--> Skip to main content
Trigonal Translator: Penerjemah Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia dan Bahasa Sunda

Pengaruh Media Tanam terhadap Tinggi Tanaman

Berdasarkan hasil analisis statistik dari pengaruh media tanam terhadap tinggi tanaman. Melalui analisis sidik ragam, ternyata antara media tanam zeolit, media tanam pasir dan media tanam pecahan batu bata berbeda sangat nyata.

Pengaruh Media Tanam terhadap Tinggi Tanaman

Dari hasil statistik dengan sidik ragam, dari ketiga perlakuan media tanam hidroponik teersebut yang paling baik pengaruhnya terhadap tinggi tanaman kangkung adalah media zeolit dengan rata-rata tinggi tanaman 24,35 cm.Sedangkan media tanam pasir dengan rata-rata 17,38 cm dan media tanam pecahan batu bata dengan rata-rata 19,03 cm.

Berdasarkan Uji Duncan terhadap tinggi tanaman, ternyata antara perlakuan media pasir dan media tanam pecahan batu bata tidak menunjukkan perbedaan yang nyata. Sedangkan perlakuan media zeolit berbeda nyata terhadap perlakuan media pasir dan media pecahan batu bata. Hal tersebut disebabkan oleh karakteristik yang berbeda-beda dari media tanam. Media tanam pasir dan media tanam pecahan batu bata tidak mempunyai kandungan unsur hara sehingga hanya mengandalkan unsur hara dari larutan nutrisi. Akhirnya pertumbuhan tanaman menjadi terhambat. Berbeda dengan media tanam zeolit yang mempunyai kandungan unsur hara sehingga dengan tambahan unsur hara dari larutan nutrisi maka unsur hara yang tersedia bagi tanaman bertambah.

Tersedianya unsur hara yang cukup pada media tanam akan menyebabkan penambahan tinggi tanaman. Hal ini menunjukkan bahwa media zeolit adalah media tanam yang cocok untuk hidroponik kangkung. Menurut Heru P dan Yopita H.I (2003), media tanam zeolit dapat menyerap pupuk dan mengeluarkannya sesuai dengan kebutuhan tanaman.

 

Artikel ini dibuat hanya untuk informasi semata. Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang pembahasan ini, silakan baca buku atau sumber informasi yang ada di bagian referensi. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel: 
Berbagai sumber 
Gambar:
Dokumen pribadi