6 Alasan Mengapa Anda Harus Menulis

6 Alasan Mengapa Anda Harus Menulis

Bagi sebagian orang menulis adalah hal yang membosankan, tetapi sebenarnya menulis bisa membantu kehidupan kita. Berikut Trigonal Pendidikan berikan 6 alasan mengapa Anda harus menulis.

pulpen dan kertas

Menulis bisa membantu menemukan jati diri

Menuliskan apa yang ada di dalam pikiran dan perasaan, dapat membantu kita melihat lebih jelas siapa kita. Mungkin kita akan menemukan sifat buruk yang kita tidak sadari sebelumnya atau mungkin kita akan melihat bakat terpendam yang sebelumnya tidak pernah nampak.

"Kamu dapat menelaah apa yang kamu suka atau benci, apa yang menyakitkanmu, apa kebutuhanmu, apa yang dapat kamu berikan, serta apa yang kamu inginkan dalam hidupmu."
Caryn Mirriam-Goldberg

Menulis bisa meningkatkan rasa percaya diri

Menciptakan sesuatu akan melahirkan rasa percaya diri. Ini berlaku pula dalam menulis, ketika kita berhasil menulis sebuah cerita atau mungkin hanya selembar curahan hati, maka kita akan meyakini bahwa kita bisa menulis dan kita mampu membuat sesuatu. Jika terus dipupuk, ditekuni, serta diyakini maka rasa percaya diri kita akan semakin meningkat sehingga akhirnya kehidupan kita pun akan lebih baik.

Menulis bisa membuat pintar dan kritis

Dengan menulis maka kita dipaksa untuk berpikir tentang suatu topik, maka kita akan melahirkan banyak pertanyaan mengenai topik tersebut. Dari situ, kita akan berusaha untuk mencari jawaban dari pertanyaan-pertanyaan kita. Intinya, semakin banyak kita menulis, maka kita akan bisa semakin cerdas memahami sesuatu.

Menulis bisa membantu untuk meredam emosi

Perasaan sedih, marah, takut, atau kecewa membutuhkan pelampiasan. Tetapi terkadang, masalah yang kita hadapi tidak memungkinkan untuk dibagikan kepada orang lain, jadi menulislah, luapkan setiap jengkal keresahan di dalam hati melalui deretan kecupan pena di atas kertas. Semuanya akan terasa lebih ringan.

Menulis bisa menjadi sumber penghasilan

Banyak dari kita sangat berbakat dalam merangkai kata, yang diperlukan hanya berlatih dan memublikasikannya kepada khalayak luas. Tulislah karya kita dalam sebuah blog atau jika Anda yakin kirimkanlah karya kita kepada penerbit, jika takdir berpihak, tulisan itu akan menghidupi kita.

Menulis bisa menjadi warisan yang tidak ternilai

Adakah di antara kita yang tahu tanggal lahir kakek kita? atau di manakah nenek kita berasal dan dilahirkan? Jika semua itu ditulis, maka anak cucu kita kelak akan mengetahui asal muasal keluarganya. Sungguh sebuah warisan yang sangat berharga.

 

Itulah beberapa penjelasan kenapa kita harus menulis. Kita tidak harus sering menulis, tetapi kita harus menuliskan suatu hal yang penting sesering mungkin. Tidak hanya akan berguna untuk kita tetapi juga untuk orang lain, bahkan mungkin untuk dunia akhirat. Siapa tahu ...

Bagaimana menurut Anda, silakan tuliskan tanggapan Anda di kolom komentar.

 

Artikel ini dibuat hanya untuk informasi semata. Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang pembahasan ini, silakan baca buku atau sumber informasi yang ada di bagian referensi. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel:
Mirriam-Goldberg, Caryn. (2005). Daripada Bete, Nulis Aja!: Panduan Menulis Asyik Di Mana Saja, Kapan Saja, Jadi Penulis Beken Pun Bisa!. Bandung: PT Mizan Pustaka 
Gambar:
commons.wikimedia.org

dimuat...
Admin
Ordinary boy (not yet a man), happy husband, and proud dad. Sering nongkrong di blog pribadinya: Blog Bang Fuji

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
Cara mengubah gaya teks di Disqus Blogger Paling Aktif
  • Untuk menulis huruf bold, silakan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic, silakan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline, silakan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought, silakan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML, silakan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>.
    Atau silakan gunakan parse tool di bawah ini.
Buka Parse Tool Tutup Parse Tool



strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool