Selamat datang di Trigonal Media

Trigonal Translator: Penerjemah Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia

Peranan Guru Di Sekolah

Guru merupakan salah satu komponen utama pendidikan. Keberadaan dan peran guru amat menentukan keberhasilan pendidikan itu. Guru sebagaimana diketahui adalah tenaga pendidik yang bertugas membimbing, mengajar dan melatih peserta didik pada jenjang pendidikan dasar dan menengah, guru memegang peranan yang amat penting karena guru memegang peranan sebagai mediator dalam belajar. Artinya guru sebagai perantara dalam usaha untuk memperoleh perubahan tingkah laku siswa.

Peranan Guru Di Sekolah

Berhasil tidaknya proses belajar akan banyak bergantung pada guru yang mampu memainkan peranan tersebut. Untuk itu seorang guru harus benar-benar menguasai prinsip-prinsip belajar serta menguasai materi yang akan diajarkannya.

Pada dasarnya ada 3 hal pokok yang harus dimiliki seorang guru dalam menghadapi situasi apapun, termasuk dalam menghadapi tantangan yang penuh persaingan pada era globalisasi. Ketiga hal tersebut adalah kepribadian yang mantap, wawasan yang luas dan kemampuan profesionalisme yang memadai. Dengan kepribadian yang mantap, sosok guru akan memberikan teladan yang baik terhadap anak didik mau pun terhadap masyarakatnya. Sudah lama budaya kita mengenal bahwa guru itu adalah manusia yang patut digugu (ditaati nasihat/ucapan/perintahnya) dan ditiru (dicontoh sikap dan prilakunya).

Menurut Rusyana (2001:53), peran guru adalah sebagai berikut:

  1. Guru sebagai pendidik
    Guru sanggup mendidik dan membantu para siswa agar mencapai kedewasaan yang sempurna sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya, oleh karena itu guru sebagai pendidik hendaknya:
    -    Merupakan agent of change atau pelopor pembaharuan.
    -    Bertanggung jawab akan tercapainya hasil belajar.
    -    Berusaha meningkatkan kemampuan profesionalnya melalui ajaran “minal mahdi ilalahdi” atau life long learning dalam multi level dan multi setting dalam proses individualisasi/menjadikan diri yang utuh.
  2. Guru sebagai pengajar
    Guru sebagai pengajar artinya bahwa guru sebagai perantara dalam proses belajar secara keseluruhan, mampu berbuat dan bertindak sebagai demonstrator dan mampu mentransfer ilmu pengetahuan kepada seluruh peserta didik, oleh karena itu guru sebagai pengajar hendaknya:
    -    Menguasai materi pelajaran.
    -    Memahami dan menguasai GBPP dan kurikulum.
    -    Dapat memilih metode yang tepat dengan tingkat kecerdasan para siswa.
    -    Dapat mengelola kelas dengan baik dan tertib.
    -    Terampil menggunakan berbagai macam media pendidikan untuk meningkatkan hasil KBM.
    -    Mencari pola-pola baru dalam rangka meningkatkan proses belajar mengajar.
  3. Guru sebagai pelatih
    Guru sebagai pelatih artinya bahwa guru hendaknya memberikan latihan kepada siswa agar terampil dalam menerapkan ilmu pengetahuan yang diperolehnya, dengan prinsip saya dengar saya lupa, saya lihat saya ingat dan saya lakukan saya bisa.
  4. Guru sebagai pembimbing
    Guru sebagai pembimbing artinya bahwa guru berperan serta dalam melaksanakan bimbingan dan konseling di sekolah yang dilaksanakan secara menyeluruh dan terpadu, dalam hal ini guru mata pelajaran bisa membimbing siswa atau menyerahkan ke petugas bimbingan dan konseling apabila mendapat kesulitan yang berhubungan dengan masalah pribadi, sosial, belajar dan masalah-masalah cita-cita karier.

 

Artikel ini dibuat hanya untuk informasi semata. Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang pembahasan ini, silakan baca buku atau sumber informasi yang ada di bagian referensi. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel: 
Berbagai sumber 
Gambar:
Dokumen pribadi

Perhatian:
1. Silakan gunakan akun Facebook jika ingin berkomentar.
2. Isi komentar adalah tanggung jawab dari penulis komentar.
3. Komentar tidak pantas akan dihapus tanpa pemberitahuan.
4. Punya pertanyaan pribadi? Kontak kami di Hubungi Kami.
5. Info mengenai privasi Anda, baca Kebijakan Privasi dan Cookie.