Manfaat puasa bagi mata, telinga, lidah, tangan, dan hati

Manfaat puasa bagi mata, telinga, lidah, tangan, dan hati

Puasa merupakan salah satu dari lima rukun tiang islam. Di dalam aturan syara dijelaskan, bahwa shiam atau shaum adalah itu menahan makan dan minum dan hubungannya suami-istri, dari waktu fajar sampai waktu maghrib, karena menjunjung tinggi perintah Allah.

Manfaat puasa bagi mata, telinga, lidah, tangan, dan hati

Puasa berarti menahan diri, nafsu, indera, dari perbuatan tercela, perbuatan sia-sia yang bisa menyebabkan kerugian dunia dan akhirat.

Para ulama berpendapat ada tiga hal yang dapat menundukkan nafsu dan melunakkan hawa nafsu, yaitu:

  1. puasa,
  2. membebani nafsu dengan ibadah yang berat, dan
  3. memohon pertolongan Allah Azza wa jalla.

Berikut ini adalah manfaat puasa bagi hati dan fisik kita, yaitu sebagi berikut:

1. Mata

Mata orang yang sedang berpuasa harus dipejamkan dari melihat tiap-tiap yang haram dan yang makruh, yang dapat membimbangkan diri dari mengingat Allah.

Allah SWT berfirman:

Katakanlah kepada wanita yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung. (QS. An Nuur:138)

Dengan memejamkan mata akan terasa kemanisan ibadah, kenikmatan puasa, kelezatan bermunajat dan kemanisan taat kepada Allah serta dapat merasakan keheningan hati. Mata diciptakan untuk melihat kebesaran Allah SWT, di dunia dan akhirat, sehingga kewajiban kita untuk menjaganya dan puasa merupakan wahana untuk maksud tersebut.

2. Telinga

Telinga harus dijauhkan dari mendengar kata-kata, omongan, atau pembicaraan yang haram dan buruk, yang sia-sia dan tidak bermanfaat.

Rasullah SAW bersabda:

Orang yang mengumpat seseorang dan orang yang mendengarnya maka keduanya telah bersekutu dan bersalah keduanya.

Puasa menuntut agar telinga dipelihara dari mendengar kata-kata yang sia-sia tidak berguna bagi akhirat. Memelihara telinga berarti menjaga badan dari kesusahan yang lama dan menjaga telinga membuat hidup tentram dan mudah beribadah.

3. Lidah

Orang mengharapkan pahala puasa dapat menjaga lidahnya terutama untuk tidak berdusta, tidak mengumpat orang, tidak mengada-ada, tidak menyebar berita palsu, tidak berbantah-bantah, tetapi lebih banyak diam dan memperbanyak zikrullah dan membaca Al-Quran.

Ulama mengatakan:

Dua perkara yang membinasakan puasa, pertama, mengumpat-umpat orang dan kedua, berdusta.

Nabi bersabda:

Barang siapa yang tidak meninggalkan kata-kata yang keji dan meninggalkannya, maka Allah tidaklah berhajat menerima pusanya, meskipun ia meninggalkan makan dan minimnya”. (HR. Bukhary Muslim dan Ahmad dari Abu Hurairah r.a).

Oleh karena itu hendaklah untuk menjaga lidah dan mengikat lisan, karena lisan adalah anggota tubuh yang paling membangkang dan durhaka, paling banyak kerusakannya dan permusuhannya.

4. Tangan

Hendaklah orang berpuasa memelihara, menjaga tangan dan kaki dari perbuatan yang diharamkan, yang makruh, yang tidak bermanfaat dan yang sia-sia, serta yang tidak memberi manfaat bagi akhirat.

Pekerjaan yang baik bagi tangan dan kaki adalah berdiri menegakkan shalat, membalik-balikkan Al-Quran, dan berangkat serta itikaf di dalam mesjid.

5. Hati

Hati adalah anggota tubuh yang paling dikhawatirkan dan paling banyak pengaruhnya, paling rumit urusannya, paling melelahkan untuk membaguskan, dan paling sulit perawatannya.

Rasulullah SAW bersabda:

Di dalam jasad manusia itu terdapat segumpal daging yang apabila baik, maka baik pulalah seluruh jasad, dan apabila rusak maka rusaklah jasad seluruhnya, daging itu adalah hati.

Selama berpuasa hendaklah hati itu dijaga dengan baik, untuk tujuan sebagai berikut:

  • Tetap taat kepada Allah.
  • Tidak menunda-nunda taubat, oleh karena hati selalu menyuruh menunda taubat.
  • Tidak banyak dan tidak terlalu sibuk mengurus kepentingan dunia.
  • Lunakkanlah hati agar selalu mengingat akhirat.

Puasa yang sungguh-sungguh dengan melibatkan hati dan fisik, maka Insya Allah puasa kita adalah puasa yang bermanfaat dan diterima oleh Allah SWT.

Itulah penjelasan mengenai Manfaat puasa bagi mata, telinga, lidah, tangan, dan hati yang berhasil Bang Fuji rangkumkan. Jika Anda memiliki saran, koreksi, pertanyaan, atau tambahan, jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar. Terima kasih.

Artikel ini dibuat dengan berbagai keterbatasan ilmu, tetapi penulis berusaha membuatnya seakurat dan sesempurna mungkin. Jika terdapat kesalahan di dalamnya, itu murni kesalahan penulis dan apabila benar, itu adalah karena rahmat Allah SWT. Untuk itu, koreksi dan saran sangat penulis harapkan.

Jika Anda merasa terbantu oleh artikel ini, mohon keikhlasannya untuk mendoakan supaya Allah SWT selalu melimpahkan kebaikan dunia akhirat kepada Bang Fuji sekeluarga. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel:
Berbagai sumber 
Gambar:
Dokumen pribadi

memuat...
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

0 Komentar

Tambah Komentar

Show Parse Tool Hide Parse Tool


Cara mengubah gaya teks di Disqus Blogger Paling Aktif
  • Untuk menulis huruf bold, silakan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic, silakan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline, silakan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought, silakan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML, silakan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>.
    Atau silakan gunakan parse tool di bawah ini.
Buka Parse Tool Tutup Parse Tool



strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed