Pengertian Fikih dan Ruang Lingkupnya

Pengertian Fikih dan Ruang Lingkupnya

Fikih menurut bahasa adalah paham atau mengerti. Pengertian fikih ini terdapat dalam Al-Quran surat An-Nisa ayat 78 dan surat Al-Isro ayat 44.

Pengertian Fikih dan Ruang Lingkupnya

Surat An-Nisa ayat 78:

Di mana saja kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, kendatipun kamu di dalam benteng yang tinggi lagi kokoh, dan jika mereka memperoleh kebaikan, mereka mengatakan: "Ini adalah dari sisi Allah", dan kalau mereka ditimpa sesuatu bencana mereka mengatakan: "Ini (datangnya) dari sisi kamu (Muhammad)." Katakanlah: "Semuanya (datang) dari sisi Allah." Maka mengapa orang-orang itu (orang munafik) hampir-hampir tidak memahami pembicaraan sedikit pun?

Surat Al-Isro ayat 44:

Langit yang tujuh, bumi dan semua yang ada di dalamnya bertasbih kepada Allah. Dan tak ada suatu pun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya, tetapi kamu sekalian tidak mengerti tasbih mereka. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penyantun lagi Maha Pengampun.

Sedangkan pengertian fikih menurut istilah terbagi menjadi dua arti, yaitu:

  1. Fikih adalah mengetahui hukum-hukum syariah yang berhubungan dengan amal perbuatan dan perkataan mukallaf, yang diambil berdasarkan dalil-dalil tafsili (yang terperinci), yaitu Al-Quran, Hadits, dan ijtihad (ijma dan qiyas).
  2. Fikih adalah ilmu yang berkenaan dengan hukum-hukum syariah itu sendiri. Misalnya, perkataan: Saya belajar fikih, memiliki arti bahwa saya belajar hukum-hukum fikih syariah yang terdapat di dalam buku-buku fikih.

Dari dua pengertian di atas, maka dapat kita simpulkan letak perbedaannya sebagai berikut:

Pengertian fikih yang pertama untuk mengetahui hukum-hukum, sedangkan yang kedua berkenaan dengan hukum syariah itu sendiri.

Itulah penjelasan mengenai Pengertian Fikih dan Ruang Lingkupnya yang berhasil Bang Fuji rangkumkan. Jika Anda memiliki saran, koreksi, pertanyaan, atau tambahan, jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar. Terima kasih.

Artikel ini dibuat dengan berbagai keterbatasan ilmu, tetapi penulis berusaha membuatnya seakurat dan sesempurna mungkin. Jika terdapat kesalahan di dalamnya, itu murni kesalahan penulis dan apabila benar, itu adalah karena rahmat Allah SWT. Untuk itu, koreksi dan saran sangat penulis harapkan.

Jika Anda merasa terbantu oleh artikel ini, mohon keikhlasannya untuk mendoakan supaya Allah SWT selalu melimpahkan kebaikan dunia akhirat kepada Bang Fuji sekeluarga. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel: 
Berbagai sumber 
Gambar:
Dokumen pribadi

Admin
Salah satu admin di Trigonal Media. Sering nongkrong di media sosial berikut:

memuat...
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool


Cara mengubah gaya teks di Disqus Blogger Paling Aktif
  • Untuk menulis huruf bold, silakan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic, silakan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline, silakan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought, silakan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML, silakan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>.
    Atau silakan gunakan parse tool di bawah ini.
Buka Parse Tool Tutup Parse Tool



strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed