Selamat datang di Trigonal Media

Trigonal Translator: Penerjemah Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia

Pengertian Globalisasi

Globalisasi adalah proses masuknya ke ruang lingkup dunia, itu menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia. Berikut ini adalah pengertian globalisasi menurut para ahli dan sumber tepercaya.

Pengertian Globalisasi

A.G. McGrew

Menurut A.G. McGrew (1992),

globalisasi adalah proses di mana berbagai peristiwa, keputusan dan kegiatan di belahan dunia yang satu dapat membawa konsekuensi penting bagi berbagai individu dan masyarakat di belahan dunia yang lain.

Barker

Menurut Barker (2004),

globalisasi merupakan koneksi global ekonomi, sosial, budaya dan politik yang semakin mengarah ke berbagai arah di seluruh penjuru dunia dan merasuk ke dalam kesadaran kita.

Smith & Baylis

Menurut Smith & Baylis (2001: 7),

globalisasi adalah proses meningkatnya saling keterkaitan di antara masyarakat dan di mana adanya kejadian yang terjadi di salah satu belahan dunia yang dapat memberikan pengaruh yang semakin luas terhadap masyarakat yang berada jauh di belahan dunia lainnya. Sedangkan globalisasi sebagai universalisasi memiliki arti bahwa globalisasi adalah proses penyebaran berbagai objek kepada orang-orang di seluruh penjuru dunia. Seperti contoh adanya krisis keuangan yang terjadi di negara-negara Uni Eropa yang mengakibatkan melemahnya kegiatan ekonomi dan investasi di Eropa sehingga membawa dampak ke banyak negara di dunia. Dan yang terakhir, globalisasi merupakan proses modernisasi atau westernisasi sebagai struktur sosial modernitas seperti kapitalisme, rasionalisme, dan industrialisme yang tersebar di seluruh dunia.

Jackson dan Sorensen

Menurut Jackson dan Sorensen (2005: 266),

globalisasi adalah meluas dan meningkatnya hubungan ekonomi, sosial, hingga budaya yang melewati batas-batas internasional.

Scholte

Sedangkan menurut  Scholte (2001: 14-16),

globalisasi didefinisikan ke dalam empat hal, yaitu globalisasi sebagai internasionalisasi, liberalisasi, universalisasi, dan modernisasi atau westernisasi. Globalisasi sebagai internasionalisasi berarti meningkatnya interaksi dan ketergantungan antar negara sehingga tercipta suatu dinamika hubungan yang tinggi antar negara demi memenuhi kebutuhan yang kian lama makin kompleks. Globalisasi sebagai liberalisasi mengacu pada proses menurunnya batas-batas antar negara dalam rangka menciptakan suatu negara yang terbuka.

Wanda Prescilia Sheny Carlita

Menurut Wanda 1,

globalisasi merupakan masuknya dunia ke dalam era modernisasi yang menyebabkan terjadinya peningkatan saling keterkaitan di antara masyarakat dalam berbagai aspek kehidupan dan globalisasi tersebut memberi dampak yang meluas secara cepat dan pesat ke seluruh penjuru dunia.

 

Menurut Bang Fuji sendiri, definisi globalisasi adalah semakin samarnya batas waktu dan tempat di dunia ini, sehingga hubungan sosial, politik, ekonomi, dan budaya antar masyarakat dapat terjadi menjadi lebih cepat.

Artikel ini dibuat hanya untuk informasi semata. Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang pembahasan ini, silakan baca buku atau sumber informasi yang ada di bagian referensi. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel:
1. Wanda Prescilia Sheny Carlita. Globalisasi dalam Hubungan Internasional. Diakses pada tanggal: 25/02/2016
2. Sumber lainnya 
Gambar:
Dokumen pribadi

Perhatian:
1. Silakan gunakan akun Facebook jika ingin berkomentar.
2. Isi komentar adalah tanggung jawab dari penulis komentar.
3. Komentar tidak pantas akan dihapus tanpa pemberitahuan.
4. Punya pertanyaan pribadi? Kontak kami di Hubungi Kami.
5. Info mengenai privasi Anda, baca Kebijakan Privasi dan Cookie.