Keyakinan Terhadap Allah SWT

Keyakinan Terhadap Allah SWT

Jika kita telah belajar untuk yakin pada kemampuan diri sendiri, maka haruslah ditanamkan keyakinan terhadap Allah SWT. Tidaklah terpuji jika kita percaya kepada kemampuan diri sendiri namun melupakan campur tangan Sang Pemilik Ilmu. Apabila kita tidak yakin dengan adanya campur tangan Allah SWT, maka kita termasuk ke dalam golongan orang-orang yang sombong.

Keyakinan Terhadap Allah SWT

Oleh sebab itu untuk mencapai sukses dunia dan akhirat, kita harus yakin bahwa Allah SWT-lah yang memberikan kebahagiaan kepada kita. Allah SWT telah memberikan jaminan bahwa semua makhluk yang melata di dunia ini telah mendapatkan jatah rezekinya masing-masing.

Allah SWT berfirman dalam QS Huud ayat 6:

Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh).

Maka dapat kita simpulkan bahwa setiap makhluk, baik itu yang berada di darat, laut, dan udara mendapatkan jaminan rezeki dari Allah. Kemalasan manusia untuk memetik rezeki yang disediakan oleh Allah SWT adalah salah satu penghalang sedikitnya harta yang didapatkan.

Takaran kesuksesan dalam kacamata manusia, cenderung kepada ukuran banyak dan sedikitnya harta. Jika kita menginginkan harta untuk memenuhi kebutuhan hidup kita, maka kita harus berikhtiar semaksimal mungkin.

Tetapi ikhtiar saja ternyata belum cukup, karena bentuk kesuksesan yang diinginkan oleh Allah SWT adalah sebuah ikhtiar yang diawali dengan niat yang baik, ikhtiar yang tidak setengah-setengah, dan diiringi dengan tawakal. Niat dan tawakal tidak kalah penting, tanpa niat yang baik maka ikhtiar kita akan menjadi sia-sia, dan dengan tawakal yang bersungguh-sungguh Allah SWT akan mencukupi kebutuhan kita.

Seperti tampak dalam QS. Ath Thalaaq ayat 3:

Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.

Jadi yakinlah pada kemampuan diri sendiri dan pada pertolongan Allah SWT. Kekayaan dan kasih sayang Allah SWT tidak terhingga, maka mari kita bertawakal kepada-Nya. Sulit memang, tapi hidup akan lebih sulit tanpa ada pertolongan dari-Nya.

Itulah penjelasan mengenai Keyakinan Terhadap Allah SWT yang berhasil Bang Fuji rangkumkan. Jika Anda memiliki saran, koreksi, pertanyaan, atau tambahan, jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar. Terima kasih.

Artikel ini dibuat dengan berbagai keterbatasan ilmu, tetapi penulis berusaha membuatnya seakurat dan sesempurna mungkin. Jika terdapat kesalahan di dalamnya, itu murni kesalahan penulis dan apabila benar, itu adalah karena rahmat Allah SWT. Untuk itu, koreksi dan saran sangat penulis harapkan.

Jika Anda merasa terbantu oleh artikel ini, mohon keikhlasannya untuk mendoakan supaya Allah SWT selalu melimpahkan kebaikan dunia akhirat kepada Bang Fuji sekeluarga. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel: 
Berbagai sumber 
Gambar:
Dokumen pribadi

Admin
Salah satu admin di Trigonal Media. Sering nongkrong di media sosial berikut:

memuat...
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool


Cara mengubah gaya teks di Disqus Blogger Paling Aktif
  • Untuk menulis huruf bold, silakan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic, silakan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline, silakan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought, silakan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML, silakan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>.
    Atau silakan gunakan parse tool di bawah ini.
Buka Parse Tool Tutup Parse Tool



strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed