Selamat datang di Trigonal Media

Trigonal Translator: Penerjemah Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia

Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

Pengertian komputer menurut KBBI adalah alat elektronik otomatis yang dapat menghitung atau mengolah data secara cermat menurut yang diinstruksikan, dan memberikan hasil pengolahan, serta dapat menjalankan sistem multimedia (film, musik, televisi, faksimile, dan sebagainya), biasanya terdiri atas unit pemasukan, unit pengeluaran, unit penyimpanan, serta unit pengontrolan. Di bawah ini adalah beberapa pengertian komputer menurut para ahli yang Trigonal Media kutip dari berbagai sumber.

pengertian komputer menurut para ahli

1. Wikipedia

Menurut Wikipedia 1, komputer adalah

alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan.

Kata computer pada awalnya dipergunakan untuk menggambarkan orang yang pekerjaannya melakukan perhitungan aritmetika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmetika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.

2. Edi Nur

Menurut pendapat Edi Nur 2, komputer adalah:

serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti.

3. Pabti UM

Dalam situsnya, Pabti Universitas Negeri Malang 3 menjelaskan:

komputer adalah sebuah alat elektronik yang dapat menerima input data, mengolah data, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer (stored program), menyimpan program dan hasil pengolahan, serta dapat bekerja secara otomatis.

 

Selain pendapat para ahli di atas, terdapat pula beberapa penjelasan lain berikut ini:

  • Robert H. Blissmer (An Introduction to Information Systems, John Wiley & Sons, 1985)
    Komputer adalah suatu alat elektronika yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input tadi sesuai dengan programnya, menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan, dan menyediakan output dalam bentuk informasi.
  • Donald H. Sanders
    Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output di bawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi-instruksi program yang tersimpan di memori.
  • V. C. Hamacher, Z.G.Vranesic, dan S.G.Zaky (Computer Organization, McGraw-Hill, 2001)
    Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dapat menerima informasi input digital, memprosesnya sesuai dengan suatu program yang tersimpan di memorinya dan menghasilkan output informasi.
  • William M. Fuori (Introduction to the Computer: The Tool of Business, Prentice Hall, 1981)
    Komputer adalah suatu pemroses data (data processor) yang dapat melakukan perhitungan yang besar dan cepat, termasuk perhitungan aritmetika yang besar atau operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia mengoperasikan selama pemrosesan.
  • Oxford Advance Leraner’s Dictionary (Oxford University Press, 2010)
    Komputer adalah mesin elektronik yang dapat menyimpan, mengatur dan menemukan informasi, melakukan perhitungan, serta mengendalikan mesin lain.
  • Macmillan English Dictionary for Advanced Learners (Macmillan Publishers Limited, 2007)
    Komputer merupakan sebuah mesin yang menyimpan program dan informasi dalam bentuk elektronik dan bisa digunakan untuk berbagai macam kebutuhan, seperti menulis, menghitung, dan berkomunikasi melalui jaringan internet.

 

Dari beberapa definisi komputer di atas, maka Bang Fuji menyimpulkan bahwa:

komputer adalah sebuah mesin yang bisa diprogram sehingga dapat membuat, menyimpan, mengatur, dan memproses informasi yang diberikan.

Artikel ini dibuat hanya untuk informasi semata. Jika Anda merasa terbantu oleh artikel ini, mohon keikhlasannya untuk mendoakan supaya kebaikan selalu menyertai Bang Fuji sekeluarga. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel:
1. Wikipedia. Komputer. Diakses pada tanggal: 13/10/2016
2. Edi Nur. Mengenal Dunia Komputer. Diakses pada tanggal: 13/10/2016
3. Pabti UM. Pengertian Komputer, Apa Itu Komputer?. Diakses pada tanggal: 13/10/2016
Gambar:
Bakakak Hayam

Perhatian:
1. Silakan gunakan akun Facebook jika ingin berkomentar.
2. Isi komentar adalah tanggung jawab dari penulis komentar.
3. Komentar tidak pantas akan dihapus tanpa pemberitahuan.
4. Punya pertanyaan pribadi? Kontak kami di Hubungi Kami.
5. Info mengenai privasi Anda, baca Kebijakan Privasi dan Cookie.