfaat bakteri bagi kehidupan manusia. Semoga setelah membaca artikel ini kita semua bisa lebih giat berusaha untuk bermanfaat bagi lingkungan sekitar kita. Jika Anda ingin menambahkan atau bahkan ingin memberikan koreksi, jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar. Terima kasih.  

 

Artikel ini dibuat hanya untuk informasi semata. Jika Anda ingin mengutip artikel ini, mohon sertakan tautan hidup ke situs web atau halaman ini. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel:
1. The X. 2010. Peran bakteri bagi manusia: faktailmiah.com
2. B-Theone Education Centre. 2010. Peranan Bakteri yang Menguntungkan bagi Manusia: b-theoneeducationcentre.blogspot.com
Gambar:
pixabay.com