Selamat datang di Trigonal Media

Trigonal Translator: Penerjemah Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia

Ekologi Plankton

Ekologi adalah ilmu mempelajari hubungan-hubungan timbal balik (interaksi) individu dengan individu, antara populasi dengan populasi dan antara biotik dengan abiotik dalam.

Ekologi Plankton

Sebagian salah satu contoh interaksi atau hubungan timbal balik antara makhluk hidup di perairan, dapat dilihat dari adanya aktivitas pemangsaan oleh jasad hewani perairan yang lebih kecil misalnya ikan memangsa udang-udang kecil dan lainnya (Mudjiman: 1997).

Phytoplankton melalui fotosintesis mengubah energi matahari menjadi energi yang tersimpan dalam jaringan tubuh yang kemudian phytoplankton ini dijadikan sumber makanan oleh zooplankton dan jasad-jasad lainnya. Dengan demikian phytoplankton merupakan mata rantai pertama dalam penyediaan energi bagi kehidupan di dalam air (Mudjiman: 1997).

Di samping itu, bahan rombakan dari bakteri memegang peranan penting di dalam rantai pengadaan makanan di dalam air. Zooplankton akan dimakan ikan karnivora kecil dan hewan substrat kecil akan  dimakan oleh hewan substrat dan ganggang yang berakar.

Semuanya jasad hidup yang mati akan menjadi rombakan (sisa bahan organik) yang oleh bakteri akan dihancurkan menjadi bagian yang lebih halus lagi. Merupakan makanan terlarut di dalam air yang penting untuk makanan phytoplankton dan ganggang substrat.

 

Artikel ini dibuat hanya untuk informasi semata. Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang pembahasan ini, silakan baca buku atau sumber informasi yang ada di bagian referensi. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel: 
Berbagai sumber 
Gambar: 
Dokumen pribadi

Perhatian:
1. Silakan gunakan akun Facebook jika ingin berkomentar.
2. Isi komentar adalah tanggung jawab dari penulis komentar.
3. Komentar tidak pantas akan dihapus tanpa pemberitahuan.
4. Punya pertanyaan pribadi? Kontak kami di Hubungi Kami.
5. Info mengenai privasi Anda, baca Kebijakan Privasi dan Cookie.