--> Skip to main content
Trigonal Translator: Penerjemah Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia dan Bahasa Sunda

Pengertian Gaya Bahasa

Pengertian gaya bahasa menurut para ahli akan memungkinkan kita untuk lebih memahami apa itu gaya bahasa dengan lebih akurat dan terperinci. Berikut ini adalah beberapa definisi gaya bahasa menurut ahli bahasa.

Pengertian Gaya Bahasa

Pengertian gaya bahasa menurut Tarigan

Menurut Tarigan (1984:153) menjelaskan bahwa:

berhasil tidaknya seorang pengarang fiksi justru tergantung pada kecakapannya mempergunakan majas atau gaya bahasa dalam karyanya. Penggunaan  majas ini sedikit banyak dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu usia, pendidikan, pengalaman, temperamen keterampilan serta kecakapan para pelaku itu yang secara tidak langsung menuturkan cerita tersebut. Selain itu, pengarang juga sering kali mempergunakan aneka majas seperti metafora, personifikasi, ironi alegori dan lain sebagainya untuk menjadikan sebuah cerita lebih menarik dan memiliki nilai rasa yang tinggi.

Pengertian gaya bahasa menurut Gorys Keraf

Gorys Keraf (2009:112-113) nyatakan bahwa

gaya bahasa adalah cara mengungkapkan pikiran melalui bahasa secara khas yang memperlihatkan jiwa dan kepribadian penulis (pemakai bahasa).

Gaya atau khususnya gaya bahasa dikenal dalam retorika dengan style. Kata style diturunkan dari kata Latin stilus, yaitu semacam alat untuk menulis pada lempengan lilin. Keahlian menggunakan alat ini akan mempengaruhi jelas tidaknya tulisan pada lempengan tadi. Kelak pada waktu penekanan dititikberatkan pada keahlian untuk menulis indah, maka style lalu berubah menjadi kemampuan dan keahlian untuk menulis atau mempergunakan kata-kata secara indah.

Walaupun kata style berasal dari bahasa Latin, orang Yunani sudah mengembangkan sendiri teori-teori mengenai style itu. Ada dua aliran yang terkenal, yaitu:

  1. Aliran Platonik
    Menganggap style sebagai kualitas suatu ungkapan; menurut mereka ada ungkapan yang memiliki style, ada juga yang tidak memiliki style.
  2. Aliran Aristoteles
    Menganggap bahwa gaya adalah suatu kualitas yang inheren, yang ada dalam tiap ungkapan.

 

Artikel ini dibuat hanya untuk informasi semata. Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang pembahasan ini, silakan baca buku atau sumber informasi yang ada di bagian referensi. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel: 
Berbagai sumber 
Gambar: 
Dokumen pribadi