--> Skip to main content
Trigonal Translator: Penerjemah Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia dan Bahasa Sunda

Pengertian Ekonomi

Pengertian ekonomi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi III adalah ilmu mengenai asas-asas produksi, distribusi, dan pemakaian barang-barang serta kekayaan (seperti hal keuangan, perindustrian, dan perdagangan). Berikut ini adalah beberapa pengertian ekonomi menurut para ahli.

Pengertian Ekonomi

1. Xenophone

Ekonomi berasal dari kata Yunani oikonomia yang diperkenalkan oleh Xenophone (440-355 SM), berasal dari kata oikos yang berarti rumah tangga dan nomos yang berarti aturan.

Maka Xenophone menyimpulkan bahwa:

ekonomi adalah kegiatan mengatur pembagian kerja dan untung rugi dalam pengelolaan rumah tangga.

2. Rosyidi

Rosyidi (2009: 7) menjelaskan bahwa:

ekonomi adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang berdaya upaya untuk memberikan pengetahuan dan pengertian tentang gejala-gejala masyarakat yang timbul karena perbuatan manusia dalam usahanya untuk memenuhi kebutuhannya atau untuk mencapai kemakmuran.

3. Silk

Silk dalam Rosyidi (2009: 27) memaparkan bahwa,

ekonomi adalah suatu studi tentang kekayaan (wealth) dan merupakan suatu bagian yang penting daripada studi tentang manusia. Hal ini disebabkan karena sifat manusia yang telah dibentuk oleh kerjanya sehari-hari, serta sumber-sumber material yang mereka dapatkan.

4. Wikipedia

Dalam situs Wikipedia 1, dijelaskan bahwa:

Ekonomi merupakan salah satu ilmu sosial yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi, dan konsumsi terhadap barang dan jasa.

 

Selain pendapat di atas, di bawah ini adalah beberapa penjelasan lain mengenai definisi ekonomi yang Trigonal Media sarikan dari berbagai sumber:

  • Adam Smith
    Ekonomi adalah penyelidikan tentang keadaan dan sebab adanya kekayaan negara.
  • Mill J. S.
    Ekonomi adalah sains praktikal tentang pengeluaran dan penagihan.
  • Hermawan Kartajaya
    Ekonomi ialah platform tempat sektor industri melekat di atasnya.
  • Paul Anthony Samuelson
    Ekonomi merupakan cara-cara yang dilakukan oleh manusia dan kelompoknya untuk memanfaatkan sumber-sumber terbatas untuk memperoleh berbagai komoditi dan mendistribusikannya untuk dikonsumsi oleh masyarakat.
  • Abraham Maslow
    Ekonomi adalah salah satu bidang pengkajian yang mencoba menyelesaikan masalah keperluan asas kehidupan manusia melalui penggemblengan segala sumber ekonomi yang ada dengan berasaskan prinsip serta teori tertentu dalam suatu sistem ekonomi yang dianggap efektif dan efisien.
  • M. Manulang
    Ekonomi adalah suatu ilmu yang mempelajari masyarakat dalam usahanya untuk mencapai kemakmuran, yaitu keadaan ketika manusia dapat memenuhi kebutuhannya dari segi pemenuhan barang maupun jasa.
  • Jack Hirshleifer
    Ekonomi adalah studi mengenai keputusan untuk memilih dalam setiap tindakan yang akan mungkin diambil atau ilmu ekonomi mempelajari juga mengenai segala apa yang terjadi jika terdapat keputusan bermacam-macam pada orang yang berupaya saling mempengaruhi antara satu dengan yang lainnya.
  • Case dan Fair
    Ekonomi ialah adalah suatu studi mengenai bagaimana masyarakat dan individu itu mengambil pilihan dalam menggunakan segala sumber daya yang langka pada apa yang telah disediakan oleh alam dan generasi yang sudah ada sebelumnya.
  • Alfred Marshall
    Ekonomi merupakan suatu ilmu yang mempelajari tentang segala kehidupan manusia dalam sehari-hari.
  • Von Neumann dan Mogenstern
    Ekonomi ialah adalah suatu disiplin ilmu yang sayang sekali jika tidak diperlakukan secara tidak ilmiah karena seluruh tokohnya telah sibuk mengurusi berbagai solusi agar dapat menghadapi segala masalah yang mendesak pada zaman itu.
  • Lipsey
    Ekonomi ialah adalah suatu studi mengenai pemanfaatan segala sumber daya yang langka dalam memenuhi setiap kebutuhan manusia yang tidak pernah ujungnya atau tidak terbatas.
  • Aristoteles
    Ekonomi adalah suatu cabang yang bisa digunakan dengan dua jalan yaitu mungkin dapat dipakai dan mungkin untuk ditukar dengan barang, jadi ekonomi memiliki nilai pertukaran dan nilai pemakaian.
  • Khursid Ahmad
    Ekonomi ialah suatu usaha mensistematiskan dan memahami segala permasalahan ekonomi dan segala perilaku manusia dengan permasalahan tersebut berdasarkan sudut pandang islam.
  • M. Akram Khan
    Ekonomi ialah suatu ilmu yang memiliki tujuan dalam mempelajari mengenai kesejahteraan manusia yang dicapai dengan mengorganisir segala sumber daya yang ada di bumi atas partisipasi dan kerja sama.
  • Amwal
    Ekonomi adalah suatu cabang ilmu yang mempelajari mengenai bagaimana menetapkan keputusan yang efektif untuk mengelola segala sumber daya yang ada dalam rangka melakukan pemenuhan kebutuhan pada masyarakat atau individu.
  • J. L. Mey Junior
    Beliau berpendapat bahwa pengertian ekonomi sama saja dengan ilmu ekonomi, sehingga pengertian ekonomi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari usaha manusia, usaha dalam hal ini yaitu ke arah kemakmuran.
  • J. M. Keynes
    Ekonomi adalah teknik berpikir untuk mempertimbangkan biaya dan keuntungan.
  • J. Van Zwijndregt
    Ekonomi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari usaha-usaha manusia untuk mencapai kemakmuran.

 

Dari berbagai pendapat di atas, maka Trigonal Media menyimpulkan bahwa:

Ekonomi adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan sosial yang mempelajari kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan hidupnya yang berkaitan dengan barang dan jasa.

Artikel ini dibuat hanya untuk informasi semata. Jika Anda merasa terbantu oleh artikel ini, mohon keikhlasannya untuk mendoakan supaya kebaikan selalu menyertai Trigonal Media sekeluarga. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel:
1. Wikipedia. Ekonomi. Diakses pada tanggal: 14/10/2016
2. Berbagai sumber 
Gambar:
Pelaminan Hijau Ungu Putih