Cara Belajar yang Baik

Cara Belajar yang Baik

Cara belajar yang baik dalam artikel kali ini, Trigonal Media sarikan dari berbagai sumber tapi terutama dari buku “Cara Belajar yang Baik” karya L. Ron Hubbard (1986)1. Terdapat 5 (lima) langkah yang bisa kita terapkan untuk mendapatkan hasil belajar yang maksimal. Cara Belajar yang Baik

1. Mulailah dengan berdoa

Sebelum memulai belajar, yakinilah bahwa ilmu itu berasal dari Tuhan YME. Untuk itu, berdoalah kepada-Nya supaya apa yang kita pelajari dapat mudah dimengerti dan tidak pula mudah dilupakan. Tanpa izin-Nya, sekeras apa pun kita berusaha untuk belajar, maka ilmu tersebut tidak akan pernah bisa kita kuasai, apalagi kita terapkan pada kehidupan kita.

2. Carilah informasi

Jika kita ingin mempelajari sesuatu, carilah informasi yang benar mengenai apa yang ingin kita pelajari. Jangan sampai kita ingin mempelajari motor, tetapi karena kita tidak tahu seperti apa itu motor, malah sepeda yang kita pelajari.

Dengan mencari informasi seakurat mungkin mengenai apa yang kita pelajari, maka kita akan semakin mudah mempelajarinya. Contohnya, jika kita ingin belajar tentang padi, maka kita hanya harus melakukan penelitian di sawah dan bertanya kepada ahli padi, seperti petani atau penyuluh pertanian.

Selain informasinya harus benar dan akurat, informasi yang kita kumpulkan pun harus lengkap. Jika kita sedang memperdalam ilmu tentang menanam rambutan, maka kita harus mencari referensi tentang bagaimana cara menanam rambutan, dari pemilihan bibit, mempersiapkan lahan, pemupukan, pemberantasan hama, dan lain sebagainya.

3. Lihat, dengarkan, dan praktikkan informasi tersebut

Mencari informasi yang benar, akurat, dan lengkap saja tidaklah cukup. Informasi atau ilmu yang telah dikumpulkan haruslah kita oleh kembali, maksudnya kita pelajari sampai paham.

Perlu diingat bahwa gaya belajar manusia terbagi menjadi 3 jenis yaitu sebagai berikut:

1. Gaya belajar auditori

Belajar akan lebih efektif jika diberikan melalui suara. Contohnya mendengarkan ceramah, radio, membaca ulang dengan keras apa yang sedang dipelajari, dan lain-lain.

2. Gaya belajar visual

Belajar akan jauh lebih efektif jika lebih fokus dengan menggunakan indra penglihatan. Contohnya menonton video, melihat demonstrasi penelitian, melihat gambar, dan lain-lain.

3. Gaya belajar kinestetik

Gaya belajar ini akan mudah menyerap pelajaran, jika pelajaran tersebut dipraktikkan. Contohnya mempelajari teknik bermain bola dengan langsung praktik di lapangan.

Untuk mendapatkan hasil belajar yang memuaskan, maka kita harus lebih fokus belajar sesuai dengan gaya belajar yang kita miliki.

4. Jika menemukan kata atau simbol yang tidak dimengerti, cari tahu!

Jangan segera menyerah jika menemukan kata-kata yang sulit atau pun simbol yang membingungkan. Gunakan buku atau internet sebagai cara praktis untuk mengatasi kesulitan tersebut.

5. Realistislah, belajar selangkah demi selangkah

Jangan jadi seorang bayi yang berusaha untuk mengendarai sepeda, realistislah dengan kemampuan belajar kita masing-masing. Jika tidak mungkin untuk membaca dan mempelajari sebuah buku dalam satu hari, maka mulailah dengan selembar sehari.

 

Itulah penjelasan mengenai tips belajar yang baik yang berhasil Bang Fuji rangkumkan. Jika Anda memiliki saran, koreksi, pertanyaan, atau tambahan, jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar. Terima kasih.

Artikel ini dibuat hanya untuk informasi semata. Jika Anda merasa terbantu oleh artikel ini, mohon keikhlasannya untuk mendoakan supaya Tuhan selalu melimpahkan kebaikan kepada Bang Fuji sekeluarga. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel:
1. L. Ron Hubbard. 1986. Cara Belajar yang Baik. Bandung: Penerbit Angkasa
2. Sumber lain 
Gambar: 
Pexel

dimuat...
Admin
Ordinary boy (not yet a man), happy husband, and proud dad. Sering nongkrong di blog pribadinya: Blog Bang Fuji

Lanjut
Ini Artikel Terbaru
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool


Cara mengubah gaya teks di Disqus Blogger Paling Aktif
  • Untuk menulis huruf bold, silakan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic, silakan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline, silakan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought, silakan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML, silakan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>.
    Atau silakan gunakan parse tool di bawah ini.
Buka Parse Tool Tutup Parse Tool



strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed