9 Jenis Artikel Terbaik untuk Meningkatkan Pengunjung Blog

9 Jenis Artikel Terbaik untuk Meningkatkan Pengunjung Blog

Bagi kita para blogger, salah satu hal yang paling diinginkan adalah pengunjung blog yang banyak. Artikel yang menarik, selain meningkatkan pengunjung blog juga dapat membuat mereka menjadi pembaca setia blog kita. Berikut ini Trigonal Media berikan 8 tipe artikel yang akan membuat blog kita dikunjungi banyak orang.

9 Jenis Artikel Terbaik untuk Meningkatkan Pengunjung Blog

1. Artikel referensi

Artikel referensi adalah sebuah artikel yang membahas sesuatu hal dengan jelas dan terperinci. Artikel jenis ini juga bisa menjadi referensi yang tepercaya bagi pembacanya.

Menurut saya, artikel referensi merupakan jenis artikel yang paling bagus, karena tidak lekang oleh waktu.

Salah satu contoh dari artikel referensi adalah pengertian footnote atau pengertian berbicara.

Kedua artikel tersebut menyajikan pengertian yang bersumber dari para ahli, disertai dengan penjelasan dan contohnya. Sehingga, dua artikel tersebut memiliki kompetensi untuk dijadikan sebuah referensi atau rujukan karya tulis.

2. Artikel wawancara

Artikel wawancara adalah sebuah artikel yang berisi kutipan wawancara dengan narasumber yang memiliki kompetensi tertentu. Narasumber yang dimaksud di sini tidak perlu orang terkenal, tetapi lebih menekankan kepada seseorang yang memiliki pengetahuan tentang apa yang ingin kita bahas.

Jadi, siapa pun yang diwawancara, asalkan dia memiliki pengetahuan dan dapat memberikan "sesuatu" kepada pembaca blog kita, maka dia pantas menjadi narasumber. Untuk lebih menarik pembaca, pilih narasumber yang tidak umum.

Contoh judul:

Inilah pendapat guru honorer mengenai tuntutan kenaikan gaji buruh

3. Artikel kumpulan pendapat ahli

Pendapat beberapa pakar atau ahli yang dikumpulkan ke dalam sebuah artikel, selain menghasilkan artikel yang berkualitas juga akan mengundang pengunjung yang banyak.

Tetapi jangan asal comot, maksudnya, pilihlah ahli yang benar-benar berkualitas sehingga artikel kita tidak tampak murahan.

Usahakan juga para ahli tersebut memiliki akun media sosial, seperti Facebook atau Twitter, kemudian kita bagikan ke akun mereka dengan tujuan supaya mereka me-retweet atau membagikan ulang artikel kita.

Contoh judul:

Pengertian biaya menurut para ahli

4. Artikel jawaban dari pertanyaan pembaca

Jenis artikel ini bersumber dari pertanyaan yang diajukan oleh para pembaca blog kita. Ini adalah salah satu artikel yang saya sendiri harus lebih sering membuatnya.

Jika ada pertanyaan dari pembaca blog kita yang membutuhkan jawaban yang cukup panjang, maka tidak ada salahnya kita membuat artikel khusus untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Hal ini akan membuat para pembaca blog kita merasa diakui keberadaannya dan membuat mereka semakin mempercayai kita.

Contoh judul:

Banyak pembaca blog ini menanyakan pekerjaan online yang mirip dengan Appen, maka kemudian saya membuat sebuah artikel yang berjudul: Lionbridge, Kerja Online di Bidang Teknologi

5. Artikel studi kasus

Jenis artikel ini sangat bagus untuk meningkatkan kredibilitas blog kita. Karena di sini, kita bisa membuktikan apakah sebuah teori, jasa, atau produk benar-benar berhasil atau tidak.

Tema yang paling populer dari artikel studi kasus ini adalah tema internet marketing.

Contoh judul:

Seorang blogger membuat sebuah studi kasus, apakah benar sebuah blog yang memiliki minimal 1000 artikel bisa menghasilkan 100 Dollar Amerika dalam sebulan. Maka kemudian ia membuat studi kasus yang berjudul "Studi Kasus: Mengejar 100 Dollar dengan 1000 Artikel"

6. Artikel cerita sukses

Jenis artikel ini menceritakan sebuah cerita kesuksesan seseorang dan mendorong pembaca untuk mengikuti jejak keberhasilan tersebut.

Selain menjadi sumber motivasi yang baik, artikel cerita sukses ini bisa juga menjadi sebuah pembuktian bahwa kesuksesan itu tidaklah semu. Mulailah dari latar belakang, proses perjuangan, kemudian klimaks pada kesuksesan orang yang ingin kita ceritakan.

Ingat! Jangan terlalu tonjolkan kesuksesannya, itu tidak mendidik. Tetapi, fokuskan pada tahap membangun kesuksesan, akan lebih baik lagi jika dilengkapi dengan cara, tips, dan trik apa saja yang dipakai untuk mencapai kesuksesan tersebut.

Contoh judul:

Perjalanan hidup Marilyn Monroe

7. Artikel "angka"

Artikel angka di sini bukan menjelaskan tentang angka-angka, tetapi sebuah artikel yang menyajikan daftar sesuatu yang menarik.

Contoh:

10 Maskapai Penerbangan Terbaik di Dunia

101 cara menyatakan cinta yang anti mainstream

Intinya, jenis artikel ini mengumpulkan beberapa hal ke dalam suatu artikel.

Tapi ingat, jika memberikan daftar fakta (seperti 10 Maskapai Penerbangan Terbaik di Dunia), maka harus disertai dengan sumber yang bisa dipertanggung jawabkan. Jangan asal, karena bisa menipu pembaca dan pada akhirnya menurunkan kredibilitas blog kita.

8. Artikel "cara"

Menurut saya, artikel cara adalah salah satu jenis artikel yang paling populer dan mudah dibuat. Artikel cara adalah jenis artikel yang memberikan penjelasan tentang cara membuat/melakukan sesuatu.

Contoh judul:

Cara Menghasilkan Uang dari Blog

Cara mudah membuat jus jeruk segar

Cara memasak daging yang baik untuk kesehatan

9. Artikel yang sedang Tren

Tadinya, artikel ini tidak ingin saya masukkan, karena bagi blog baru yang mengandalkan mesin pencari, tipe artikel seperti ini tidak akan terlalu berpengaruh pada penambahan pengunjung. Akan tetapi, jika menggunakan teknik dibagikan di media sosial, maka kemungkinan besar bisa booming.

Artikel yang sedang tren ini akan sangat efektif jika berita yang disampaikan masih "panas", banyak orang yang ingin mendapatkan informasinya, dan kita adalah orang pertama yang menyampaikannya.

 

Artikel ini dibuat hanya untuk informasi semata. Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang pembahasan ini, silakan baca buku atau sumber informasi yang ada di bagian referensi. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel:
Onibalusi Bamidele. 10 Types of Blog Posts That Will Help Your Traffic Shoot Through the Roof. Diakses pada tanggal: 22/11/2015
Gambar:
Dokumen pribadi

dimuat...
Admin
Ordinary boy (not yet a man), happy husband, and proud dad. Sering nongkrong di blog pribadinya: Blog Bang Fuji

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
Cara mengubah gaya teks di Disqus Blogger Paling Aktif
  • Untuk menulis huruf bold, silakan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic, silakan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline, silakan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought, silakan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML, silakan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>.
    Atau silakan gunakan parse tool di bawah ini.
Buka Parse Tool Tutup Parse Tool



strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool