Selamat datang di Trigonal Media

Trigonal Translator: Penerjemah Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia

Bentuk-Bentuk Ringkasan

Setelah sebelumnya membahas tentang pengertian ringkasan, maka kali ini akan mencoba belajar tentang bentuk-bentuk ringkasan secara ringkas. Silakan simak penjelasan Trigonal Media berikut ini.

Bentuk-Bentuk Ringkasan

Ada beberapa macam bentuk  ringkasan, seperti yang dinyatakan Olivia (2009: 29) bahwa bentuk-bentuk ringkasan di antaranya dapat berupa abstrak, sinopsis dan kesimpulan yang dijelaskan di bawah ini:

  1. Ringkasan dalam bentuk abstrak
    Abstrak atau ringkasan dimaksudkan untuk uraian yang sesingkat-singkatnya tentang segala pokok yang dibahas.
  2. Ringkasan dalam bentuk sinopsis
    Ringkasan dalam bentuk sinopsis bisa dilakukan pada buku seperti karya fiksi atau non fiksi. Bentuk synopsis merupakan salah satu bentuk ringkasan suatu karya yang kiranya dapat memberikan dorongan kepada orang lain untuk membaca secara utuh.
  3. Ringkasan dalam bentuk simpulan
    Bentuk ringkasan yang lain adalah simpulan, merupakan bentuk ringkasan yang mengungkapkan gagasan utama dari suatu uraian atau pembicaraan dengan memberikan penekanan pada ide sentral serta penyelasaian dari permasalahan yang diungkapkan.

Bentuk-bentuk ringkasan tersebut digunakan sesuai dengan kebutuhan dan tujuan yang membuat ringkasan. Telah diuraikan di atas bahwa sebelum membuat ringkasan harus menetapkan terlebih dahulu tujuan dari membuat ringkasannya. Adapun bentuk ringkasan yang biasa digunakan dalam penelitian adalah ringkasan dalam bentuk simpulan karena tujuan dari membuat ringkasannya yaitu untuk menuliskan gagasan utama dari suatu wacana yang akan diringkas.

 

Artikel ini dibuat hanya untuk informasi semata. Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang pembahasan ini, silakan baca buku atau sumber informasi yang ada di bagian referensi. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel:
Olivia, Femi. (2009). Teknik Meringkas. Jakarta. PT Elex Media Komputindo  
Gambar:
Dokumen pribadi

Perhatian:
1. Silakan gunakan akun Facebook jika ingin berkomentar.
2. Isi komentar adalah tanggung jawab dari penulis komentar.
3. Komentar tidak pantas akan dihapus tanpa pemberitahuan.
4. Punya pertanyaan pribadi? Kontak kami di Hubungi Kami.
5. Info mengenai privasi Anda, baca Kebijakan Privasi dan Cookie.