7 Syarat Laa Ilaaha Illallah

7 Syarat Laa Ilaaha Illallah

La Ilaaha Illallah merupakan sebuah ikrar yaitu meyakini dan mengamalkan bahwa tidak ada yang berhak disembah dan menerima ibadah kecuali Allah SWT. Tetapi tahukah Anda? Ternyata terdapat 7 syarat La Ilaaha Illallah sehingga sempurnalah ikrar tersebut.

7 Syarat Laa Ilaaha Illallah

Berikut ini adalah penjelasan 7 syarat La Ilaaha Illallah, yaitu:

1. Mengetahui makna La Ilaaha Illallah

Maka ketahuilah, bahwa sesungguhnya tidak ada Tuhan (Yang Hak) melainkan Allah dan mohonlah ampunan bagi dosamu dan bagi (dosa) orang-orang mukmin, laki-laki dan perempuan. Dan Allah mengetahui tempat kamu berusaha dan tempat tinggalmu. (QS. Muhammad: 19)

2. Yakin

Hendaknya orang yang mengucapkan benar-benar yakin dengan makna yang ditunjukkan kalimat La Ilaaha Illallah tersebut.

Sesungguhnya orang-orang yang beriman hanyalah orang-orang yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya kemudian mereka tidak ragu-ragu dan mereka berjihad dengan harta dan jiwa mereka pada jalan Allah, mereka itulah orang-orang yang benar. (QS. Al-Hujarat: 15)

3. Qobul (Menerima)

Menerima dan mengamalkan makna kalimat La Ilaaha Illallah, yaitu beribadah hanya kepada Allah semata dan tidak beribadah kepada selain-Nya.

Sesungguhnya mereka dahulu apabila dikatakan kepada mereka: "Laa ilaaha illallah" (Tiada Tuhan yang berhak disembah melainkan Allah) mereka menyombongkan diri. dan mereka berkata: "Apakah sesungguhnya kami harus meninggalkan sembahan-sembahan kami karena seorang penyair gila?" (QS. Ash-Shaffat: 35-36)

4. Inqiyad (Patuh)

Patuh terhadap makna kalimat La Ilaaha Illallah.

Dan barang siapa yang menyerahkan dirinya kepada Allah, sedang dia orang yang berbuat kebaikan, maka sesungguhnya ia telah berpegang kepada buhul tali yang kokoh. Dan hanya kepada Allah-lah kesudahan segala urusan. (QS. Luqman: 22)

5. Shidiq (Jujur)

Orang yang mengucapkan kalimat La Ilaaha Illallah haruslah dengan jujur di dalam hatinya.

Tidaklah seseorang bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang haq melainkan Allah dan bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya secara jujur di dalam hatinya, kecuali Allah mengharamkan dirinya dari neraka. (HR. Bukhari dan Muslim)

6. Ikhlas

Cara membersihkan amal dari segala syirik adalah dengan cara tidak mengucapkan kalimat La Ilaaha Illallah karena tujuan duniawi.

7. Mababbah (Cinta)

Seorang muslim haruslah mencintai Allah dengan cinta yang tulus dan bersih.

Dan di antara manusia ada orang-orang yang menyembah tandingan-tandingan selain Allah; mereka mencintainya sebagaimana mereka mencintai Allah. Adapun orang-orang yang beriman sangat cinta kepada Allah. Dan jika seandainya orang-orang yang berbuat lalim itu mengetahui ketika mereka melihat siksa (pada hari kiamat), bahwa kekuatan itu kepunyaan Allah semuanya dan bahwa Allah amat berat siksaan-Nya (niscaya mereka menyesal). (QS. Al-Baqarah: 165)

Itulah penjelasan mengenai 7 Syarat Laa Ilaaha Illallah yang berhasil Bang Fuji rangkumkan. Jika Anda memiliki saran, koreksi, pertanyaan, atau tambahan, jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar. Terima kasih.

Artikel ini dibuat dengan berbagai keterbatasan ilmu, tetapi penulis berusaha membuatnya seakurat dan sesempurna mungkin. Jika terdapat kesalahan di dalamnya, itu murni kesalahan penulis dan apabila benar, itu adalah karena rahmat Allah SWT. Untuk itu, koreksi dan saran sangat penulis harapkan.

Jika Anda merasa terbantu oleh artikel ini, mohon keikhlasannya untuk mendoakan supaya Allah SWT selalu melimpahkan kebaikan dunia akhirat kepada Bang Fuji sekeluarga. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel: 
Berbagai sumber 
Gambar:
Dokumen pribadi

Admin
Salah satu admin di Trigonal Media. Sering nongkrong di media sosial berikut:

memuat...
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool


Cara mengubah gaya teks di Disqus Blogger Paling Aktif
  • Untuk menulis huruf bold, silakan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic, silakan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline, silakan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought, silakan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML, silakan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>.
    Atau silakan gunakan parse tool di bawah ini.
Buka Parse Tool Tutup Parse Tool



strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed