Pengertian Pemasaran

Pengertian Pemasaran

Pemasaran berasal dari kata pasar. Pasar dapat diartikan sebagai tempat transaksi antara pembeli dan penjual, tetapi pasar itu sendiri sebenarnya mengandung pengertian yang cukup luas. Berikut ini adalah beberapa pendapat ahli mengenai pengertian pemasaran.

Pengertian Pemasaran

Seperti yang dikemukakakn oleh yaitu Philip Kotler yang dialih bahasakan oleh Ancella Anitawati Hermawan (1995:14),

Pasar terdiri dari semua pelanggan potensial yang memiliki kebutuhan atau keinginan tertentu serta mau dan mampu turut dalam pertukaran untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan itu.

Namun pada perkembangan pemasaran itu sendiri tidak sesederhana tersebut, konsep-konsep pemasaran terus berkembang sehingga mendorong perusahaan-perusahaan untuk memberikan perhatian pada maslah pemasaran di perusahaannya.

Pemasaran merupakan salah satu bagian dari kegiatan perusahaan dewasa ini. Perusahaan mempunyai keyakinan bahwa dengan pemasaran yang tepat akan mampu menjual produknya sesuai target penjualan, tetapi hal tersebut tidaklah semuanya benar sebab pengertian pemasaran tidaklah hanya dibatasi oleh penjualan.

Untuk lebih jelas penulis akan memberikan pengertian pemasaran, antara lain sebagai berikut:

Pemasaran adalah suatu proses dan manajerial di mana individu dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan mereka dengan menciptakan, menawarkan dan bertukar sesuatu yang bernilai satu sama lain (Philip Kotler, alih bahasa Ancella Anitawati Hermawan, 1995:8).

Sedangkan William J. Stanton, Michael J Etzol, dan Bruce J. Walker (1991:15) menjelaskan bahwa

Marketing is total system of business designed to plan, price, promote and distribute want satispying product to target markets to active organizational objective.
Terjemahan: Pemasaran adalah suatu kegiatan bisnis secara keseluruhan, yang dirancang untuk membuat perencanaan, penetapan harga, promosi dan distribusi produk yang dapat memuaskan pasar sasaran untuk mencapai tujuan organisasi.

Sedangkan pengertian lain dari pemasaran yaitu, seperti yang diungkapkan Warren Keegan (1994:3) berikut ini:

Marketing is the process of focussing the resources an objective of an organization and environmental opportunities and need.
Terjemahan: Pemasaran adalah proses pemfokusan sumber daya dan tujuan dari sebuah organisasi, lingkungan kesempatan, dan kebutuhan.

Dari beberapa pengertian pemasaran yang dikemukakan oleh para ahli pemasaran di atas, maka kita akan mendapatkan suatu pemahaman bahwa pemasaran adalah

suatu proses manajerial karena di dalamnya terkandung fungsi-fungsi manajemen seperti perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengendalian, sekaligus merupakan proses sosial di mana di dalam pemasaran terjadi interaksi antara individu dan kelompok, yang pada dasarnya sama yaitu bertujuan untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan melalui penciptaan, penawaran dan pertukaran (nilai) produk dengan yang lain dan  bertujuan untuk mencapai sasaran dan tujuan dari pihak pelanggan maupun dari organisasi.

 

Artikel ini dibuat hanya untuk informasi semata. Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang pembahasan ini, silakan baca buku atau sumber informasi yang ada di bagian referensi. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel:
1. Philip Kotler. 1995. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian, Jilid I Edisi Bahasa Indonesia. Tarsito. Bandung.
2. Berbagai sumber
Gambar:
Dokumen pribadi

Admin
Ordinary boy (not yet a man), happy husband, and proud dad. Sering nongkrong di blog pribadinya: Blog Bang Fuji

Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool


Cara mengubah gaya teks di Disqus Blogger Paling Aktif
  • Untuk menulis huruf bold, silakan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic, silakan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline, silakan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought, silakan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML, silakan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>.
    Atau silakan gunakan parse tool di bawah ini.
Buka Parse Tool Tutup Parse Tool



strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed