Selamat datang di Trigonal Media

Trigonal Translator: Penerjemah Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia

Pengertian Seni Menurut Para Ahli

Pengertian seni menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah karya yang diciptakan dengan keahlian yang luar biasa, seperti tari, lukisan, dan ukiran. Untuk lebih jelasnya, silakan simak beberapa definisi seni lainnya berikut ini.

Pengertian Seni Menurut Para Ahli

1. Soedarso

Menurut Soedarso (1988: 16-17) bahwa:

kata seni berasal dari bahasa Sanskerta sani yang berarti pemujaan, pelayanan, donasi, permintaan atau mata pencaharian dengan hormat dan jujur.

2. Pekerti dkk.

Pekerti dkk. (2006: 18) menjelaskan pengertian seni dalam arti sempit, yaitu:

seni adalah kegiatan manusia dalam mengekspresikan pengalaman hidup dan kesadaran artistiknya yang melibatkan kemampuan intuisi, kepekaan indrawi dan rasa, kemampuan intelektual, kreativitas serta keterampilan teknik untuk menciptakan karya yang memiliki fungsi personal atau sosial dengan menggunakan berbagai media.

3. Aristoteles

Pengertian seni menurut aristoteles yaitu:

bentuk yang pengungkapannya serta penampilannya tak pernah menyimpang dari fakta serta seni itu yaitu mencontoh alam.

4. Sudarmaji

Sudarmaji menjelaskan bahwa:

seni adalah semua manifestasi batin serta pengalaman estetis dengan memakai media bagian, garis, warna, struktur, volume, serta gelap jelas.

5. Alexander Baum Garton

Garton berpendapat bahwa:

seni ialah keindahan dan arah yang positif yang menjadikan pencinta terasa dalam kebahagiaan.

6. Ki Hajar Dewantara

Ki Hajar Dewantara mengemukakan bahwa:

seni adalah hasil keindahan jadi sanggup menggerakkan perasaan indah orang yang menyaksikannya, oleh lantaran itu perbuatan manusia yang sanggup memengaruhi sanggup mengundang perasaan indah itu seni.

7. Immanuel Kant

Menurut Immanuel Kant,

seni memiliki arti sebagai suatu yang di cita-citakan lantaran rumus-rumus tak sanggup mengikhtiarkan fakta.

8. Hilary Bel

Hilary Bel menjelaskan bahwa:

seni ialah arti yang difungsikan untuk segala karya yang sanggup menggugah hati dalam proses mencari tahu siapa penciptanya.

9. Leo Tolstoy

Pengertian seni menurut Leo Tolstoy yaitu

ungkapan perasaan pencipta karya seni yang diungkapkan terhadap orang lain sehingga mereka sanggup merasakan apa yang dirasakan pencipta karya seni.

10. James Murko

Menurut James Murko,

seni yaitu penjelasan rasa indah yang terdapat dalam jiwa tiap-tiap manusia, dilahirkan dengan perantaraan alat komunikasi dalam bentuk yang sanggup di kira oleh indra pendengar (seni nada), pandangan (seni lukis), atau dilahirkan dengan perantaraan gerak (seni tari, drama).

11. Ira Adriati, M. Sn.

Ira Adriati, M. Sn. memaparkan pandangannya bahwa

seni adalah sistem serta produk dari menentukan medium, serta satu set aturan buat penggunaan medium itu, serta satu set nilai-nilai yang memastikan apa yang layak dengan ekspresi melalui medium itu, buat memberikan baik keyakinan, inspirasi, sensasi atau perasaan lewat langkah seefektif barangkali buat medium itu.

12. Eric Ariyanto

Eric Aryanto berpendapat bahwa

seni adalah kesibukan rohani atau kegiatan batin yang direfleksikan berbentuk karya yang sanggup menghidupkan perasaan orang lain yang memandang atau mendengarkannya.

13. Drs. Popo Iskandar

Drs. Popo Iskandar menjelaskan bahwa

seni ialah hasil ungkapan emosi yang ingin diungkapkan terhadap orang lain dalam kesadaran hidup bermasyarakat/berkelompok.

 

Itulah penjelasan mengenai pengertian seni menurut para ahli yang berhasil Bang Fuji rangkumkan. Jika Anda memiliki saran, koreksi, pertanyaan, atau tambahan, jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar. Terima kasih.

Artikel ini dibuat hanya untuk informasi semata. Jika Anda merasa terbantu oleh artikel ini, mohon keikhlasannya untuk mendoakan supaya Tuhan selalu melimpahkan kebaikan kepada Bang Fuji sekeluarga. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel: 
Berbagai sumber 
Gambar:
pixabay.com

Perhatian:
1. Silakan gunakan akun Facebook jika ingin berkomentar.
2. Isi komentar adalah tanggung jawab dari penulis komentar.
3. Komentar tidak pantas akan dihapus tanpa pemberitahuan.
4. Punya pertanyaan pribadi? Kontak kami di Hubungi Kami.
5. Info mengenai privasi Anda, baca Kebijakan Privasi dan Cookie.