Pengaruh Media Tanam terhadap Tinggi Tanaman

Pengaruh Media Tanam terhadap Tinggi Tanaman

Berdasarkan hasil analisis statistik dari pengaruh media tanam terhadap tinggi tanaman. Melalui analisis sidik ragam, ternyata antara media tanam zeolit, media tanam pasir dan media tanam pecahan batu bata berbeda sangat nyata.

Pengaruh Media Tanam terhadap Tinggi Tanaman

Dari hasil statistik dengan sidik ragam, dari ketiga perlakuan media tanam hidroponik teersebut yang paling baik pengaruhnya terhadap tinggi tanaman kangkung adalah media zeolit dengan rata-rata tinggi tanaman 24,35 cm.Sedangkan media tanam pasir dengan rata-rata 17,38 cm dan media tanam pecahan batu bata dengan rata-rata 19,03 cm.

Berdasarkan Uji Duncan terhadap tinggi tanaman, ternyata antara perlakuan media pasir dan media tanam pecahan batu bata tidak menunjukkan perbedaan yang nyata. Sedangkan perlakuan media zeolit berbeda nyata terhadap perlakuan media pasir dan media pecahan batu bata. Hal tersebut disebabkan oleh karakteristik yang berbeda-beda dari media tanam. Media tanam pasir dan media tanam pecahan batu bata tidak mempunyai kandungan unsur hara sehingga hanya mengandalkan unsur hara dari larutan nutrisi. Akhirnya pertumbuhan tanaman menjadi terhambat. Berbeda dengan media tanam zeolit yang mempunyai kandungan unsur hara sehingga dengan tambahan unsur hara dari larutan nutrisi maka unsur hara yang tersedia bagi tanaman bertambah.

Tersedianya unsur hara yang cukup pada media tanam akan menyebabkan penambahan tinggi tanaman. Hal ini menunjukkan bahwa media zeolit adalah media tanam yang cocok untuk hidroponik kangkung. Menurut Heru P dan Yopita H.I (2003), media tanam zeolit dapat menyerap pupuk dan mengeluarkannya sesuai dengan kebutuhan tanaman.

 

Artikel ini dibuat hanya untuk informasi semata. Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang pembahasan ini, silakan baca buku atau sumber informasi yang ada di bagian referensi. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel: 
Berbagai sumber 
Gambar:
Dokumen pribadi

dimuat...
Admin
Ordinary boy (not yet a man), happy husband, and proud dad. Sering nongkrong di blog pribadinya: Blog Bang Fuji

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
Cara mengubah gaya teks di Disqus Blogger Paling Aktif
  • Untuk menulis huruf bold, silakan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic, silakan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline, silakan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought, silakan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML, silakan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>.
    Atau silakan gunakan parse tool di bawah ini.
Buka Parse Tool Tutup Parse Tool



strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool