Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Berpuasa sangat dianjurkan baik untuk menjaga kesehatan dan bahkan untuk penyembuhan. Puasa tidak hanya dikenal di dalam Islam namun juga telah diakui dan diaplikasikan oleh orang selain Islam. Berikut ini adalah penjelasan mengenai manfaat puasa bagi kesehatan.

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Sejak zaman dulu, puasa dipakai sebagai pengobatan yang terbaik. Seperti yang diungkapkan oleh Plato:

puasa adalah obat untuk mengobati sakit fisik dan mental.

Sedangkan, Philippus Paracelsus mengatakan bahwa:

puasa adalah obat paling hebat yang dimiliki oleh dokter.

Puasa juga sudah diakui menjadi penyembuh terhebat dalam menanggulangi penyakit. Bahkan di Amerika, terdapat pusat puasa yang diberi nama Fasting International, Inc., yang berdiri sejak 35 tahun yang lalu, dengan pasien lebih dari 220 negara.

Manfaat puasa bagi kesehatan jasmani, di antaranya yaitu:

  1. Memberikan kesempatan istirahat kepada alat pencernaan
    Ketika kita tidak sedang berpuasa, alat pencernaan di dalam tubuh bekerja dengan keras. Oleh karena itu, sudah sepantasnya alat pencernaan diberi istirahat.
  2. Membersihkan tubuh dari racun dan kotoran (detoksifikasi)
    Saat berpuasa, tubuh didetoks (membersihkan tubuh dari racun dan kotoran) dan cadangan makanan yang ada di tubuh dibakar. Detoksifikasi terjadi ketika makanan tidak lagi memasuki tubuh dan tubuh mengubah simpanan lemak jadi energi. Proses ini melepaskan zat kimia dari asam lemak ke dalam sistem, kemudian dikeluarkan lewat organ pembuangan. Dengan puasa, berarti membatasi kalori yang masuk dalam tubuh kita, sehingga menghasilkan enzim antioksidan yang dapat membersihkan zat-zat yang bersifat racun dan karnosinogen, kemudian mengeluarkannya dari dalam tubuh.
  3. Menambah jumlah sel darah putih
    Sel darah putih berfungsi untuk menangkal serangan penyakit, sehingga dengan penambahan sel darah putih secara otomatis dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  4. Menyeimbangkan kadar asam dan basa dalam tubuh
  5. Memperbaiki fungsi hormon
  6. Meremajakan sel-sel tubuh
    Hati, lambung, dan organ vital istirahat pada saat berpuasa, sehingga terjadi regenerasi dari organ dalam, dan yang tak kalah penting sel-sel memiliki kesempatan untuk memperbaiki diri (peremajaan sel).
  7. Meningkatkan fungsi organ tubuh
  8. Menyeimbangkan saraf simpatis dan parasimpatis
    Saraf simpatis menyebabkan stress dan jantung berdebar. Di sisi lain, hormon parasimpatis memperlambat denyut jantung, sehingga dapat lebih tenang dan dapat mengontrol emosi. Saraf parasimpatis juga memengaruhi pengeluaran asam lambung. Niat dalam berpuasa menjadi penting, karena dengan niat di hati akan disampaikan ke otak, untuk kemudian menekan asam lambung, sehingga asam lambung tidak berlebihan  dan tidak menyebabkan sakit lambung. Tetapi, jika stress maka asam lambung akan meningkat dan menyebabkan sakit maag.
  9. Mengurangi resiko stroke
    Puasa dapat memperbaiki kolesterol darah, yang dapat menyumbat darah dalam bentuk a tekosklorosis (pengapuran dan pengerasan pembuluh darah).

Itulah penjelasan mengenai Manfaat Puasa Bagi Kesehatan yang berhasil Bang Fuji rangkumkan. Jika Anda memiliki saran, koreksi, pertanyaan, atau tambahan, jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar. Terima kasih.

Artikel ini dibuat dengan berbagai keterbatasan ilmu, tetapi penulis berusaha membuatnya seakurat dan sesempurna mungkin. Jika terdapat kesalahan di dalamnya, itu murni kesalahan penulis dan apabila benar, itu adalah karena rahmat Allah SWT. Untuk itu, koreksi dan saran sangat penulis harapkan.

Jika Anda merasa terbantu oleh artikel ini, mohon keikhlasannya untuk mendoakan supaya Allah SWT selalu melimpahkan kebaikan dunia akhirat kepada Bang Fuji sekeluarga. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel:
Berbagai sumber 
Gambar:
Dokumen pribadi

memuat...
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

0 Komentar

Tambah Komentar

Show Parse Tool Hide Parse Tool


Cara mengubah gaya teks di Disqus Blogger Paling Aktif
  • Untuk menulis huruf bold, silakan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic, silakan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline, silakan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought, silakan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML, silakan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>.
    Atau silakan gunakan parse tool di bawah ini.
Buka Parse Tool Tutup Parse Tool



strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed