Kejahatan yang Disebabkan oleh Lisan

Kejahatan yang Disebabkan oleh Lisan

Lisan dan tangan merupakan anggota atau alat jasad yang elastis dan sangat berpengaruh terhadap diri sendiri dan orang lain. Terangkat dan jatuhnya kehormatan seseorang, tergantung sejauh mana ia dapat menggunakan lisan dan tangannya. Bahkan sering kali, lisan menjadi awal dari kejahatan dan dosa besar.

Kejahatan yang Disebabkan oleh Lisan

Perbuatan tangan dan lisan sebenarnya banyak kesamaan, namun pengaruh lisan lebih besar daripada pengaruh tangan. Lisan bisa menimbulkan dua kemungkinan besar yaitu kehancuran dan perdamaian, sebagai contoh tidak jarang terjadi perpecahan, keributan, dan kekacauan yang disebabkan oleh lisan yang tidak terjaga. Juga sebaliknya, terjalinnya persatuan dan kesatuan, tolong menolong, serta sikap baik lainnya yang disebabkan karena terpeliharanya lisan yang baik.

Berikut ini adalah beberapa bentuk kejahatan lisan, yaitu:

1. Nifaq

Nifaq artinya tipu daya, memperlihatkan sesuatu yang tidak sesuai dengan sebenarnya; hanya sebatas kata tanpa fakta; mengatakan ya, padahal tidak.

Nifaq adalah salah satu kejahatan lisan karena diketahuinya melalui kata-kata yang tidak sesuai dengan kenyataan, serta memiliki pengertian yang lebih luas daripada dusta.

Orang yang melakukan nifaq disebut munafik. Namun hanya Allah-lah yang mengetahuinya, karena Allah sendiri yang memberikan gelar munafik tersebut. Sedangkan kita tidak boleh memberikan gelar munafik terhadap sesama muslim, walaupun lisannya tidak sesuai dengan faktanya. Pengecualian terhadap orang-orang yang telah diberi gelar munafik oleh Al-Quran dan Hadits seperti, Abdullah bin Salul, Abdullah bin Saba, dan lain sebagainya.

Menurut syariat, nifaq terbagi atas dua bagian, yaitu:

  1. Nifaq besar yaitu lahirnya menyatakan iman terhadap Rukun Iman tapi batinnya menolak (baik seluruhnya maupun sebagian).
  2. Nifaq kecil atau nifaq amali. Nifaq ini hanya menyangkut perbuatan. Pergaulan sehari-hari yang lahirnya tampak menjanjikan tapi ternyata merugikan.

2. Ghibah

Ghibah (mengumpat) adalah membicarakan sesuatu tentang saudaranya yang ia (saudaranya) tidak menyukainya, terlepas dari benar atau tidaknya hal yang dibicarakannya tersebut.

Dengan kata lain, ghibah adalah keinginan untuk menghancurkan orang, keinginan menodai harga diri, kehormatan, kemuliaan orang lain, sedang mereka yang dibicarakan tidak ada di hadapannya.

3. Namimah

Namimah adalah memindahkan pembicaraan seseorang kepada orang yang dibicarakan itu dengan satu tujuan untuk menimbulkan permusuhan antara manusia, mengotori kejernihan pergaulan dan atau menambah keruhnya pergaulan.

Jadi jika ada seseorang yang menghasut dan menjelek-jelekkan orang lain kepada Anda, jangan tergesa-gesa untuk percaya sebelum yakin bahwa apa yang dikatakannya adalah sebuah kebenaran.

Lidah sangatlah licin dan tidak bertulang, tetapi bisa lebih tajam daripada pedang serta lebih menyakitkan dibandingkan luka tubuh. Oleh karena itu, sudah sewajarnyalah seorang muslim memperhatikan setiap untaian lisannya.

Itulah penjelasan mengenai Kejahatan yang Disebabkan oleh Lisan yang berhasil Bang Fuji rangkumkan. Jika Anda memiliki saran, koreksi, pertanyaan, atau tambahan, jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar. Terima kasih.

Artikel ini dibuat dengan berbagai keterbatasan ilmu, tetapi penulis berusaha membuatnya seakurat dan sesempurna mungkin. Jika terdapat kesalahan di dalamnya, itu murni kesalahan penulis dan apabila benar, itu adalah karena rahmat Allah SWT. Untuk itu, koreksi dan saran sangat penulis harapkan.

Jika Anda merasa terbantu oleh artikel ini, mohon keikhlasannya untuk mendoakan supaya Allah SWT selalu melimpahkan kebaikan dunia akhirat kepada Bang Fuji sekeluarga. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel:
Berbagai sumber 
Gambar:
Dokumen pribadi

Admin
Salah satu admin di Trigonal Media. Sering nongkrong di media sosial berikut:

memuat...
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool


Cara mengubah gaya teks di Disqus Blogger Paling Aktif
  • Untuk menulis huruf bold, silakan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic, silakan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline, silakan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought, silakan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML, silakan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>.
    Atau silakan gunakan parse tool di bawah ini.
Buka Parse Tool Tutup Parse Tool



strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed