Selamat datang di Trigonal Media

Trigonal Translator: Penerjemah Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia

Cara Non Ilmiah Menentukan Kebenaran

Sebagai makhluk yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, manusia selalu mencari kebenaran akan suatu hal, baik itu melalui cara ilmiah maupun cara non ilmiah. Berikut ini adalah beberapa cara non ilmiah untuk menentukan kebenaran yang dilakukan oleh manusia.

Cara Non Ilmiah Menentukan Kebenaran

1. Akal sehat

Menurut Conaut, akal sehat adalah serangkaian konsep dan bagan konsep yang memuaskan untuk penggunaan praktis bagi kemanusiaan.

Proses menentukan kebenaran dengan menggunakan akal sehat ini, biasanya digunakan oleh masyarakat awam.

2. Prasangka

Proses menentukan kebenaran dengan akal sehat sangat terpengaruh oleh emosi dan kepentingan orang yang melakukannya, oleh karena itulah akal sehat dapat dengan mudah berubah menjadi prasangka.

3. Intuisi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, intuisi adalah daya atau kemampuan mengetahui atau memahami sesuatu tanpa dipikirkan atau dipelajari; bisikan hati; gerak hati.

Cara menentukan kebenaran dengan cara intuisi ini dilakukan dengan cara mengikuti “kata hati” tanpa melalui proses pemikiran atau penelaahan terlebih dahulu.

4. Penemuan kebetulan atau coba-coba

Penentuan kebenaran dengan cara ini biasanya tanpa melakukan perencanaan yang matang terlebih dahulu, terkadang juga dilakukan dengan spontan.

5. Pendapat otoritas ilmiah

Orang yang sudah memiliki pendidikan yang sangat tinggi atau memiliki pengetahuan yang mumpuni dalam bidang tertentu, ketika dia mengeluarkan pendapat biasanya akan diterima dengan tanpa melalui proses pembuktian walaupun terkadang pernyataan mereka bisa saja salah.

 

Itulah penjelasan mengenai cara non ilmiah manusia untuk menemukan kebenaran yang berhasil Bang Fuji rangkumkan. Jika Anda memiliki saran, koreksi, pertanyaan, atau tambahan, jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar. Terima kasih.

Artikel ini dibuat hanya untuk informasi semata. Jika Anda merasa terbantu oleh artikel ini, mohon keikhlasannya untuk mendoakan supaya Tuhan selalu melimpahkan kebaikan kepada Bang Fuji sekeluarga. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel: 
Berbagai sumber 
Gambar:
Buah Manggis berserakan di tanah

Perhatian:
1. Silakan gunakan akun Facebook jika ingin berkomentar.
2. Isi komentar adalah tanggung jawab dari penulis komentar.
3. Komentar tidak pantas akan dihapus tanpa pemberitahuan.
4. Punya pertanyaan pribadi? Kontak kami di Hubungi Kami.
5. Info mengenai privasi Anda, baca Kebijakan Privasi dan Cookie.