Tiongkok Menghapus Film Tentang Polusi Di Negaranya

Tiongkok Menghapus Film Tentang Polusi Di Negaranya

Tiongkok memang salah satu negara yang memiliki tingkat polusi udara tertinggi di dunia, bahkan pemerintahnya pun seperti membiarkan polusi ini bertambah parah, ini terbukti dengan dihapusnya video tentang parahnya kondisi udara di negara mereka. Simak ulasan Trigonal Media berikut ini.

Cuplikan Film dokumenter Under the Dome yang dihapus Tiongkok

Dihapusnya video berjudul "Under the Dome" dari situs video populer di Tiongkok, Youko, terjadi dua hari setelah Perdana Menteri Li Keqiang mengatakan polusi lingkungan merugikan kehidupan masyarakat dan ia pun berjanji untuk mengurangi polusi tersebut. Sedangkan Menteri Lingkungan Tiongkok, Chen Jining, mengatakan dirinya menyambut baik film Under The Dome, yang disebutnya telah "mendorong semua orang untuk meningkatkan kualitas udara."

Video karya wartawan investigasi, Chai Jing, tersebut sangat populer, buktinya ia telah ditonton oleh lebih dari 100 juta orang dalam waktu 48 jam. Tetapi, popularitas luar biasa film dokumenter itu membuat petinggi negara Komunis itu ketakutan dan menghapusnya.

Hikmah Berita

Dari berita hasil investigasi BBC tersebut, kita bisa melihat bagaimana pemerintah Tiongkok seperti membiarkan dan terkesan mendukung pencemaran udara di negaranya. Berbagai pernyataan dari pihak pemerintah untuk memerangi polusi ini, tampaknya tidak menghasilkan dampak yang berarti. Bahkan dari tahun ke tahun, polusi di Tiongkok semakin bertambah parah.

Dugaan Bang Fuji, semua ini ada hubungannya dengan motif ekonomi. Kita semua tahu, bahwa industri di Tiongkok sangat maju, kemajuan ini tentu saja memiliki efek samping yaitu tingginya polusi yang dihasilkan oleh pabrik. Jika pabrik menghentikan atau mengurangi aktivitasnya, maka otomatis pertumbuhan ekonomi di Tiongkok akan melambat atau bahkan mungkin bergerak negatif. Tentu saja ini hal yang sangat tidak diinginkan oleh pemerintah dan pelaku ekonomi, walaupun pada akhirnya merugikan kesehatan rakyat Tiongkok sendiri.

Teori ini memang hanya dugaan penulis saja. Tapi saya yakin efek negatif polusi ini akan jauh lebih buruk jika terus dibiarkan, tidak hanya bagi Tiongkok sendiri, bahkan mungkin akan menghantui negara lain. Semoga saja pemerintah Tiongkok dan pemerintah lainnya di dunia ini, semakin mementingkan kehidupan rakyatnya. Dunia sudah semakin tua dan mungkin sebentar lagi tidak akan kuat menahan keegoisan hidup manusia.

Ayo kita sayangi alam, mulailah dengan tidak membuang sampah sembarangan!

 

Artikel ini dibuat hanya untuk informasi semata. Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang pembahasan ini, silakan baca buku atau sumber informasi yang ada di bagian referensi. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel:
bbc.co.uk. Cina menghapus situs dokumenter yang menyoroti masalah polusi. Diakses pada tanggal: 9/03/2015 

dimuat...
Admin
Ordinary boy (not yet a man), happy husband, and proud dad. Sering nongkrong di blog pribadinya: Blog Bang Fuji

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
Cara mengubah gaya teks di Disqus Blogger Paling Aktif
  • Untuk menulis huruf bold, silakan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic, silakan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline, silakan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought, silakan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML, silakan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>.
    Atau silakan gunakan parse tool di bawah ini.
Buka Parse Tool Tutup Parse Tool



strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool