Gerakan Refleks Pada Bayi

Gerakan Refleks Pada Bayi

Bayi sering kali melakukan gerakan-gerakan spontan, gerakan tersebut disebut dengan gerakan refleks. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, refleks adalah gerakan otomatis dan tidak dirancang terhadap rangsangan dari luar yang diberikan suatu organ atau bagian tubuh yang terkena.

Gerakan Refleks Pada Bayi

Gerak refleks biasanya hilang pada usia satu bulan dan digantikan oleh gerak sukarela atau disengaja. Gerak refleks dan gerak sukarela sering disebut sebagai kemampuan motorik.

Menurut Seifert dan Hoffnung (1994) terdapat 12 (dua belas) gerak refleks yang dimiliki oleh anak baru lahir, yaitu sebagai berikut:

  • Pernafasan
    Perkembangannya bersifat permanen, meskipun sebagian menjadi tindakan sukarela. Refleks ini berfungsi untuk menghirup oksigen dan membuang karbon dioksida.
  • Menghisap
    Perkembangan refleks ini lambat laun semakin melemah dan kemudian akan menghilang pada usia 6 bulan. Refleks ini berfungsi untuk mengarahkan anak pada ASI atau botol susu.
  • Mencari
    Perkembangan refleks ini akan berubah menjadi gerakan disengaja. Refleks ini berfungsi untuk membantu anak untuk minum.
  • Menelan
    Perkembangan refleks ini akan berubah menjadi permanen, meskipun sebagian menjadi tindakan sukarela. Refleks ini berfungsi untuk membantu anak menelan dan mencegah tersedak.
  • Mengedip
    Perkembangan refleks ini akan berubah menjadi permanen, meskipun sebagian menjadi tindakan sukarela. Refleks ini berfungsi untuk memelihara mata dari benda asing dan cahaya terang.
  • Biji mata
    Perkembangan refleks ini akan menjadi permanen. Refleks ini berfungsi untuk memelihara dari cahaya terang dan memberikan penglihatan yang baik ketika cahaya redup.
  • Moro
    Perkembangan refleks ini akan semakin menghilang pada usia 6 bulan, terutama gerakan lengan dan telapak tangan tetapi reaksi terkejut berlangsung seumur hidup. Refleks ini berfungsi untuk menunjukkan perkembangan normal dari sistem syaraf.
  • Memegang
    Perkembangan refleks ini akan melemah pada usia 3 bulan, genggaman sukarela muncul pada usia 6 bulan, dan menghilang setelah 1 tahun. Refleks ini berfungsi untuk menunjukkan perkembangan normal dari sistem syaraf.
  • Penguatan leher
    Perkembangan refleks ini akan menghilang pada usia 2 tahun 3 bulan. Refleks ini berfungsi untuk menunjukkan perkembangan normal dari sistem syaraf.
  • Babinski
    Perkembangan refleks ini akan menghilang pada usia 8 sampai 12 bulan. Refleks ini berfungsi untuk menunjukkan perkembangan normal dari sistem syaraf.
  • Melangkah
    Perkembangan refleks ini menghilang pada usia 2 bulan, tetapi kemudian akan permanen dan diterapkan. Refleks ini berfungsi untuk menunjukkan perkembangan normal dari sistem syaraf.
  • Berenang
    Perkembangan refleks ini menghilang pada usia 4 bulan sampai 5 bulan. Refleks ini berfungsi untuk menunjukkan perkembangan normal dari sistem syaraf.

 

Itulah penjelasan mengenai gerak refleks bayi yang berhasil Bang Fuji rangkumkan. Jika Anda memiliki saran, koreksi, pertanyaan, atau tambahan, jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar. Terima kasih.

Artikel ini dibuat hanya untuk informasi semata. Mohon konsultasikan dengan tenaga ahli sebelum menggunakan informasi dari artikel ini. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang timbul akibat dari pemakaian informasi ini. Jika Anda merasa terbantu oleh artikel ini, mohon keikhlasannya untuk mendoakan supaya Tuhan selalu melimpahkan kebaikan kepada Bang Fuji sekeluarga. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel: 
Berbagai sumber 
Gambar:
Dokumen pribadi: Gio Shidqi Al Ghifari

dimuat...
Admin
Ordinary boy (not yet a man), happy husband, and proud dad. Sering nongkrong di blog pribadinya: Blog Bang Fuji

Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool


Cara mengubah gaya teks di Disqus Blogger Paling Aktif
  • Untuk menulis huruf bold, silakan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic, silakan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline, silakan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought, silakan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML, silakan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>.
    Atau silakan gunakan parse tool di bawah ini.
Buka Parse Tool Tutup Parse Tool



strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed