--> Skip to main content
Trigonal Translator: Penerjemah Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia dan Bahasa Sunda

Fungsi Daftar Pustaka Dalam Penelitian Ilmiah

Sebuah penelitian ilmiah tidak akan valid jika tidak didukung oleh kepustakaan yang baik. Tanpa dukungan teori dan hasil penelitian yang terdahulu, sebagian besar penelitian hanya akan dianggap sebagai karangan non-fiksi. Oleh karena itulah berikut ini Trigonal Media paparkan fungsi daftar pustaka dalam penelitian ilmiah.

Fungsi Daftar Pustaka Dalam Penelitian Ilmiah

Para ilmuwan sudah maklum jika sebuah penelitian ilmiah tidak ada yang mutlak dan masih sangat mungkin untuk disanggah, diperkuat, atau diperbaiki teori-teori yang dihasilkannya.

Ilmuwan yang baik memiliki pemikiran bahwa apa yang ditelitinya memiliki kekurangan yang mungkin untuk diperbaiki oleh ilmuwan yang lain di masa yang akan datang.

Oleh karena itulah, sebuah penelitian ilmiah baru harus merujuk pada banyak referensi kepustakaan penelitian yang terdahulu supaya mendapatkan kerangka teori yang kokoh dan dapat dipertanggungjawabkan.

Berikut ini adalah kegunaan daftar pustaka dalam sebuah penelitian:

  1. Memperdalam pengetahuan
    Kajian daftar pustaka sangat penting untuk memperdalam pengetahuan tentang masalah yang akan diteliti, sehingga penelitian ilmiah tersebut dapat terkontrol dan tidak keluar dari tujuannya.
  2. Memperkuat kerangka teoretis
    Penegasan kerangka teoretis yang baik dan mumpuni harus dilakukan, untuk menjadi landasan jalan kerangka pemikiran peneliti dalam menyusun sebuah penelitian ilmiah.
  3. Mempertajam konsep
    Mempertajam konsep-konsep yang digunakan dalam penelitian sehingga memudahkan untuk merumuskan hipotesisnya.
  4. Mencegah penelitian ganda
    Begitu banyak ilmuwan atau peneliti yang melakukan penelitian yang terkadang dilakukan pada waktu yang sama, maka untuk menghindari terjadinya pengulangan penelitian ilmiah atau penelitian yang sama perlu dilakukan kajian kepustakaan, sehingga menghindari pemborosan waktu, tenaga, dan biaya.

Itulah penjelasan mengenai alasan pentingnya kepustakaan dalam penelitian yang berhasil Trigonal Media rangkumkan. Jika Anda memiliki saran, koreksi, pertanyaan, atau tambahan, jangan sungkan untuk menghubungi kami. Terima kasih.

Artikel ini dibuat hanya untuk informasi semata. Jika Anda merasa terbantu oleh artikel ini, mohon keikhlasannya untuk mendoakan supaya Tuhan selalu melimpahkan kebaikan kepada Trigonal Media sekeluarga. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel: 
Berbagai sumber 
Gambar: 
Dokumen pribadi