--> Skip to main content
Trigonal Translator: Penerjemah Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia dan Bahasa Sunda

Appen: Kerja Online Penyuka Bahasa dan Teknologi

Appen, atau dulu lebih dikenal dengan nama Appen Butler Hill, adalah perusahaan jasa konsultasi dan solusi teknologi untuk mengembangkan produk atau merek di pasar global. Tidak hanya itu, Appen pun memberikan kesempatan kerja online dengan sistem freelance atau kontrak. Simak review Trigonal Media mengenai Appen berikut ini.

appen

Bekerja secara online memang sedang menjadi tren pada saat ini, mulai dari jual beli online, menulis blog, forex, dan lain-lain. Seperti halnya pekerjaan di dunia “nyata”, pekerjaan di dunia maya ini pun memerlukan perjuangan dan proses panjang, bahkan para pekerja online ini harus hati-hati dengan pekerjaan yang tidak membayar jerih payah mereka.

Baca juga: Pertanyaan Umum Mengenai Kerja Online Appen

Appen adalah salah satu perusahaan tepercaya bagi kita yang menyukai bekerja secara online, dari rumah atau dari mana saja, asal memiliki akses ke listrik, komputer, dan internet. Sama seperti Lionbridge memberikan kebebasan waktu untuk menyelesaikan proyek yang diberikan kepada para pekerjanya. Appen sendiri merupakan gabungan dari dua perusahaan yaitu Appen Pty Ltd. dan Butler Hill Group, mereka bergabung sejak tahun 2011.

Pekerjaan yang ditawarkan Appen

Appen menawarkan beberapa jenis pekerjaan, dari mulai penerjemahan sampai transkripsi, tetapi yang paling menarik perhatian saya adalah web search evaluator. Web search evaluator adalah suatu pekerjaan yang menempatkan kita sebagai penilai atas baik atau tidaknya hasil pencarian sebuah situs pencari. Dari sini, kita bisa mendapatkan ilmu tentang bagaimana sistem kerja situs pencari, walaupun memang tidak secara detil, karena kita hanya bekerja pada hal-hal yang bersifat umum dan lokal.

Saya sendiri, telah bekerja pada beberapa proyek yang ditawarkan Appen, seperti web search evaluator, penerjemahan, transkripsi, dan sebagainya. Tingkat kesulitan tiap proyek berbeda-beda, tapi menurut saya, tidak ada proyek yang mudah, semuanya membutuhkan tingkat ketelitian tinggi. Apalagi terdapat tim editor, yang akan memeriksa pekerjaan kita.

Keahlian dan alat yang dibutuhkan

Keahlian yang dibutuhkan oleh ABH beragam tergantung dari proyek yang kita peroleh, ada yang harus sarjana dengan jurusan tertentu, memiliki keahlian menjelajah internet, atau bahkan hanya sekedar kemampuan mendengar dan mengetik Bahasa Indonesia dengan baik.

Untuk proyek web search evaluator sendiri, tidak mengharuskan para penilainya untuk memiliki pendidikan sarjana. Tetapi, lebih mengutamakan mereka yang memiliki kemampuan berinternet yang baik dan bisa mengikuti petunjuk yang diberikan oleh para manajer. Jadi bagi Anda yang masih pelajar, bisa mencoba melamar.

Satu hal yang sangat penting adalah, Anda harus menguasai Bahasa Inggris dengan baik. Karena panduan, tes, dan komunikasi dengan manajer semuanya menggunakan Bahasa Inggris.

Sedangkan untuk alat kerja, Anda paling tidak harus memiliki komputer bersistem operasi Windows 7 dengan koneksi dan kuota internet yang besar. Ini tidak mengikat, karena biasanya tiap proyek memiliki persyaratan tersendiri.

Gaji dan waktu kerja

Ada dua tipe pekerjaan yang ditawarkan Appen, yaitu freelance dan full-time. Saya sarankan Anda mendaftar di bagian freelance karena persyaratannya lebih mudah dan tidak begitu rumit.

Gaji freelance di Appen cukup menggiurkan, Anda dibayar per jam dengan mata uang Dollar Amerika. Kisaran gaji bisa Anda lihat di tautan ini: glassdoor.com. Maaf saya tidak bisa secara gamblang memberikan kisaran gajinya, karena saya masih terikat kontrak, jadi silakan lihat di halaman situs tersebut.

Sedangkan untuk sistem pembayaran gaji, biasanya melalui transfer bank atau paypal, setiap awal bulan. Yang paling saya suka dari sistem pembayaran mereka adalah jarang telat, kalaupun telat biasanya karena akhir pekan atau libur nasional.

Waktu kerja freelance di ABH sangat fleksibel, biasanya dari hari Senin sampai Jumat, dan sehari maksimal 4 jam atau sesuai kesepakatan. Tetapi terkadang, Anda akan diberi kesempatan untuk bekerja pada hari Sabtu, tergantung dari pemberitahuan manajer.

Pengajuan lamaran ke Appen

Anda tertarik untuk bekerja di Appen? Silakan cari lowongan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan dan minat Anda di tautan berikut ini:

  • Lowongan di situs Appen
    Klik tautan berikut appen.com, kemudian klik tombol "View Current Oppotunities" dan ikuti petunjuknya.
  • Lowongan di situs Jobs.net
    Selain di situs Appen, Anda juga bisa mencari lowongan pekerjaan dari Appen di situs jobs.net.

Jadi tunggu apalagi? Dapatkan pendapatan dari internet, seperti yang selama ini Anda impikan. Jika masih ada yang ingin Anda tanyakan, jangan sungkan untuk bertanya dengan menuliskannya di kolom komentar. Saya akan mencoba menjawabnya sebisa saya. Terima kasih.

INFORMASI UMUM

Alamat Situs: www.appen.com
Jenis Situs: Penyedia pekerjaan online
Rating Trigonal: 7/10

Artikel ini dibuat hanya untuk informasi semata. Jika Anda ingin mengutip artikel ini, mohon sertakan tautan hidup ke situs web atau halaman ini. Terima kasih.

Artikel ini dibuat hanya untuk informasi semata. Jika Anda merasa terbantu oleh artikel ini, mohon keikhlasannya untuk mendoakan supaya Tuhan selalu melimpahkan kebaikan kepada Trigonal Media sekeluarga. Terima kasih.

Anda ingin berkomentar? punya pertanyaan? atau ingin memberikan kritik dan saran?
Kontak kami di sini: Hubungi Kami