Beriman Kepada Kitab Allah

Beriman Kepada Kitab Allah

Kitab Allah adalah kalam yang disampaikan Allah SWT, yang bertujuan sebagai pedoman hidup hamba-Nya. Oleh karena itu, beriman kepada kitab Allah adalah sebuah keharusan bagi Muslim yang taat.

Beriman Kepada Kitab Allah

Kitabullah (kitab samawi) merupakan shuhuf yang mencakup Kalamullah yang diwahyukan kepada para rasul-Nya, baik yang berupa kitab maupun yang masih berupa lembaran (shuhuf) yang belum terkumpul.

Dengan mengimani kitab Allah, maka kita yakin dan percaya bahwa Allah SWT memiliki kitab-kitab yang diturunkan kepada para rasul-Nya untuk disampaikan kepada para hamba-Nya, yaitu Al-Quran kepada Nabi Muhammad SAW, Taurat kepada Nabi Musa AS, Zabur kepada Nabi Daud AS, dan Injil kepada Nabi Isa AS.

Kewajiban Mukmin terhadap Al-Quran adalah mengagungkan Al-Quran dengan berpegang teguh terhadap hukum yang tertulis, serta membaca dan merenungkan ayat-ayat yang ada di dalamnya.

Keistimewaan Al-Quran

Keistimewaan dan keutamaan Al-Quran, di antaranya adalah:

  • Al-Quran telah menghimpun ringkasan dari hukum-hukum Illahi, dan ia datang sebagai penguat dan pembenar dari apa yang dikandung oleh kitab-kitab Allah terdahulu, yang berisi perintah untuk beribadah kepada-Nya semata (QS. Al-Maidah:48)
  • Setiap manusia wajib berpegang teguh kepada Al-Quran, karena itu setiap orang harus mengikuti petunjuk Al-Quran dan mengamalkannya (QS. Al-Anam:19, Al-Hijr:9)

Hikmah beriman kepada kitab Allah

Dengan beriman kepada kitab Allah, maka kita:

  • Mengetahui tentang perhatian Allah SWT terhadap hamba-hamba-Nya, juga kesempurnaan hamba-Nya.
  • Mengetahui hikmah Allah SWT dalam syariat-Nya, yaitu Allah mensyariatkan bagi setiap kaum apa yang sesuai dengan keadaan dan karakter mereka. (QS. Al-Maidah:48)
  • Bersyukur kepada Allah SWT terhadap diturunkannya kitab-kitab tersebut, sebab kitab-kitab tersebut adalah cahaya dan petunjuk di dunia dan di akhirat.

Mengimani kitab Allah juga akan meningkatkan kualitas pribadi seorang Muslim yaitu memiliki kebiasaan membaca, berpikir kritis, sering melakukan evaluasi, dan melakukan sesuatu dengan sebaik mungkin.

Itulah penjelasan mengenai Beriman Kepada Kitab Allah yang berhasil Bang Fuji rangkumkan. Jika Anda memiliki saran, koreksi, pertanyaan, atau tambahan, jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar. Terima kasih.

Artikel ini dibuat dengan berbagai keterbatasan ilmu, tetapi penulis berusaha membuatnya seakurat dan sesempurna mungkin. Jika terdapat kesalahan di dalamnya, itu murni kesalahan penulis dan apabila benar, itu adalah karena rahmat Allah SWT. Untuk itu, koreksi dan saran sangat penulis harapkan.

Jika Anda merasa terbantu oleh artikel ini, mohon keikhlasannya untuk mendoakan supaya Allah SWT selalu melimpahkan kebaikan dunia akhirat kepada Bang Fuji sekeluarga. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel: 
Berbagai sumber 
Gambar:
Dokumen pribadi

Admin
Salah satu admin di Trigonal Media. Sering nongkrong di media sosial berikut:

memuat...
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool


Cara mengubah gaya teks di Disqus Blogger Paling Aktif
  • Untuk menulis huruf bold, silakan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic, silakan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline, silakan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought, silakan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML, silakan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>.
    Atau silakan gunakan parse tool di bawah ini.
Buka Parse Tool Tutup Parse Tool



strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed