Pengertian Pengembangan Kompetensi Membaca

Pengertian Pengembangan Kompetensi Membaca

Kompetensi membaca sangat penting untuk dimiliki oleh para peserta didik terutama di Sekolah Dasar. Oleh karena itu, pengembangan kompetensi membaca membutuhkan perhatian khusus dari pendidik atau guru. Berikut ini adalah definisi pengembangan kompetensi membaca yang bisa dijadikan titik awal kegiatan belajar membaca yang lebih baik.

Pengertian Pengembangan Kompetensi Membaca

Pengertian Pengembangan dan Kompetensi

Pengembangan adalah proses, cara, perbuatan mengembangkan (Kamus Besar Bahasa Indonesia, Depdikbud 1988:144), sedangkan kompetensi adalah kewenangan, kekuasaan untuk menentukan atau memutuskan sesuatu (Kamus Besar Bahasa Indonesia, Depdikbud 1988:144).

Pengertian Membaca

Nurgiantoro (1999:226) mengemukakan bahwa

membaca adalah aktivitas berbahasa yang bersifat reseptif kedua setelah menyimak. Hubungan antar penutur (penulis) dengan penerima (pembaca) bersifat tidak langsung, yaitu melalui lambang tulisan.

Harjasujana (1986:2) mengidentifikasikan bahwa

membaca adalah suatu kegiatan yang merespons lambang-lambang cetak atau lambang tulis dengan menggunakan pengertian yang tepat.

Lebih lanjut dikatakan oleh Anderson dalam Tarigan (1972:209-210),

membaca adalah suatu proses penyandian kembali dan pembacaan sandi (a reading and decoding process) yang menghubungkan kata-kata tertulis dengan makna bahasa lisan yang mencakup pengubahan tulisan menjadi bunyi yang bermakna.

Menurut Aminnudin (1987:15),

membaca adalah mereaksi, membaca disebut sebagai kegiatan memberikan reaksi karena dalam membaca seseorang terlebih dahulu melaksanakan pengamatan terhadap huruf sebagai representasi bunyi ujaran maupun tanda penulis lainnya. Dari reaksi itu lebih lanjut terjadi kegiatan rekognisi, yakni pengenalan bentuk dalam kaitannya dengan makna yang dikandungnya serta pemahaman yang keseluruhannya masih harus melalui tahap kegiatan tertentu.

Kemudian diungkapkan pula oleh Aminudin (1987:16) bahwa membaca adalah pemecahan kode dan penerimaan pesan. Membaca adalah suatu aktifitas yang rumit atau kompleks karena  bergantung pada kesimpulan berbahasa pelajar dan pada tingkat penalarannya (Nababan, 1993:164).

Dengan demikian, dapat kita simpulkan bahwa membaca sangat penting bagi kehidupan manusia. membaca merupakan kegiatan yang dapat dilakukan pembaca untuk memperoleh informasi,  gagasan, pengetahuan, dan bahan bacaan. Membaca merupakan kegiatan yang dapat meningkatkan kemampuan berfikir dan bernalar.


Dari penjelasan di atas, maka penulis dapat menyimpulkan bahwa

pengertian pengembangan kompetensi membaca adalah suatu cara atau proses untuk menentukan gagasan, informasi, dan pengetahuan dari bahan-bahan yang bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan berfikir dan bernalar.

 

Artikel ini dibuat hanya untuk informasi semata. Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang pembahasan ini, silakan baca buku atau sumber informasi yang ada di bagian referensi. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel: 
Berbagai sumber 
Gambar:
Dokumen pribadi

dimuat...
Admin
Ordinary boy (not yet a man), happy husband, and proud dad. Sering nongkrong di blog pribadinya: Blog Bang Fuji

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
Cara mengubah gaya teks di Disqus Blogger Paling Aktif
  • Untuk menulis huruf bold, silakan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic, silakan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline, silakan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought, silakan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML, silakan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>.
    Atau silakan gunakan parse tool di bawah ini.
Buka Parse Tool Tutup Parse Tool



strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool