Marilyn Monroe

Marilyn Monroe

Marilyn Monroe adalah seorang aktris terkenal asal Amerika Serikat. Bagi Anda yang tidak pernah mendengar namanya, kemungkinan besar Anda telah melihat wajahnya. Marilyn Monroe adalah sosok aktris yang kepopulerannya tidak lekang oleh zaman, bahkan setelah kematiannya yang penuh misteri pada tahun 1962. Penasaran dengan sosok Marilyn Monroe yang fenomenal itu? Silakan ulasan Trigonal Media mengenai Marilyn Monroe berikut ini.

Marilyn_Monroe_1961

Biodata

Nama asli: Norma Jeane Mortenson

Nama panggung: Marilyn Monroe

Tempat dan Tanggal lahir: Los Angeles, 1 Juni 1926

Tempat dan Tanggal meninggal: Los Angeles, 5 Agustus 1962

Kewarganegaraan: Amerika Serikat

Pekerjaan: Aktris, penyanyi, model

 

Media Sosial

Facebook: MarilynMonroe

Twitter: @marilynmonroe

Pinterest: MarilynMonroe

Youtube: tidak ada yang resmi

Situs: marilynmonroe.com

 

Biografi Singkat

Marilyn Monroe dilahirkan pada tanggal 1 Juni 1962 di Los Angeles, Amerika Serikat dengan nama Norma Jeane Mortenson. Data ini diambil dari catatan kelahiran Monroe, tertulis bahwa sang ayah bernama Martin Edward Mortensen. Tetapi ibu Monroe, yaitu Gladys Pearl Baker, kemudian mengganti nama Monroe menjadi Norma Jeane Baker, dengan nama Baker diambil dari nama suami pertama sang ibu.

Kehidupan Monroe kecil jauh dari kata glamor. Sang ibu mengalami depresi mental yang mengharuskannya menjalani perawatan di rumah sakit jiwa dan Monroe harus tinggal di berpindah-pindah dari satu rumah kerabat ke kerabat lainnya. Beberapa laporan menyebutkan, bahwa selama tinggal dengan kerabatnya, Monroe banyak mendapatkan berbagai bentuk kekerasan. Sampai akhirnya pada usia 16 tahun, Monroe menikahi James Dougherty supaya bisa tinggal menetap. Pernikahan ini hanya berlangsung selama 2 tahun, Monroe mengajukan perceraian karena merasa kesepian harus ditinggalkan Dougherty berperang.

Karier Monroe di dunia hiburan dimulai pada saat dia dipilih menjadi model foto untuk majalah Yank, the Army Weekly. Dari situlah, Monroe mulai berani mendaftarkan diri ke agensi model dan film. Rambut asli Monroe yang berwarna cokelat kemudian dicat menjadi pirang karena permintaan agensi tempatnya bekerja.

Perjalanan karier Monroe semakin cemerlang, sampai akhirnya film Niagara menjadi awal kesuksesannya menjadi mega bintang. Sisi feminin Monroe begitu dominan, sehingga mendapatkan sambutan yang positif dari para kritikus.

Mungkin adegan Monroe yang paling terkenal adalah  dalam film The Seven Year Itch, ketika roknya sedikit terbang tertiup angin. Beberapa aktris Hollywood pernah menirunya. Bahkan di California, dibuat sebuah patung bernama Forever Marilyn karya John Seward Johnson II untuk mengenang adegan tersebut.

patung forever marilyn

Patung Forever Marilyn

Kesuksesan Monroe dalam karier, ternyata tidak begitu dengan kehidupan pribadinya. Selama hidup, Monroe menikah sebanyak 3 kali dan semuanya berakhir dengan perceraian, yaitu dengan James Dougherty (1942–1946), Joe DiMaggio (1954–1954), dan Arthur Miller (1956–1961).

Aura Monroe ternyata tidak memudar walaupun sudah lama meninggal, ini terbukti dengan masih larisnya barang-barang yang bertemakan Monroe. Sekarang, semua kegiatan bisnis yang mewakili Marilyn Monroe diatur oleh The Estate of Marilyn Monroe, oleh sebab itulah mengapa Monroe memiliki akun Facebook, Twitter, Pinterest, dan bahkan situs web pribadi.

Di balik senyumnya yang anggun, berlimpah harta, dan dikelilingi pemuja setia, sebenarnya Monroe mengalami depresi yang sangat berat. Ia merasa kesepian, merasa tidak dianggap sebagai manusia dan menderita. Itu semua terungkap dalam surat dan puisi yang dia buat. Semuanya dibeberkan dalam buku berjudul Fragments yang diterbitkan pada tahun 2010.

Sosok Marilyn Monroe memang penuh dengan kontroversi. Dalam buku yang berjudul Marilyn: Rainbow's End diungkapkan beberapa hal yang cukup mengejutkan, terlepas dari benar atau tidaknya berita tersebut. Buku itu dengan gamblang menyatakan bahwa Monroe pernah melakukan perselingkuhan dengan Kennedy bersaudara, John F. Kennedy ketika itu menjabat sebagai presiden Amerika Serikat dan Bobby Kennedy sebagai jaksa agung. Tidak kalah mencengangkan adalah tentang kematian Monroe, sang penulis membeberkan fakta bahwa ternyata Monroe tewas dibunuh oleh bos mafia, Sam Giancana karena tidak mau meracuni pemimpin Kuba, Fidel Castro.

Menurut dailymail.co.uk, sebenarnya pembunuhan Monroe didalangi oleh Kennedy bersaudara, karena tidak ingin Monroe membocorkan skandal antara mereka bertiga. Sedangkan menurut keterangan resmi dari polisi, Monroe meninggal karena overdosis obat tidur.

kuburan Marilyn Monroe

Peristirahatan terakhir Monroe

Banyak pelajaran yang bisa kita petik dari perjalanan hidup Marilyn Monroe. Ia mengajarkan kepada kita bahwa semakin kita populer, maka semakin banyak orang yang ingin dekat dengan kita karena kepopuleran kita saja, semakin kita kaya, semakin banyak orang yang ingin dekat dengan kita karena kekayaan kita. Mendapatkan teman yang tulus, yang selalu ada ketika kita susah dan mendukung ketika kita sukses, sangatlah sulit. Terbukti pada kasus Marilyn Monroe, orang-orang yang berada di sekelilingnya hanya berusaha memanfaatkannya saja. Monroe wanita yang sangat menawan dan anggun di luar, tapi sangat rapuh di dalam. Sepertinya, semua beban mental yang diderita Monroe itu berasal dari akumulasi penderitaannya dari masa kecil.

 

Fakta

Berikut ini adalah beberapa fakta dari Marilyn Monroe:

  • Monroe dimakamkan dengan gaun Emilio Pucci favoritnya
  • Joe DiMaggio telah memesan bunga mawar untuk dikirimkan ke makam Monroe untuk 20 tahun ke depan
  • Monroe tidak memiliki rumah sampai tahun 1961
  • Monroe memiliki foto dari Albert Enstein dengan tulisan "Untuk Marilyn, dengan penuh rasa hormat dan cinta serta terima kasih"
  • Marilyn dikabarkan pernah memiliki hubungan khusus dengan Marlon Brando, Frank Sinatra, Yves Montand, dan Elia Kazan

 

Kutipan Bijak

Berikut ini adalah kutipan dari Monroe yang bisa kita ambil pelajarannya:

  • Semua gadis harus diberi tahu bahwa mereka cantik, walaupun sebenarnya tidak.
  • Saya ingin menjadi seniman, seorang aktris yang memiliki integritas.
  • Lebih baik tidak bahagia seorang diri, daripada tidak bahagia dengan orang lain.
  • Saya percaya bahwa sesuatu terjadi karena sebuah alasan.
  • Hari buruk terjadi sehingga kita bisa bersyukur saat mendapatkan hari baik .
  • Yang dunia ini butuhkan adalah rasa kekeluargaan.
  • Kreativitas harus didasari oleh kemanusiaan dan ketika Anda manusia, Anda memiliki perasaan, Anda bisa merasakan penderitaan.
  • Saya orang baik, tetapi bukan malaikat. Saya melakukan dosa, tapi bukan setan. Saya hanya seorang gadis kecil di dunia yang besar, berusaha untuk mendapatkan seseorang untuk dicintai.
  • Jika Anda bisa membuat wanita tertawa, maka Anda bisa membuatnya melakukan apa saja.
  • Kita semua adalah bintang dan kita pantas untuk bersinar.
  • Rasa takut itu sangat bodoh, begitu juga dengan penyesalan.

 

Artikel ini dibuat hanya untuk informasi semata. Jika Anda ingin mengutip artikel ini, mohon sertakan tautan hidup ke situs web atau halaman ini. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel:
1. Wikipedia. (2014). Marilyn Monroe: en.wikipedia.org
2. Caroline Howe. (2008). Bobby Kennedy ordered Marilyn Monroe's murder: dailymail.co.uk
3. Biography.com. (2014). Marilyn Monroe: biography.com 
4. Imdb.com. (2014). Marilyn Monroe: imdb.com
5. Brainyquote.com. (2014). Marilyn Monroe Quotes: brainyquote.com
Gambar:
1. no.wikipedia.org: Marilyn_Monroe_1961
2. flickr.com
3. en.wikipedia.org:Marilyn_Monroe_crypt2

dimuat...
Admin
Ordinary boy (not yet a man), happy husband, and proud dad. Sering nongkrong di blog pribadinya: Blog Bang Fuji

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
Cara mengubah gaya teks di Disqus Blogger Paling Aktif
  • Untuk menulis huruf bold, silakan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic, silakan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline, silakan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought, silakan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML, silakan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>.
    Atau silakan gunakan parse tool di bawah ini.
Buka Parse Tool Tutup Parse Tool



strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool