Fungsi Jaminan

Fungsi Jaminan

Menurut R. Subekti mengatakan bahwa: “Jaminan dapat dibedakan dalam jaminan perorangan dan jaminan kebendaan (Persoonlijke en zakelijke zekerheid)”.

Fungsi Jaminan

Jaminan perseorangan adalah perjanjian antara seorang berpiutang (kreditur) dengan seorang ketiga, yang menjamin dipenuhinya kewajiban-kewajiban si berhutang (debitur). Di dalam jaminan perorangan selalu dimaksud bahwa untuk pemenuhan kewajiban-kewajiban si debitur, yang dijamin pemenuhannya atau sampai suatu bagian tertentu, harta benda si penanggung dapat disita dan dilelang menurut ketentuan-ketentuan perihal pelaksanaan putusan-putusan pengadilan.

Sedangkan jaminan kebendaan dapat dibedakan antara kreditur dengan debiturnya, tetapi juga dapat diadakan antara kreditur dengan seorang ketiga yang menjamin kewajiban-kewajiban debitur. Pemberian jaminan kebendaan selalu berupa suatu bagian dari kekayaan seseorang, si pemberi jaminan dan menyediakannya guna pemenuhan (pembayaran) kewajiban (hutang) seorang debitur.

Karena kekayaan seseorang itu wujudnya beraneka ragam dalam arti bisa barang bergerak, barang tetap (tak bergerak) dan barang tak terwujud (piutang), maka pemberian jaminan kebendaan juga dapat meliputi aneka macam barang itu (Subekti, 17-19:1996). Jadi pada intinya memberikan suatu barang dalam jaminan, berarti melepaskan sebagian kekuasaan atas barang itu Seperti halnya dalam pasal  1131 KUH Perdata menyatakan bahwa:

“Segala kebendaan si berutang, baik yang bergerak maupun yang tak bergerak, baik yang sudah ada maupun yang baru akan ada di kemudian hari, menjadi tanggungan untuk segala perikatannya perseorangan”.

 

Artikel ini dibuat hanya untuk informasi semata. Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang pembahasan ini, silakan baca buku atau sumber informasi yang ada di bagian referensi. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel:
Subekti. 1996. Jaminan Untuk Pemberian Kredit. Jakarta: PT. Citra Aditya Bakti  
Gambar:
Dokumen Pribadi

Admin
Ordinary boy (not yet a man), happy husband, and proud dad. Sering nongkrong di blog pribadinya: Blog Bang Fuji

Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool


Cara mengubah gaya teks di Disqus Blogger Paling Aktif
  • Untuk menulis huruf bold, silakan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic, silakan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline, silakan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought, silakan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML, silakan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>.
    Atau silakan gunakan parse tool di bawah ini.
Buka Parse Tool Tutup Parse Tool



strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed