Selamat datang di Trigonal Media

Trigonal Translator: Penerjemah Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia

Cara Merawat Kucing

Sebenarnya kucing bisa merawat dirinya sendiri, tetapi sebagai pemilik yang baik maka kita harus merawat kucing kita setelaten mungkin. Kebutuhan dasar seperti makanan, air, tempat tinggal, perawatan dokter hewan, dan lain sebagainya. Dengan merawat kucing dengan baik, maka hubungan kita akan semakin dekat dengan kucing kesayangan kita tersebut. Berikut ini adalah beberapa cara merawat kucing yang benar:

Cara Merawat Kucing
Cara Merawat Kucing

1. Tempatkan kucing di tempat yang aman dan nyaman

Usahakan agar kucing selalu berada di rumah dan berada dalam pengawasan Anda. Jangan biarkan kucing berkeliaran ke luar lingkungan rumah, hal ini bertujuan untuk mencegah kucing tidak disakiti atau merusak lingkungan tetangga.

Jika kucing berada di dalam rumah, pastikan jendela dan pintu selalu tertutup untuk mencegah kucing Anda meloncat ke luar.

2. Pasangkan kalung pengenal

Hal buruk bisa saja terjadi, untuk itu lakukan tindakan pencegahan dengan memasangkan kalung pengenal di leher kucing Anda. Pastikan untuk menuliskan alamat dan nomor telepon, sehingga jika kucing Anda hilang, bisa dengan mudah ditemukan kembali.

3. Rutinlah bawa kucing ke dokter hewan

Dokter hewan sangat penting untuk kesehatan kucing Anda, selain untuk mengobati penyakit juga untuk mencegah penyakit yang mungkin timbul. Ingatlah, hewan juga membutuhkan perawatan medis. Jadi jika Anda tidak memiliki dokter hewan langganan, sekarang saatnya Anda untuk memilikinya.

Tetapi memang, masalah biaya mungkin bisa jadi kendala, karena biaya pemeriksaan dan pengobatan dokter hewan cukup menguras dompet. Untuk itu, perhatikan kesehatan dan kebersihan lingkungan tempat tinggal kucing, sehingga mengurangi kemungkinan kucing Anda harus mengunjungi dokter. Lalu, cobalah untuk mengunjungi dokter hewan minimal 6 bulan sekali.

4. Jangan kebiri/mandulkan kucing Anda

Ingat! Kucing adalah makhluk hidup yang memiliki naluri alami untuk berkembang biak dan meneruskan garis keturunannya. Jika Anda menyayangi kucing Anda, maka Anda harus menerima kodratnya tersebut.

5. Berikan makanan dan minuman bergizi

Menyayangi kucing Anda tidak cukup dengan hanya membelainya saja, berikan juga makanan dan minuman yang bergizi dan cukup. Pelajari mengenai nutrisi yang dibutuhkan kucing, sehingga Anda dapat memberikan nutrisi yang seimbang, tidak berlebihan dan juga tidak terlalu sedikit.

6. Sediakan tempat BAB/BAK yang memadai

Pada dasarnya kucing itu adalah hewan yang bersih dan sangat memperhatikan kebersihan, jadi berikan tempat untuk buang air besar dan kecil untuknya. Bersihkan tempat kotorannya tersebut secara teratur, minimal sehari sekali.

Simpan tempat kotorannya di tempat yang cukup tersembunyi dan tenang, karena kucing termasuk hewan yang menjaga privasinya.

7. Sisir rambut kucing dengan teratur

Semua kucing, baik yang berbulu pendek maupun panjang, harus disisir dengan teratur. Hal ini bertujuan untuk menjaga kesehatan bulu dan mencegah kerontokan serta hairball.

8. Luangkan waktu untuk bermain bersama

Kucing adalah hewan yang mandiri, tetapi untuk menumbuhkan ikatan hubungan yang kuat antara Anda dan kucing Anda, maka bermainlah bersama mereka secara teratur.

Berikan beberapa mainan untuk mereka, seperti bola atau kantong kertas. Jika Anda memiliki dana berlebih, Anda bisa membuatkan rumah permainan untuk kucing kesayangan Anda.

 

Artikel ini dibuat hanya untuk informasi semata. Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang pembahasan ini, silakan baca buku atau sumber informasi yang ada di bagian referensi. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel: 
Berbagai sumber 
Gambar:
wikipedia.org

Perhatian:
1. Silakan gunakan akun Facebook jika ingin berkomentar.
2. Isi komentar adalah tanggung jawab dari penulis komentar.
3. Komentar tidak pantas akan dihapus tanpa pemberitahuan.
4. Punya pertanyaan pribadi? Kontak kami di Hubungi Kami.
5. Info mengenai privasi Anda, baca Kebijakan Privasi dan Cookie.