Selamat datang di Trigonal Media

Trigonal Translator: Penerjemah Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia

Pengertian Belajar

Belajar merupakan suatu aktivitas manusia yang diarahkan kepada suatu tujuan tertentu yaitu terjadinya perubahan tingkah laku positif pada diri orang yang belajar. Tingkah laku mengandung pengertian yang luas, hal ini mencakup: pengetahuan, pemahaman, keterampilan, sikap dan lain sebagainya.

Pengertian Belajar

Sebagai landasan penguraian mengenai belajar terlebih dahulu penulis kemukakan beberapa definisi belajar:

  • Menurut Moh. Surya (1981:32): “Belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri dalam interaksinya dengan lingkungan.”
  • Menurut Gagne (1970:12): “Belajar pada dasarnya adalah pembentukan respons bersyarat berdasarkan pada sistem urat syaraf. Jadi tindakan manusia yang lebih kompleks merupakan rantai (chain) daripada respon bersyarat.”
  • Menurut Hilgard (1948:4): “Belajar selalu menunjukkan kepada suatu, proses perubahan perilaku atau pribadi seseorang berdasarkan praktek atau pengalaman tertentu”.

Dari pengertian belajar yang dikemukakan di atas dapat dikemukakan adanya beberapa elemen yang penting yang mencirikan pengertian tentang belajar, yaitu:

  1. belajar merupakan suatu perubahan dalam tingkah laku sehingga perubahan itu dapat mengarah kepada tingkah laku yang lebih baik.
  2. belajar merupakan suatu perubahan yang terjadi melalui latihan dan pengalaman, dalam arti perubahan yang disebabkan oleh pertumbuhan atau kematangan tidak dianggap sebagai hasil belajar, seperti perubahan yang terjadi pada seorang bayi.
  3. untuk dapat disebut sebagai belajar maka perubahan itu harus selalu menetap, harus merupakan akhir daripada suatu periode waktu yang cukup panjang.
  4. tingkah laku yang mengalami perubahan karena belajar menyangkut berbagai aspek kepribadian, baik fisik maupun psikis.

 

Artikel ini dibuat hanya untuk informasi semata. Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang pembahasan ini, silakan baca buku atau sumber informasi yang ada di bagian referensi. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel: 
Berbagai sumber 
Gambar:
Dokumen pribadi

Perhatian:
1. Silakan gunakan akun Facebook jika ingin berkomentar.
2. Isi komentar adalah tanggung jawab dari penulis komentar.
3. Komentar tidak pantas akan dihapus tanpa pemberitahuan.
4. Punya pertanyaan pribadi? Kontak kami di Hubungi Kami.
5. Info mengenai privasi Anda, baca Kebijakan Privasi dan Cookie.