--> Skip to main content
Trigonal Translator: Penerjemah Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia dan Bahasa Sunda

Seluk-Beluk Organisasi

Organisasi merupakan kelompok kerja sama antara orang-orang yg diadakan untuk mencapai tujuan bersama. Pengertian organisasi tersebut diambil dari Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi III. Beberapa contoh organisasi yang dikenal secara umum di antaranya OSIS, organisasi kelas, karang taruna, dan lain sebagainya.

Seluk-Beluk Organisasi

Kebebasan berorganisasi dijamin oleh Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 28 Ayat 3:

Setiap orang berhak atas kebebasan berserikat, berkumpul, dan mengeluarkan pendapat.

Organisasi juga sejalan dengan Pancasila sila ke-4 yaitu:

Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan.

Tetapi tujuan didirikannya organisasi harus sejalan dengan Pancasila, aturan, dan norma, jika tidak, maka pemerintah berhak untuk melarang dan membubarkan organisasi tersebut.

Pengertian organisasi menurut para ahli

Definisi organisasi yang dijabarkan oleh para ahli bisa dilihat di bawah ini:

  1. Janu Murdiyamoko dan Citra Handayani dalam buku Sosiologi untuk SMU Kelas I menjelaskan bahwa
    organisasi adalah sistem sosial yang memiliki identitas kolektif yang tegas, daftar anggota yang terperinci, program kegiatan yang jelas, dan prosedur pergantian anggota.
  2. Menurut Wikipedia, organisasi berasal dari bahasa Yunani: ὄργανον, organon yang berarti alat. Sedangkan pengertiannya adalah sebagai berikut
    organisasi adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama.
  3. Stoner menjelaskan bahwa
    organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama.
  4. James D. Mooney mengemukakan bahwa
    organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
  5. Chester I. Bernard berpendapat bahwa
    organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
  6. Stephen P. Robbins menyatakan bahwa
    organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.
  7. Mistiani, S.sos dalam artikel yang berjudul Pengaruh Kepuasan Kerja dan Stress Dihadapkan dengan Konseling Dalam Tingkat Produktivitas dan Prestasi Kerja Suatu Organisasi menjelaskan:
    Organisasi adalah bentuk formal dari sekelompok manusia dengan tujuan individualnya masing-masing (gaji, kepuasan kerja, dll) yang bekerja sama dalam suatu proses tertentu untuk mencapai tujuan bersama (tujuan organisasi). Agar tujuan organisasi dan tujuan individu dapat tercapai secara selaras dan harmonis maka diperlukan kerja sama dan usaha yang sungguh-sungguh dari kedua belah pihak (pengurus organisasi dan anggota organisasi) untuk bersama-sama berusaha saling memenuhi kewajiban masing-masing secara bertanggung jawab, sehingga pada saat masing-masing mendapatkan haknya dapat memenuhi rasa keadilan baik bagi anggota organisasi/pegawai maupun bagi pengurus organisasi/pejabat yang berwenang.

Dari beberapa pengertian di atas maka dapat Trigonal Media simpulkan bahwa:

organisasi adalah sebuah sistem kerja sama yang dilakukan oleh sekelompok manusia untuk mencapai tujuan yang sama tetapi dengan peran dan tanggung jawab yang berbeda dari tiap anggotanya.

Maka dapat pula kita simpulkan bahwa pengertian organisasi internasional adalah

sistem kerja sama yang dilakukan oleh sekelompok manusia untuk mencapai tujuan tertentu dengan ruang lingkup dunia atau antar bangsa.

Unsur-unsur Organisasi

Berikut ini adalah unsur-unsur organisasi:

1. Anggota

Anggota dalam sebuah organisasi adalah manusia. Sekelompok manusia merupakan bagian paling penting dari sebuah organisasi.

2. Tempat

Organisasi harus memiliki tempat atau ruang lingkup di mana organisasi tersebut akan berjalan. Contoh, organisasi kelas maka hanya memiliki ruang lingkup kelas, dan organisasi nasional maka memiliki ruang lingkup bertaraf nasional saja.

3. Tujuan

Awal pembentukan organisasi adalah untuk mencapai tujuan tertentu. Tanpa tujuan yang jelas dan sama dari semua anggota dan jajaran pimpinannya, maka organisasi tersebut tidak akan berjalan dengan baik.

4. Tugas

Unsur tugas pada organisasi memegang peranan yang sangat penting, karena tanpa pembagian tugas yang tepat bagi para anggota dan pimpinannya, kemungkinan besar organisasi tersebut tidak akan berhasil mencapai tujuannya.

5. Struktur organisasi

Pengertian struktur organisasi adalah susunan hubungan kerja antar bagian dalam sebuah organisasi, sehingga tidak terjadi tumpang tindih tugas maupun tanggung jawab antara bagian yang satu dengan yang lainnya.

Manfaat organisasi

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari berorganisasi, yaitu:

  1. Sarana untuk menyampaikan pendapat
  2. Tempat untuk mengembangkan bakat
  3. Mempererat tali persaudaraan
  4. Mewujudkan kepentingan dan kesejahteraan bersama

Aturan Umum Organisasi

Supaya sebuah organisasi bisa mencapai tujuannya, maka harus mengikuti aturan-aturan sebagai berikut, di antaranya:

  • Organisasi harus memiliki tujuan yang jelas
    Pembentukan organisasi harus memiliki tujuan yang jelas, sehingga jalannya organisasi tersebut bisa terarah dan terencana.
  • Pembagian kerja yang jelas
    Pembagian kerja antara para pengurusnya haruslah jelas, sehingga tidak terjadi tumpang tindih tugas dan tanggung jawab. Jangan sampai seorang sekretaris merangkap menjadi bendahara, karena beban kerjanya terlampau berat.
  • Pembagian tanggung jawab harus sesuai dengan kemampuan
    Seorang pengurus harus diberikan tanggung jawab yang sesuai dengan kemampuannya. Misalnya, seseorang yang tidak memiliki kemampuan untuk mengatur keuangan jangan sampai dipilih menjadi bendahara.
  • Kerja sama yang baik antara para pengurus
    Para pengurus sebuah organisasi harus bisa bekerja sama antara yang satu dengan yang lain, supaya tujuan organisasi bisa tercapai dengan baik.

Artikel ini dibuat hanya untuk informasi semata. Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang pembahasan ini, silakan baca buku atau sumber informasi yang ada di bagian referensi. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel:
1. Wikipedia. Organisasi. Diakses pada tanggal: 16/08/2016
2. Handoko. Definisi dan Pengertian Organisasi. Diakses pada tanggal: 16/08/2016 
Gambar: 
Dokumen pribadi