Selamat datang di Trigonal Media

Trigonal Translator: Penerjemah Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia

Pengertian Bank

Pengertian bank memang cukup pelik untuk didefinisikan, tetapi jangan bingung, Trigonal Pendidikan telah merangkum beberapa pendapat ahli ekonomi mengenai arti bank ini. Silakan simak ulasannya.

kartu kredit bank

Pengertian bank menurut N. F. Hoggson

N. F. Hoggson berpendapat bahwa

Bank adalah sebuah lembaga intermediasi keuangan umumnya didirikan dengan kewenangan untuk menerima simpanan uang, meminjamkan uang, dan menerbitkan promes atau yang dikenal sebagai banknote.

Pengertian bank menurut Prof. G. M. Verryn

Prof. G. M. Verryn mendefinisikan bank  yaitu  sebagai berikut:

Bank adalah suatu badan yang bertujuan untuk memuasakan kebutuhan kredit, baik dengan alat-alat pembayaran sendiri atau dengan uang yang diperolehnya dari orang lain, maupun dengan jalan memperedarkan alat-alat penukar baru berupa uang giral.

Pengertian bank menurut A. Abdurrachman

A. Abdurrachman memberikan definisi bank dalam bukunya Ensiklopedia Ekonomi Keuangan dan Perdagangan, yaitu:

Bank adalah suatu jenis lembaga keuangan yang melaksanakan berbagai macam jasa, seperti memberikan pinjaman, mengedarkan mata uang, pengawasan mata uang, bertindak sebagai tempat penyimpanan benda-benda berharga, membiayai usaha perusahaan-perusahaan dan lain-lain.

Pengertian bank menurut Dr. B.N.  Ajuha

Menurut Dr. B.N.  Ajuha,

Bank ialah Tempat menyalurkan modal dari mereka yang tidak dapat menggunakan secara menguntungkan kepada mereka yang dapat membuatnya lebih produktif untuk keuntungan masyarakat.

Pengertian bank menurut Pierson

Pierson mengemukakan pengertian bank yaitu

badan usaha yang menerima kredit tetapi tidak memberikan kredit. Dalam hal ini menurut Pierson Bank dalam operasionalnya hanya bersifat pasif saja, hanya menerima titipan uang saja.

Pengertian bank menurut Drs. H. Malayu S.P. Hasibuan

Drs. H. Malayu S.P. Hasibuan menjelaskan bahwa:

Bank ialah badan usaha kekayaan terutama dalam bentuk aset keuangan (financial assets) serta bermotifkan profit dan juga sosial, jadi bukan hanya mencari keuntungan saja.

Pengertian bank menurut UU No. 10 Tahun 1998 tentang perbankan

Sedangkan menurut Undang-undang No. 10 Tahun 1998 tentang perbankan, menyatakan bahwa

bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak.

Undang-undang perbankan No. 10 Tahun 1998 membedakan bank menjadi dua bagian, yaitu:

  1. Bank Umum, yaitu bank yang melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional dan atau berdasarkan prinsip syariah yang dalam kegiatannya memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran.
  2. Bank Perkreditan Rakyat, yaitu bank yang melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional atau berdasarkan prinsip syariah yang dalam kegiatannya tidak memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran.

 

Jadi bisa kita simpulkan bahwa bank adalah suatu lembaga keuangan yang sangat penting dalam menjalankan kegiatan perekonomian dan perdagangan. Bank merupakan lembaga keuangan yang menjadi tempat perusahaan, badan-badan pemerintah dan swasta serta perorangan menyimpan dananya, bank juga melayani kebutuhan pembiayaan serta melancarkan mekanisme sistem pembayaran bagi semua sektor perekonomian.

 

Artikel ini dibuat hanya untuk informasi semata. Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang pembahasan ini, silakan baca buku atau sumber informasi yang ada di bagian referensi. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel:
1. pengertianpakar.com. Pengertian, Jenis, Tugas dan Fungsi Bank. Diakses pada tanggal: 27/03/2015
2. Malayu S.P. Hasibuan. (2006). Dasar-Dasar Perbankan. Jakarta: PT Bumi Aksara
3. Hoggson, N. F. (1926). Banking Through the Ages. New York: Dodd, Mead & Company 
Gambar:
pixabay.com

Perhatian:
1. Silakan gunakan akun Facebook jika ingin berkomentar.
2. Isi komentar adalah tanggung jawab dari penulis komentar.
3. Komentar tidak pantas akan dihapus tanpa pemberitahuan.
4. Punya pertanyaan pribadi? Kontak kami di Hubungi Kami.
5. Info mengenai privasi Anda, baca Kebijakan Privasi dan Cookie.