Selamat datang di Trigonal Media

Trigonal Translator: Penerjemah Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia

Sawar Prazigotik (Prezygotic Barrier)

Sawar prazigotik adalah suatu penghalang terjadinya perkawinan antar spesies yang berkerabat dekat atau suatu perintang terjadinya pembuahan telur jika spesies yang berkerabat dekat berusaha untuk saling mengawini.

Sawar Prazigotik (Prezygotic Barrier)

Terdapat beberapa jenis sawar atau penghalang prazigotik yaitu sebagai berikut:

1. Isolasi habitat

Isolasi habitat adalah suatu penghalang terjadinya perkawinan antar spesies karena perbedaan habitat, walaupun terdapat pada wilayah yang sama.

Dua spesies yang memiliki kekerabatan yang dekat tetapi memiliki habitat yang berbeda, misalnya di darat dan air, maka kemungkinan kedua spesies tersebut untuk kawin akan sangat kecil.

2. Isolasi perilaku

Isolasi perilaku adalah suatu rintangan perkawinan antar spesies yang disebabkan oleh perbedaan perilaku walaupun secara fisik kedua spesies tersebut sangat mirip.

Dua spesies yang berbeda biasanya memiliki perilaku khas untuk dapat mengenali spesiesnya masing-masing, seperti ritual bercumbu dan suara kicauan. Oleh karena itulah, akan sangat kecil kemungkinan spesies tersebut tertarik dengan spesies lain.

3. Isolasi temporal

Isolasi temporal adalah penghalang perkawinan antar spesies karena perbedaan waktu perkawinan.

Spesies yang walaupun berkerabat dekat tetapi memiliki waktu kawin yang berbeda tidak akan bisa untuk kawin. Isolasi jenis ini biasanya terjadi pada bunga.

4. Isolasi mekanis

Isolasi mekanis adalah rintangan perkawinan antar spesies karena perbedaan bentuk anatomi.

Bentuk anatomi yang berbeda jelas akan sangat menyulitkan bagi spesies untuk melangsungkan perkawinan.

5. Isolasi gametik

Isolasi gametik adalah penghalang gamet-gamet dari spesies yang berbeda untuk membentuk zigot karena adanya molekul spesifik pada lapisan telur, yang hanya menempel pada molekul yang cocok pada sel sperma spesies yang sama.

 

Itulah penjelasan mengenai sawar prazigotik yang berhasil Bang Fuji rangkumkan. Jika Anda memiliki saran, koreksi, pertanyaan, atau tambahan, jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar. Terima kasih.

Artikel ini dibuat hanya untuk informasi semata. Jika Anda merasa terbantu oleh artikel ini, mohon keikhlasannya untuk mendoakan supaya Tuhan selalu melimpahkan kebaikan kepada Bang Fuji sekeluarga. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel: 
Berbagai sumber 
Gambar:
Rusa Sedang Makan Rumput

Perhatian:
1. Silakan gunakan akun Facebook jika ingin berkomentar.
2. Isi komentar adalah tanggung jawab dari penulis komentar.
3. Komentar tidak pantas akan dihapus tanpa pemberitahuan.
4. Punya pertanyaan pribadi? Kontak kami di Hubungi Kami.
5. Info mengenai privasi Anda, baca Kebijakan Privasi dan Cookie.