--> Skip to main content
Trigonal Translator: Penerjemah Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia dan Bahasa Sunda

Cara Mengontrol Emosi Selama Hamil

Tiga bulan pertama adalah masa paling berat bagi wanita hamil. Pada masa inilah, ibu hamil harus menyesuaikan diri, baik dari segi perubahan emosi maupun perubahan fisik. Berikut tips dari Trigonal Media untuk mengurangi emosi yang meledak-ledak pada saat hamil.

Emosi Tak Terkontrol Selama Hamil Atasi dengan Cara Ini

Pada tiga bulan pertama, biasanya ibu hamil akan mengalami muntah-muntah, emosi tidak terkontrol, dan ngidam. Keinginan untuk mengikuti ledakan emosi itu sulit dibendung, tetapi harus diatasi. Jangan biarkan emosi tersebut menguasai diri Anda, apalagi sampai suami atau keluarga Anda kena getahnya.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk mengatasi mood swing pada ibu hamil:

1. Bersosialisasi

Jangan hanya diam di kamar atau di rumah saja, keluarlah dan bersosialisasi dengan tetangga. Lakukan secara rutin pagi atau sore hari.

Jika Anda ingin sedikit lebih akrab, undanglah teman-teman Anda ke rumah untuk sekedar bercengkerama sambil makan kudapan.

Bersosialisasi selain berguna untuk kesehatan, juga bisa menjadi ajang berbagi informasi mengenai kehamilan. Tetangga atau sahabat Anda yang pernah hamil, akan memberikan tips-tips berharga yang tidak terduga.

Atau, teleponlah ibu atau ibu mertua Anda, mereka takkan sungkan untuk membantu Anda sebisa mereka.

2. Shopping

Bagi kebanyakan wanita, berbelanja adalah obat paling mujarab untuk segala masalah, tak terkecuali ibu hamil.

Ada kisah nyata, seorang ibu hamil ketika berada di rumah selalu merasakan mual, letih, dan lesu, tetapi ketika jalan-jalan dan shopping, dia segar serta ceria bahkan bisa melakukannya berjam-jam.

Mungkin Anda bisa sekalian membeli kebutuhan bayi Anda, seperti pakaian, popok, sarung tangan, dan sebagainya. Selain perlengkapan bayi, berikut ini beberapa hal yang penting untuk Anda beli:

  • Buku tips parenting
    Untuk memberikan kesiapan mental dan teknik dalam mendidik anak Anda kelak.
  • Kulkas kecil dan beberapa botol dot
    Bagi Anda wanita karier yang masih ingin memberikan ASI eksklusif kepada buah hati, kulkas dan botol dot wajib dibeli.

Tapi ingat, jangan pergi sendirian dan seringlah beristirahat, makan, serta minum. Perhatikan kondisi kesehatan Anda dan bayi Anda, jangan tergoda makanan yang kurang sehat.

3. Pergi ke luar kota

Kata siapa ibu hamil tidak boleh bepergian? Asal dilakukan dengan penuh perhitungan, jalan-jalan ke luar kota akan menjadi obat yang baik bagi ibu hamil dan si jabang bayi.

Pergilah ke tempat yang nyaman, dengan udara yang bersih, serta tidak terlalu jauh. Hindari tempat wisata yang beriklim ekstrem dan padat pengunjung.

Ajaklah suami atau keluarga Anda, jadikan momen ini sebagai saat relaksasi dengan menikmati suasana tenang dan pemandangan yang indah.

Jangan lupa untuk meminta petunjuk dokter atau bidan sebelum memulai perjalanan tersebut.

4. Manja ke suami

Jangan sungkan untuk berlaku manja kepada suami. Selama hamil, kaki akan sering terasa pegal dan pinggang akan terasa panas, mintalah suami untuk mengusap-usapnya dengan lembut.

Tapi lihat dulu situasinya, jika suami Anda baru pulang bekerja, mungkin bukan saat yang tepat untuk bermanja-manja padanya.

Di sinilah Anda bisa melihat rasa sayang suami Anda dan menilai kesiapannya menjadi seorang ayah.

 

Artikel ini dibuat hanya untuk informasi semata. Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang pembahasan ini, silakan baca buku atau sumber informasi yang ada di bagian referensi. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel:
Berbagai sumber
Gambar:
pixabay.com