Selamat datang di Trigonal Media

Trigonal Translator: Penerjemah Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia

Pengertian Sampah Menurut Para Ahli

Pengertian sampah menurut para ahli akan menjelaskan kepada kita definisi yang lebih bisa diterima kebenarannya. Berikut Trigonal Media berikan pendapat dari beberapa sumber resmi mengenai definisi sampah tersebut.

sampah

Pengertian sampah menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia yang disusun W. J. S. Poerwadarminta memberikan pengertian tentang sampah bahwa

sampah adalah barang atau benda yang dibuang karena tidak terpakai lagi dan sebagainya; kotoran seperti daun, kertas.

Kebersihan merupakan tindak lanjut dari ketiadaannya sampah dalam arti terbebas dari kotoran, sehingga kata kebersihan bentuk jamak dari kata bersih yang diartikan sebagai perihal (keadaan) bersih yakni bebas dari kotoran supaya kita sehat segala sesuatu dari diusahakan tetap.

Sampah sering juga disebut limbah padat yang merupakan limbah sisa aktivitas manusia/masyarakat tidak terpakai dapat bersifat organik karena membahayakan kesehatan lingkungan, maka harus dibuang/disingkirkan diolah dari lingkungan.

Pengertian sampah menurut Proyek Penyehatan Lingkungan Pemukiman Jawa Barat

Proyek Penyehatan Lingkungan Pemukiman Jawa Barat memberikan definisi sampah sebagai berikut:

sampah atau sering disebut juga limbah padat merupakan sisa daripada aktivitas manusia/masyarakat. Tidak terpakai lagi, dapat bersifat organik maupun nonorganik yang dapat membahayakan kesehatan.

Pengertian sampah menurut Peraturan daerah tingkat II Tasikmalaya Nomor 10 Tahun 1987

Peraturan daerah tingkat II Tasikmalaya Nomor 10 Tahun 1987 menjelaskan bahwa

sampah adalah barang-barang/benda buangan sisa-sisa bekas yang tidak terpakai lagi. Menurut fungsinya/kotoran yang harus dibuang baik yang berasal dari perorangan, rumah-rumah, kantor-kantor, bangunan, perusahaan, industri , pusat perdagangan dan lain-lain.

 

Sedikit tambahan, pengertian tentang persampahan pada akhirnya dapat ditinjau dari dua segi, yaitu:

  1. Secara etimologis
    Pengertian persampahan yang dalam bahasa Inggrisnya waste, yang pada dasarnya mencakup banyak pengertian sampah, waste adalah zat-zat/benda-benda yang sudah tidak terpakai lagi.
  2. Secara ilmiah
    Sampah didefinisikan oleh para ahli dengan batasan yang berbeda-beda tergantung pada sudut pandang yang melatarbelakanginya. Batasan sampah menurut buku panduan

 

Dari beberapa penjelasan di atas dapat kita simpulkan bahwa sampah adalah barang-barang yang tidak terpakai lagi oleh orang yang membuangnya. Perlu digaris bawahi bahwa sampah bagi orang yang membuangnya, bukan berarti sampah bagi orang lain. Contohnya, jika kita membuang sepeda rusak, bagi kita itu sampah tapi mungkin bagi orang lain sepeda itu adalah barang berharga. Dengan kata lain definisi sampah itu subjektif, berbeda dari satu orang dan orang lain. Bagaimana pendapat Anda?

 

Artikel ini dibuat hanya untuk informasi semata. Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang pembahasan ini, silakan baca buku atau sumber informasi yang ada di bagian referensi. Terima kasih.

REFERENSI
Artikel:
1. W. J. S. Poerwadarminta. (1961). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Balai Pustaka
2. Peraturan daerah tingkat II Tasikmalaya Nomor 10 Tahun 1987
3. Proyek Penyehatan Lingkungan Pemukiman Jawa Barat
Gambar:
commons.wikimedia.org

Perhatian:
1. Silakan gunakan akun Facebook jika ingin berkomentar.
2. Isi komentar adalah tanggung jawab dari penulis komentar.
3. Komentar tidak pantas akan dihapus tanpa pemberitahuan.
4. Punya pertanyaan pribadi? Kontak kami di Hubungi Kami.
5. Info mengenai privasi Anda, baca Kebijakan Privasi dan Cookie.