Awas! Maskapai Ini Memakai Selotip Untuk Memperbaiki Pesawatnya

Awas! Maskapai Ini Memakai Selotip Untuk Memperbaiki Pesawatnya

Seorang penumpang di dalam pesawat maskapai easyJet sangat terkejut, ketika melihat seorang pekerja bandara menempelkan selotip di atas salah satu mesin sebelum sebelum pesawat tersebut lepas landas.

memperbaiki pesawat memakai selotip (1)

Penumpang tersebut segera mengambil gambar ketika melihat seorang pekerja yang melakukan hal tidak biasa itu. Sudah bisa diduga, gambar tersebut dengan cepat menyebar di internet terutama di situs sosial media.

Di dalam foto itu, tampak jelas seorang pria yang memakai rompi neon dengan sangat hati-hati menempelkan semacam plester di sekitar bagian atas mesin.

memperbaiki pesawat memakai selotip (2)

Tapi setelah dikonfirmasi, selotip itu ternyata bukan selotip biasa. Selotip yang digunakan disebut Selotip Kecepatan atau Speed Tape. Selotip kecepatan, dalam bahasa awam, adalah sejenis selotip alumunium yang digunakan untuk melakukan perbaikan kecil pada pesawat dan mobil balap. Selotip ini digunakan sebagai bahan perbaikan sementara sampai perbaikan yang lebih permanen dapat dilakukan.

Mengomentari foto, seorang ahli keamanan di Otoritas Penerbangan Sipil mengatakan, "Alat perekat ini digunakan untuk memperbaiki kerusakan kecil dan sangat umum dilakukan di sektor penerbangan". Sehingga dapat disimpulkan, bahwa selotip itu adalah selotip kecepatan yang banyak digunakan dalam penerbangan untuk melakukan perbaikan dengan cepat sehingga menghindari keterlambatan.

Sementara itu, tidak dijelaskan di bandara mana foto tersebut diambil.

 

Hikmah Berita

Berita ini menjadi salah satu latihan bagi nalar kita, bahwa jangan sampai kita menghakimi atau mengambil kesimpulan tentang suatu hal tanpa tahu apa yang sebenarnya terjadi.

Bagi orang awam seperti saya, ketika melihat seorang pekerja yang memperbaiki pesawat dengan "lakban" tentu saja akan segera terkejut dan marah. Bagaimana mungkin sebuah pesawat yang harusnya kuat diperbaiki dengan hanya memakai lakban? Tetapi ternyata saya salah.

Tentu saja semua maskapai penerbangan tidak akan berkompromi dengan keselamatan para penumpangnya. Melakukan perbaikan dengan selotip kecepatan ini adalah saah satu bentuk perbaikan yang bisa dilakukan oleh para mekaniknya.

Untuk mengetahui apa itu selotip kecepatan atau dalam bahasa Inggrisnya disebut speed tape, silakan Anda baca artikel penjelasannya di Wikipedia (lihat bagian referensi nomor 2).

Jadi apakah Anda seperti saya, sempat marah dengan maskapai penerbangan easyJet sebelum tahu yang sebenarnya? Jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar.

 

Artikel ini dibuat hanya untuk informasi semata. Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang pembahasan ini, silakan baca buku atau sumber informasi yang ada di bagian referensi. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel:
1. John Hutchinson. Shocked passenger takes photo of airport worker using TAPE on engine shell of easyJet plane moments before take-off. Diakses pada tanggal: 7/06/2015
2. Wikipedia. Speed Tape. Diakses pada tanggal: 7/06/2015

Admin
Ordinary boy (not yet a man), happy husband, and proud dad. Sering nongkrong di blog pribadinya: Blog Bang Fuji

Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool


Cara mengubah gaya teks di Disqus Blogger Paling Aktif
  • Untuk menulis huruf bold, silakan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic, silakan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline, silakan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought, silakan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML, silakan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>.
    Atau silakan gunakan parse tool di bawah ini.
Buka Parse Tool Tutup Parse Tool



strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed