Beriman Kepada Asma dan Sifat Allah SWT

Beriman Kepada Asma dan Sifat Allah SWT

Beriman kepada Asma dan Sifat Allah SWT berarti menetapkan Asma dan Sifat Allah berdasarkan apa yang ditetapkan oleh Allah untuk Diri-Nya, baik itu di dalam Al-Quran maupun Al-Hadist sesuai apa yang pantas bagi-Nya, tanpa ta’wil, ta’thil, takyif, dan tamsil.

Beriman Kepada Asma dan Sifat Allah SWT

Beriman kepada Allah SWT akan berpengaruh positif terhadap kualitas kepribadian manusia, karena:

1. Menimbulkan rasa aman

dengan ikhlas kepada Allah, tidak mempersekutukan sesuatu dengan Dia. Barang siapa mempersekutukan sesuatu dengan Allah, maka adalah ia seolah-olah jatuh dari langit lalu disambar oleh burung, atau diterbangkan angin ke tempat yang jauh. (QS. Al-Hajj: 31)

2. Menambah kepercayaan diri

Dan kepunyaan-Nyalah siapa saja yang ada di langit dan di bumi. Semuanya hanya kepada-Nya tunduk. (QS. Ar-Ruum: 26)

3. Meningkatkan integritas

Dan (ingatlah), ketika kamu berangkat pada pagi hari dari (rumah) keluargamu akan menempatkan para mukmin pada beberapa tempat untuk berperang. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui, (QS. Ali Imron: 121)

4. Memperdalam kebijaksanaan

Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi kepada kaum kerabat, dan Allah melarang dari perbuatan keji, kemungkaran dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran. (QS. An-Nahl: 90)

5. Memberikan motivasi

sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya. (QS. At-Tiin: 4)

Sedangkan secara umum, pengaruh beriman kepada Allah SWT antara lain:

  1. Bahwa Allah membela kaum Mukminin dari segala hal yang dibenci, menyelamatkan mereka dari berbagai penderitaan, menjaga mereka dari tipu daya musuh.
    Sesungguhnya Allah membela orang-orang yang telah beriman. Sesungguhnya Allah tidak menyukai tiap-tiap orang yang berkhianat lagi mengingkari nikmat. (QS. Al-Hajj: 38)
  2. Bahwa iman adalah penyebab kehidupan yang baik, kebahagiaan, dan kegembiraan.
    Barang siapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan. (QS. An-Nabl: 97)
  3. Iman itu membersihkan jiwa dari berbagai khufarat. Maka barang siapa beriman kepada Allah dengan benar, niscaya akan menggantungkan segala perkaranya kepada Allah semata.
  4. Termasuk pengaruh iman adalah keberuntungan dan kemenangan mendapatkan apa yang diminta dan selamat dari setiap yang ditakuti.
    Mereka itulah yang tetap mendapat petunjuk dari Tuhan mereka, dan merekalah orang-orang yang beruntung. (QS. Al-Baqarah: 5)
  5. Didapatkannya keridaan Allah SWT, masuk surga, dan keberuntungan berupa kenikmatan abadi dan kasih sayang yang sempurna.

Itulah penjelasan mengenai Beriman Kepada Asma dan Sifat Allah SWT yang berhasil Bang Fuji rangkumkan. Jika Anda memiliki saran, koreksi, pertanyaan, atau tambahan, jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar. Terima kasih.

Artikel ini dibuat dengan berbagai keterbatasan ilmu, tetapi penulis berusaha membuatnya seakurat dan sesempurna mungkin. Jika terdapat kesalahan di dalamnya, itu murni kesalahan penulis dan apabila benar, itu adalah karena rahmat Allah SWT. Untuk itu, koreksi dan saran sangat penulis harapkan.

Jika Anda merasa terbantu oleh artikel ini, mohon keikhlasannya untuk mendoakan supaya Allah SWT selalu melimpahkan kebaikan dunia akhirat kepada Bang Fuji sekeluarga. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel: 
Berbagai sumber 
Gambar:
Dokumen pribadi

Admin
Salah satu admin di Trigonal Media. Sering nongkrong di media sosial berikut:

memuat...
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool


Cara mengubah gaya teks di Disqus Blogger Paling Aktif
  • Untuk menulis huruf bold, silakan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic, silakan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline, silakan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought, silakan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML, silakan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>.
    Atau silakan gunakan parse tool di bawah ini.
Buka Parse Tool Tutup Parse Tool



strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed