Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah

Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah

Mata pelajaran akidah akhlak adalah sub mata pelajaran yang membahas ajaran agama Islam dalam segi akidah akhlak. Pengertian akidah adalah suatu pandangan (ide, pengertian, paham atau pendapat) tentang sesuatu, yang diyakini atau diimani oleh hati manusia sebagai pandangan yang benar (Depag RI, 2001:3).

1. Pengertian Mata Pelajaran Akidah Akhlak

Akidah adalah sesuatu yang diyakini atau diimani kebenarannya. Akidah itu tumbuh dan berurat-berakar pada hati manusia, bukan pada pikiran atau lidahnya. Secara harfiah akidah berarti sesuatu yang terikat karena apa yang diyakini atau diimani itu terikat pada hati, maka la disebut akidah. Sinonim akidah antara lain adalah iktikad, keimanan, dogma dan keyakinan.

Sedangkan pengertian kata akhlak berasal dari bahasa Arab yaitu bentuk jamak dari khuluy yang artinya tabiat, budi pekerti, atau watak. Juga terdapat beberapa kata ganti lain atau sinonim untuk perkataan akhlak seperti kesusilaan, sopan santun dalam bahasa Indonesia, moral atau ethic dalam bahasa Inggris, ethos atau ethikos dalam bahasa Yunani.

Secara istilah, pengertian akhlak menurut beberapa ahli dapat disimpulkan adalah perbuatan yang merupakan manifestasi akhlak apabila memenuhi dua syarat yaitu:

  1. perbuatan yang dilakukan berulang kali sehingga menjadi adat kebiasaan,
  2. perbuatan yang dilakukan dengan kesadaran jika, bukan dengan paksaan atau tanpa kesengajaan (Depag RI, 2001: 59).

Dengan demikian pengertian mata pelajaran akidah akhlak merupakan bagian dari mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang memberikan bimbingan kepada siswa agar memahami, menghayati, meyakini kebenaran ajaran Islam, serta bersedia mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

2. Tujuan Mata Pelajaran Akidah Akhlak

Adapun tujuan mata pelajaran akidah akhlak adalah sebagai berikut:

  1. Memberikan pengetahuan, penghayatan dan keyakinan kepada siswa akan hal-hal yang harus diimani, sehingga tercermin dalam sikap dan tingkah lakunya sehari-hari.
  2. Memberikan pengetahuan, penghayatan, dan kemauan yang kuat untuk mengamalkan akhlak yang baik, dan menjauhi akhlak yang buruk, baik dalam hubungannya dengan Allah, dengan dirinya sendiri, dengan sesama manusia, maupun dengan alam lingkungannya.
  3. Memberikan bekal kepada siswa tentang akidah dan akhlak untuk melanjutkan pelajaran ke jenjang pendidikan menengah.

3.  Fungsi Pembelajaran Akidah Akhlak

Mata pelajaran akidah akhlak di Madrasah Ibtidaiyah berfungsi sebagai:

  1. Pengembangan yaitu meningkatkan keimanan dan ketakwaan siswa kepada Allah, yang telah ditanamkan dalam lingkungan keluarga.
  2. Perbaikan yaitu memperbaiki kesalahan-kesalahan dalam keyakinan, pemahaman, dan pengalaman ajaran Islam dalam kehidupan sehari­-hari.
  3. Pencegahan yaitu untuk menjaga hal-hal negatif dari lingkungan atau dari budaya lain yaitu dapat membahayakan dan menghambat perkembangannya demi menuju manusia Indonesia seutuhnya.
  4. Pengajaran yaitu menyampaikan informasi dan pengetahuan keimanan dan akhlak.

4. Ruang Lingkup Mata Pelajaran Akidah Akhlak

Secara garis besar, mata pelajaran akidah akhlak berisi topik-­topik sebagai berikut:

  • Hubungan manusia dengan Allah
    Hubungan vertikal antara manusia dengan Khalik-nya mencakup dari segi akidah yang meliputi: iman kepada Allah, iman kepada Malaikat-malaikat-Nya, iman kepada Kitab-kitab-Nya, iman kepada Rasul-Nya, iman kepada hari Akhir dan iman kepada Qadha dan Qadar-Nya. terhadap diri sendiri dan orang lain, serta menjauhi akhlak yang buruk.
  • Hubungan manusia dengan lingkungannya
    Materi yang dipelajari meliputi akhlak manusia terhadap alam lingkungannya, baik lingkungan dalam arti luas, maupun makhluk hidup selain manusia, yaitu binatang dan tumbuh-tumbuhan.
  • Materi Akidah Akhlak pokok bahasan mengenal Nabi dan Rasul
    Pokok bahasan ini meliputi pengertian Nabi dan Rasul, perbedaan antara keduanya, sifat-sifatnya, cara mencintai serta meneladani keduanya sebagaimana tuntunan yang Allah SWT sampaikan dalam firman-Nya QS. Al Ahzab ayat 21 berikut ini: "Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri' teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan Dia banyak menyebut Allah."


Itulah penjelasan mengenai Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah yang berhasil Trigonal Media rangkumkan. Jika Anda memiliki saran, koreksi, pertanyaan, atau tambahan, jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar. Terima kasih.

Artikel ini dibuat hanya untuk informasi semata. Jika Anda merasa terbantu oleh artikel ini, mohon keikhlasannya untuk mendoakan supaya Tuhan selalu melimpahkan kebaikan kepada Trigonal Media sekeluarga. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel: 
Berbagai sumber 
Gambar:
canva.com

Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

0 Komentar

Tambah Komentar

Show Parse Tool Hide Parse Tool


Cara mengubah gaya teks di Disqus Blogger Paling Aktif
  • Untuk menulis huruf bold, silakan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic, silakan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline, silakan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought, silakan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML, silakan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>.
    Atau silakan gunakan parse tool di bawah ini.
Buka Parse Tool Tutup Parse Tool



strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed