--> Skip to main content
Trigonal Translator: Penerjemah Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia dan Bahasa Sunda

Alun-Alun Kota Banjar

Selain Ciamis yang memiliki Alun-alun Ciamis, Kota Banjar pun memiliki alun-alun yang tidak kalah indahnya yaitu alun-alun Banjar Patroman. Alun-alun Banjar ini seperti sebuah mata air tempat masyarakat Banjar untuk melepas kepenatan atau hanya sekedar menjadi tempat nongkrong bersama teman dan keluarga.

Alun-alun Banjar (1)

Pada sore hari atau hari libur, terutama hari Minggu, salah satu landmark Kota Banjar ini selalu penuh dipadati oleh para pengunjung dan pedagang kaki lima yang menggelar dagangannya. Lapak pedagang hampir memenuhi seluruh bagian lantai alun-alun, mulai dari pedagang makanan, minuman, sepatu, sandal, bahkan celana dalam.

Alun-alun Banjar (2)

Malam Minggu merupakan malam yang paling ramai dan pada malam ini pula, alun-alun Banjar akan tetap hidup sampai siang hari, sekitar jam 10 pagi. Hari Minggu pagi akan menjadi puncak keramaian karena pada hari itu tepat di depan alun-alun Banjar selalu diadakan Car Free Day dan senam kesehatan.

Alun-alun Banjar (3)

Jadi apabila Anda sedang berada atau melintasi Kota Banjar, tidak ada salahnya untuk sejenak beristirahat di alun-alun Kota Banjar untuk menyegarkan badan sebelum melanjutkan perjalanan Anda kembali.

Fasilitas 

Letak alun-alun ini cukup strategis karena berada di tengah kota Banjar serta merupakan jalur utama ke Kabupaten Pangandaran dan Provinsi Jawa Tengah, tepatnya di Jalan Letjen Soewarto. Selain letaknya yang cukup strategis, alun-alun Banjar juga dikelilingi oleh gedung-gedung penting seperti Mesjid Agung Banjar, Pendopo Kota Banjar, Bank BRI, Bank BCA, Bank Jabar, SMPN 1 Banjar, SMPN 2 Banjar, dan Toserba Padjadjaran.

Satu hal yang mungkin cukup disayangkan adalah tempatnya yang cukup sempit, kadang-kadang penuh sesak dan untuk sekedar berjalan pun tidak bisa, terutama pada hari libur.

Tiket Masuk

Gratis

Harga bisa berubah sewaktu-waktu

Media Sosial

Tidak ada yang resmi

Alamat

Jalan Letjen Soewarto, Kota Banjar, Jawa Barat

Untuk peta, dapat dilihat di Wikimapia: Alun-alun Banjar

Dokumentasi Foto 

Alun-alun Banjar (4)

Alun-alun Banjar (5)

Alun-alun Banjar (6)

Alun-alun Banjar (7)

Alun-alun Banjar (8)

Alun-alun Banjar (9)

Alun-alun Banjar (10)

Alun-alun Banjar (12)

Alun-alun Banjar (13)

Alun-alun Banjar (14)

Alun-alun Banjar (15)

Alun-alun Banjar (16)

Alun-alun Banjar (17)

 

INFORMASI UMUM

Nama Objek Wisata: Alun-alun Kota Banjar
Jenis Objek Wisata: Tempat publik
Rating Trigonal Media: 6/10

REFERENSI
Gambar:
Dokumen pribadi