5 Hal Penting Agar Bayi Tidur Nyenyak

5 Hal Penting Agar Bayi Tidur Nyenyak

Bayi yang tidur nyenyak, selain bagus untuk perkembangan fisik dan emosinya, juga sangat penting bagi kualitas hidup orang tua. Bayi yang tidak dapat tidur nyenyak akan menguras fisik dan emosi orang tua, yang tentu saja bisa berakibat tidak baik. Supaya bayi tidak rewel dan dapat tidur nyenyak, maka harus memperhatikan beberapa hal berikut ini:

5 Hal Penting Agar Bayi Tidur Nyenyak
5 Hal Penting Agar Bayi Tidur Nyenyak

1. Berikan makan dan minum yang cukup

Banyak bayi sulit tidur atau sering terbangun dari tidurnya karena merasa belum kenyang. Karena itu, penuhi kebutuhan makan dan minum bayi sebelum tidur. Jika kebutuhan fisiknya dipenuhi, si kecil tidak lagi sering terbangun di tengah malam. Yang perlu diperhatikan, ditinjau dari kesehatan gigi, kebiasaan memberikan susu di malam hari sebaiknya dihentikan setelah gigi bayi muncul. Sebagai gantinya, berikan air putih jika ia memang haus atau tenangkan bayi agar tidur kembali.

2. Pilih baju yang nyaman

Pakaikan baju tidur yang nyaman pada bayi Anda. Berikut ini adalah tips memilih baju yang nyaman untuk bayi:

  • Sesuaikan ukurannya dengan tubuh bayi
    Jangan pakaikan baju yang terlalu besar tapi juga jangan terlalu kecil.
  • Pilih yang bahannya lembut
    Baju tidur yang nyaman membantu bayi terlelap semalaman. Bahan katun sangat cocok untuk bayi.

3. Bersihkan tubuh

Tubuh lengket karena keringat dan kotor sehabis makan dan bermain gampang membuat kulit bayi gatal-gatal yang mengganggu tidurnya. Sebaiknya, seka tubuh bayi dengan waslap basah sebelum tidur. Kalau perlu sapukan bedak ke lipatan kulitnya dan oleskan minyak telon di perut dan punggungnya. Cara itu bisa membuat bayi nyaman dan cepat tertidur.

4. Atur suasana kamar dan lingkungan

Atur suasana kamar sehingga nyaman untuk tidur. Ini meliputi tata cahaya, ventilasi, tata warna, suhu, dan juga keadaan kamar.

Silakan perhatikan tips mengatur suasana kamar berikut ini:

  • Jika bayi sering gelisah dan terbangun dari tidur, ganjal sisi tubuhnya dengan bantal kecil atau buntalan selimut (bisa juga handuk lembut) sehingga bayi merasa ada yang menjaganya.
  • Hindari suara bising yang membuatnya mudah terjaga.
  • Jangan gunakan pewangi ruangan dan obat pengusir nyamuk yang bisa membuatnya sesak. Pakailah kelambu yang bisa melindungi bayi dari serangan nyamuk.

5. Ajarkan buang air sebelum tidur

Celana basah dan kotor bisa mengganggu tidur bayi. Karena itu, usahakan agar bayi buang air besar (BAB) atau buang air kecil (BAK) sebelum tidur. Memang, ini tidak menjamin bayi tidak BAB dan BAK di waktu malam, karena sering tidaknya bayi buang air dipengaruhi asupan minuman dan makanan, juga beragam faktor lain. Tapi setidaknya, bayi terbiasa mengatur jam biologisnya, termasuk untuk BAB dan BAK. Jangan biasakan memberikan susu jika ia bangun malam. Kebutuhan nutrisi bayi 6 bulan ke atas sebaiknya dipenuhi pada pagi hingga 1-2 jam sebelum tidur malam saja.

Sebenarnya Anda juga bisa menggunakan popok sekali pakai untuk menjaga bayi tetap kering di malam hari. Pakaikan jika menurut Anda perlu, tetapi jangan jadi kebiasaan karena ada saatnya kelak anak Anda harus belajar untuk tidak bergantung pada popok.

 

Artikel ini dibuat hanya untuk informasi semata. Mohon konsultasikan dengan tenaga medis atau ahli sebelum menggunakan tips dari artikel ini. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang timbul akibat dari pemakaian informasi ini. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel: 
Berbagai sumber 
Gambar:
Gio Shidqi Al Ghifari (Dokumen pribadi)

dimuat...
Admin
Ordinary boy (not yet a man), happy husband, and proud dad. Sering nongkrong di blog pribadinya: Blog Bang Fuji

Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool


Cara mengubah gaya teks di Disqus Blogger Paling Aktif
  • Untuk menulis huruf bold, silakan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic, silakan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline, silakan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought, silakan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML, silakan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>.
    Atau silakan gunakan parse tool di bawah ini.
Buka Parse Tool Tutup Parse Tool



strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed