Beriman Kepada Hari Kiamat

Beriman Kepada Hari Kiamat

Hari kiamat adalah rusaknya semua alam, berhentinya kehidupan, dan bermulanya kehidupan akhirat. Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai beriman kepada hari kiamat.

Beriman Kepada Hari Kiamat

Allah SWT berfirman dalam surat Thaha ayat 15-16:

Sesungguhnya hari kiamat itu akan datang Aku merahasiakan (waktunya) agar supaya tiap-tiap diri itu dibalas dengan apa yang ia usahakan. Maka sekali-kali janganlah kamu dipalingkan daripadanya oleh orang yang tidak beriman kepadanya dan oleh orang yang mengikuti hawa nafsunya, yang menyebabkan kamu jadi binasa".

Tanda-tanda kiamat

Nabi Muhammad SAW pernah bersabda bahwa hari kiamat akan datang jika sebelumnya terlihat 10 tanda.

Dari Hudzatfah bin Said, ia berkata bahwa Nabi pernah menengok kami. Kala itu kami tengah memperbincangkan hari kiamat. maka Beliau bertanya: “Apakah yang kalian perbincangkan?” kami menjawab: “Kami mengingat-ingat hari kiamat.” Beliau pun bersabda: “Sesungguhnya kiamat itu hanya akan terjadi, bila sebelumnya kamu telah menyaksikan sepuluh tanda-tandanya”. Lalu beliau menyebutkan: “Ad-Dukhan (kabut), Ad-Dajjal, Ad-Daabbah (binatang yang bisa berbicara), terbitnya matahari dari Barat, turunnya Nabi Isa bin Maryam, Yajuj dan Majuj, tiga kali gerhana yaitu gerhana di Timur, gerhana di Barat, dan gerhana di tanah Arab, yang terakhir tanda-tanda itu adalah api yang keluar dari negeri Yaman, yang akan menggiring mereka ke Padang Mahsyar”. (HR. Muslim (2910), Abu Dawud (4311), At-Tarmidzi (2183), dan Ibnu Madjah (4055))

Kebenaran akan adanya kiamat

Berikut ini adalah beberapa ayat dalam Al-Quran yang menjelaskan kebenaran akan datangnya hari kiamat:

1. QS. Az-Zumar ayat 71

Orang-orang kafir dibawa ke neraka Jahanam berombong-rombongan. Sehingga apabila mereka sampai ke neraka itu dibukakanlah pintu-pintunya dan berkatalah kepada mereka penjaga-penjaganya: "Apakah belum pernah datang kepadamu rasul-rasul di antaramu yang membacakan kepadamu ayat-ayat Tuhanmu dan memperingatkan kepadamu akan pertemuan dengan hari ini?" Mereka menjawab: "Benar (telah datang)". Tetapi telah pasti berlaku ketetapan azab terhadap orang-orang yang kafir.

2. QS. Al-Kahfi ayat 21

Dan demikian (pula) Kami mempertemukan (manusia) dengan mereka, agar manusia itu mengetahui, bahwa janji Allah itu benar, dan bahwa kedatangan hari kiamat tidak ada keraguan padanya. Ketika orang-orang itu berselisih tentang urusan mereka, orang-orang itu berkata: "Dirikanlah sebuah bangunan di atas (gua) mereka, Tuhan mereka lebih mengetahui tentang mereka". Orang-orang yang berkuasa atas urusan mereka berkata: "Sesungguhnya kami akan mendirikan sebuah rumah peribadatan di atasnya"

3. QS. Ali Imron ayat 25

Bagaimanakah nanti apabila mereka Kami kumpulkan di hari (kiamat) yang tidak ada keraguan tentang adanya. Dan disempurnakan kepada tiap-tiap diri balasan apa yang diusahakannya sedang mereka tidak dianiaya (dirugikan).

4. QS. Ali Imron ayat 185

Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barang siapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan.

5. QS. An-Nisa ayat 87

Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia. Sesungguhnya Dia akan mengumpulkan kamu di hari kiamat, yang tidak ada keraguan terjadinya. Dan siapakah orang yang lebih benar perkataan (nya) daripada Allah.

Semoga kita termasuk orang yang beruntung ketika datang hari kiamat kelak. Aamiin.

Itulah penjelasan mengenai Beriman Kepada Hari Kiamat yang berhasil Bang Fuji rangkumkan. Jika Anda memiliki saran, koreksi, pertanyaan, atau tambahan, jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar. Terima kasih.

Artikel ini dibuat dengan berbagai keterbatasan ilmu, tetapi penulis berusaha membuatnya seakurat dan sesempurna mungkin. Jika terdapat kesalahan di dalamnya, itu murni kesalahan penulis dan apabila benar, itu adalah karena rahmat Allah SWT. Untuk itu, koreksi dan saran sangat penulis harapkan.

Jika Anda merasa terbantu oleh artikel ini, mohon keikhlasannya untuk mendoakan supaya Allah SWT selalu melimpahkan kebaikan dunia akhirat kepada Bang Fuji sekeluarga. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel: 
Berbagai sumber 
Gambar:
Dokumen pribadi

Admin
Salah satu admin di Trigonal Media. Sering nongkrong di media sosial berikut:

memuat...
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool


Cara mengubah gaya teks di Disqus Blogger Paling Aktif
  • Untuk menulis huruf bold, silakan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic, silakan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline, silakan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought, silakan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML, silakan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>.
    Atau silakan gunakan parse tool di bawah ini.
Buka Parse Tool Tutup Parse Tool



strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed