--> Skip to main content
Trigonal Translator: Penerjemah Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia dan Bahasa Sunda

Jenis-Jenis Hipotesis

Jenis-jenis hipotesis dapat dibedakan berdasarkan pada masalah utama atau bidang yang sedang diteliti. Berikut ini penjelasan singkat dari Trigonal Media.

Jenis-Jenis Hipotesis

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, hipotesis adalah sesuatu yang dianggap benar untuk alasan atau pengutaraan pendapat (teori, proposisi, dan sebagainya) meskipun kebenarannya masih harus dibuktikan.

Dengan kata lain, hipotesis adalah dugaan sementara, sehingga kebenaran atau kesalahannya masih harus dibuktikan. Di bawah ini adalah beberapa jenis hipotesis, yaitu:

1. Hipotesis deskriptif

Hipotesis deskriptif adalah hipotesis yang hanya sekedar menjabarkan atau menggambarkan terjadinya suatu peristiwa.

2. Hipotesis argumentatif

Hipotesis argumentatif adalah hipotesis yang disusun untuk menjelaskan secara detail mengenai sebab-sebab utama terjadinya suatu peristiwa.

3. Hipotesis kerja

Hipotesis kerja adalah hipotesis yang digunakan untuk menerka atau meramalkan akibat-akibat yang akan terjadi bila variabel yang satu berubah.

4. Hipotesis nihil (H0)

Hipotesis nihil adalah hipotesis yang disusun untuk membuktikan benar tidaknya anggapan dasar melalui metode statistik dan matematik. Hipotesis nihil ini digunakan untuk menyatakan ketidakbenaran atau tidak ada hubungan antara satu variabel dengan variabel yang lain.

 

Itulah penjelasan mengenai macam-macam hipotesis yang berhasil Trigonal Media rangkumkan. Jika Anda memiliki saran, koreksi, pertanyaan, atau tambahan, jangan sungkan untuk menghubungi kami. Terima kasih.

Artikel ini dibuat hanya untuk informasi semata. Jika Anda merasa terbantu oleh artikel ini, mohon keikhlasannya untuk mendoakan supaya Tuhan selalu melimpahkan kebaikan kepada Trigonal Media sekeluarga. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel: 
Berbagai sumber 
Gambar:
Dokumen pribadi