--> Skip to main content
Trigonal Translator: Penerjemah Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia dan Bahasa Sunda

Pengertian Promosi

Dalam setiap perusahaan banyak aktivitas yang dilakukan, tidak hanya menghasilkan banyak aktivitas, menetapkan harga, dan menjual produk, tapi banyak aktivitas lainnya yang saling berkaitan satu dengan yang lainnya, salah satunya adalah promosi. Berikut ini Trigonal Media berikan pengertian promosi menurut ahli.

Pengertian Promosi

Kegiatan promosi merupakan salah satu bagian dari bauran pemasaran perusahaan, yang isinya memberikan informasi kepada masyarakat atau konsumen tentang produk yang ditawarkan perusahaan. Tidak hanya itu kegiatan promosi merupakan kegiatan komunikasi antara perusahaan dengan pelanggannya.

Perusahaan dewasa ini menganggap bahwa promosi merupakan bagian penting dari pemasaran perusahaan, karena pihak perusahaan berharap dengan promosi yang dilaksanakan secara efektif dapat meningkatkan produk perusahaan sesuai dengan target penjualan  yang telah ditetapkan dan dapat bersaing dengan perusahaan lain yang menghasilkan produk sejenis. Dengan pandangan demikian perusahaan berharap dengan dilaksanakannya kegiatan promosi secara berkesinambungan dan terarah akan mampu mencapai hasil penjualan dan keuntungan yang maksimal.

Menurut Philip Kotler (1995:297), promosi adalah

usaha mendorong konsumen antara lain untuk lebih banyak menggunakan produk dalam unit yang lebih besar, mencoba merek yang dipromosikan  untuk menarik pembeli lain yang bersaing dengan merek produk yang dipasarkan.

Dari pengertian di atas menurut penulis, promosi mengandung beberapa pengertian yaitu promosi adalah sebuah kegiatan dari perusahaan untuk berkomunikasi dengan pelanggannya, baik pelanggan yang sudah membeli produk perusahaan maupun pelanggan yang potensial. Promosi juga mempunyai sifat-sifat informatif, persuasif, dan meningkatkan tentang produk perusahaan yang intinya adalah untuk mendorong konsumen untuk membeli dan menggunakan produk perusahaan dalam jumlah yang lebih banyak lagi, sehingga dapat mencapai tujuan perusahaan.

Adapun proses dari promosi atau proses komunikasinya tersebut menurut Kotler yang dikutip oleh Djasmin Saladin (1994:195) dijelaskan sebagai berikut:

  1. Pengirim (sender), kelompok yang mengirim pesan ke kelompok lainnya, disebut juga sumber atau komunikator.
  2. Penulis sandi (encoding) suatu proses penyebaran dalam bentuk simbol/sandi.
  3. Pesan (massage) serangkaian simbol yang disampaikan dan disiarkan oleh pengirim atau sender.
  4. Media, suatu saluran di mana pesan dikirim atau mengalir dari pengiriman ke penerima, baik fisik  maupun non fisik.
  5. Pembaca sandi (decoding) suatu proses di mana penerima mengartikan atau menerjemahkan simbol-simbol yang disampaikan oleh pengirim.
  6. Penerima (receiver) suatu kelompok yang menerima pesan yang dikirimkan oleh kelompok lain.
  7. Tanggapan (respon) serangkaian reaksi di mana si penerima telah mengeksposnya ke dalam pesan-pesan.
  8. Umpan balik (feed back) sebagai respons dikomunikasikan kembali si penerima kepada si pengirim.
  9. Gangguan (noise) gangguan tidak terduga selama proses komunikasi, sehingga mengakibatkan pesan yang diterima terganggu.

 

Artikel ini dibuat hanya untuk informasi semata. Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang pembahasan ini, silakan baca buku atau sumber informasi yang ada di bagian referensi. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel: 
Berbagai sumber 
Gambar:
Dokumen pribadi