--> Skip to main content
Trigonal Translator: Penerjemah Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia dan Bahasa Sunda

Cara menjaga kesehatan ginjal

Cara menjaga kesehatan ginjal tentu sangat penting untuk diketahui, karena ginjal sangat penting bagi kesehatan manusia. Simak ulasan Trigonal Media berikut ini.

Ginjal

Mengapa penyakit ginjal dianggap sangat mengerikan? Mungkin karena penyakit ini tidak dapat disembuhkan, kecuali mungkin dengan cangkok ginjal walaupun presentasi keberhasilannya tidak terlalu tinggi. Jadi jika Anda menderita diabetes, tekanan darah tinggi, memiliki riwayat dalam keluarga, atau berusia di atas 60 tahun, diharapkan untuk lebih hati-hati karena risiko Anda terkena penyakit ginjal menjadi lebih tinggi. Memeriksakan fungsi ginjal ke rumah sakit merupakan tindakan pencegahan yang paling bijaksana.

Lalu bagaimana cara agar ginjal kita selalu sehat dan prima? Simak poin-poinnya di bawah ini:

  • Kontrol tekanan darah
    Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, upayakan agar tekanannya di bawah 130/80. Konsultasikan pada dokter apakah Anda memerlukan bantuan obat hipertensi.
  • Kontrol diabetes
    Jika Anda pengidap diabetes, jagalah agar kadar gula darah mendekati kadar normal.
  • Ubah pola makan
    Hal ini berarti Anda harus mengurangi asupan protein dan fosfor, menurunkan asupan sodium dan juga potasium.
  • Olahraga, turunkan berat badan
    Bila Anda kegemukan dan jarang bergerak, mulailah melakukan olahraga aerobik (jalan, jogging, berenang, bersepeda) secara teratur. Olahraga bisa membantu menurunkan tekanan darah, mengontrol diabetes dan menurunkan berat badan.
  • Berhenti merokok
    Penyakit jantung adalah komplikasi terbesar yang bisa dialami penderita penyakit ginjal yang masih merokok. Merokok juga menggandakan laju perburukan penyakit.
  • Perhatikan obat
    Sebagian obat bisa merusak ginjal, terutama obat dosis tinggi yang dikonsumsi dalam jangka panjang. Suplemen herbal juga bisa berbahaya. Jadi, berhati-hatilah memilih obat.
  • Utamakan selalu minum air putih
  • Konsumsi makanan rendah garam dan lemak
  • Rutin olahraga minimal 150 menit dalam seminggu

Itulah beberapa tips yang bisa kita terapkan untuk menjaga kesehatan ginjal. Jika Anda ingin menambahkan, silakan tuliskan di kolom komentar. Terima kasih.

 

Artikel ini dibuat hanya untuk informasi semata. Mohon konsultasikan dengan tenaga medis atau ahli sebelum menggunakan tips dari artikel ini. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang timbul akibat dari pemakaian informasi ini. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel:
1. Dian Maharani. Banyak Minum Bisa Memperparah Penyakit Ginjal. Diakses pada tanggal: 16/02/2015
2. Lusia Kus Anna. Jaga Kesehatan Ginjal dengan Cara Ini. Diakses pada tanggal: 16/02/2015
3. Pixabay. kidney-anatomy-human-man-organ-147499. Diakses pada tanggal: 16/02/2015